Fetak kick & NST

Fetak kick atau gerakan janin atau gerakan bayi dalam kandungan.
Pengalaman bumil merasakan gerakan janin bermacam2. Tidak sama apa yang dirasakan dan waktunya. Ada yang merasakan gerakan sejam bulan ke-3, sekitar minggu 12. Masih berupa ’ser-seran gitu’. Rata2 gerakan janin dirasakan pada minggu 18-20-an. Berupa seperti gelembung udara atau air di perut seperti jika mau buang gas. Blub blub… dan ser-seran berdesir. Sejak itu, gerakan janin tidak berhenti dan meningkat lebih kuat.

Pada minggu 27 sudah berupa hentakan, kemungkinan itu yang dinamakan tendangan atau tekanan sikut dan tangan. Pada minggu tersebut juga sudah kelihatan gerakannya dari luar walaupun masih samar2.

Minggu 28-30, bumil biasanya diberi reminder oleh dokter berupa: Fetal kick counts, yaitu menghitung gerakan bayi.
Prosesnya seperti ini:
Rebahan pada sisi kiri badan, biasanya malam hari. Dalam 2 jam kita harus merasakan 10 kali gerakan yang berarti dari janin. Berarti disini adalah gerakan atau tendangan kuat atau seperti biasa kita rasakan. Jika kita merasakan gerakan tidak biasa, lebih lemah atau tidak bergerak sama sekali, kita dianjurkan makan cracker/biskuit dan minuman manis seperti juice. Lakukan penghitungan. Jika janin masih tidak bergerak atau gerakannya lemah, segera hubungi dokter dan meminta NST (Non Stress Testing).

NST, Non Stress TestingTest dilakukan untuk mengukur detak jantung janin, kontraksi, dan gerakan janin.Prosesnya adalah dengan menempelkan detektor jantung janin dan kontraksi pada perut bumil selama satu jam. Selain itu bumil harus menekan sebuah tombol setiap bayi bergerak. Ketiga alat tersebut terhubung pada monitor yang menunjukan grafik dan sekaligus mencetaknya selama 1 jam.Memasuki 30 menit kedua, bumil diberi makanan dan juice.

Semakin besar bayi dalam kandungan, semakin sulit gerakan menendang atau menyiku. Makan dan minuman manis akan meningkatkan gula darah yang memberi tenaga pada janin, mempercepat jantung, dan memicu gerakan janin. Janin memerlukan tenaga untuk bergerak.

Jadi memasuki bulan ke-7 adalah penting memperhatikan gerakan janin, jika ada yang mencurigakan, cepetan lapor dokter, dan paksa dokter untuk memberi kita pemeriksaan. Gerakan bayi yang melemah dapat dijadikan indikasi bahwa dia stress atau perlu segera dilahirkan.

Post a Comment

0 Comments