Menyapih ketika hamil lagi

Ini merupakan problem ibu-ibu hamil yang masih disuse oleh anaknya.Jadi deh, bertahap dikurangi miminya.- Makan full, terutama gizi- Aktivitas dan atensi siang hari full- Pergi tidur ketika benar2 ngantukHasilnya, alhamdulillah, minggu ke-4 tinggal 1 problem: kalo bangun malam masih pengen tidur lagi diantar mimi. Dibiarkan 30 menit tertidur sendiri, terutama kalo dia udah sadar. Sisanya, ga masalah.

Sedih? HmmmCita2 sih kasih sampai 2 tahun, namun ya ada kendala lain yang menurut kami lebih penting. Sebagai “pembenaran” aku pun udah search baiknya menyapih usia 14 bulan dan ketika hamil lagi:
1. Sejak selesai asi exclusive, menyusui adalah proses weaning: perlahan2 berganti menjadi makanan normal. Di dalamnya termasuk asupan gizi yang tidak bergantung lagi pada asi. Target waktu ideal: 2 tahun.
2. Usia 1 tahun, ketika sudah bisa mengkonsumsi regular milk, proses weaning semakin jelas, anak diusahakan belajar minum 1-2 gelas susu regular.Hamil sambil menyusui:1. Breastfeed during pregnancy itu biasa, kalo berniat meneruskan ya bagus, bahkan sampe nyusuin tandem2. Kalo mo diterusin, harus banyak istirahat dan asupan makanan plus gizi juga, pan kerja double, menyusui juga nyedot kalori banyak
3. Rasa asi menjadi salty. Teksturenya pun berubah, lebih encer, dan lebih bening. Kadang malah anaknya meweaning sendiri karena perubahan rasa itu, menolak. Banyak juga yang ga apa2.
4. Bisa menimbulkan kontraksi, dirasa2in. Ini yang perlu dihindari. Kalo aku perasaan nggak, atau iya ya, hmmm Tapi, kontraksi itu biasa kok walo ga nyusuin, misalnya karena sex-intercouse atau olahraga
5. Nipple akan berasa lebih sore, sakit seperti pertama nyusuin, tapi biasanya ga lama dan ga parah
6. Gizi? sepanjang yang aku baca, gizi asi berkurang karena janin lebih dominan mengambil nutrisinya. Ada mitos kalo janin itu ‘great parasit’. Tubuh ibu juga mengutamakan gizi buat janin. Jadi balik lagi, kalo asupan gizi banyak, kebutuhan janin tercukupi, so, kualitas asi Insha Allah masih bagus.
7. Bikin m/c? ga, itu mitos saja. Kalo emang awalnya potensi m/c ya pasti m/c. Kalo ga sih insha allah lancar.Jadi ada juga sih alasannya untuk mewean anak ketika kita hamil lagi. Walopun secara umum, menyusui ketika hamil ga banyak ruginya. Cuman ya itu perlu effort lebih.

Jadi, tetep ya, bergantug ke kitanya. Alasannya apa.
Kalo gagal menyapih? ga masalah, toh asi bagus untuk bayi dan untuk ibunya, dan memang dianjurkan sampe 2 tahun, kan?

Again, back to ourself yaaa….. ga perlu merasa bersalah ketika memilih weaning dengan alasan tertentu atau keep good working continuing breastfeed

Post a Comment

0 Comments