perkembangan gerak/motorik bayi 10-12 bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 10-12 bulan
Menjelang usianya satu tahun, kepandaian serta ketrampilan bayi makinberkembang. Tonggak kepandaian motor kasarnya yg paling menonjol padausia ini adalah semakin mahirnya ia melangkahkan kakinya. Kini si kecilsemakin rajin melangkahkan kakinya ke samping sambil berpegangan padaperabot rumah tangga. :Jatuh bangun” adalah hal yg biasa yg akan dialamibayi dalam mengoptimalkan kemampuan jalannya. Oleh karena itu, sekalilagi, keamanan di sekitar anak harus terjaga.

Di usia 10 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan. Dengan menggunakan kekuatan otot lengan dan bahunya si kecil juga mulai mampumembangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri. Semua ketrampilan ini bisadilakukan bayi karena ia semakin pandai mengontrol otot punggung danbahu. Selain membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri si kecil jugasenang melakukan aktivitas bangkit dari duduk untuk kemudian dudukkembali.

Mulai usianya yg ke-11 bulan, yg paling menonjoldalam kemampuan motorkasar si kecil adalah dapar berdiri sendiri dalam waktu kurang lebih 2detik. Pada saat ini tampaknya si kecil suka berdiri tanpa bantuanapapun. Hal ini terjadi karena kontrol dirinya akan keseimbangan semakinberkembang, sehingga membuat si kecil terbiasa berdiri di atas keduakakinya.
Dalam melakukan aktivitas berlatih berdri tanpa bantuan ini, si kecilakan meluruskan tungkainya dari posisi tengkurap atau duduk. Lalu iaakan mengangkat tubuhnya dengan bertumpu pada kedua telapak tangannya.Kesenangan barunya ini membuat bayi “malas” untuk duduk kembali.Kalaupun ingin kembali ke posisi duduk, ia akan berpegangan apda meja.Lagipula si kecil kini sudah dapat berdiri tegak 900 secara gagah dandilanjutkannya denganberjalan dua tiga langkah yg akan dicobanya lagiterus menerus untuk meyakinkan dirinya, bahwa ia sekarang dapat menapakdunia tanpa bantuan siapapun.

Selain sudah dapat berdiri sendiri, si kecil kini akan menjadi tukangpanjat. Sekarang ia akan mencoba memanjat barang-barang yg tampaknyamenarik untuk didaki seperti meja, kursi dan tangga. Jika menemukanbarang yg dapat dipanjat dengan lincah si kecil akan memanjatnya. Olehkarena itu jangan tinggalkan si kecil memanjat tanpa pengawasan.

Memasuki usia 12 bulan sebagian besar bayi telah siap untuk jalan walaukelihatan masih limbung. Berjalan merupakan pengalaman baru yg amatmengasyikkan. Namun kadang-kadang si kecil memilih merangkak ketikabermain, mungkin karena aktivitas ini dapat membuatnya bergerak lebihcepat.

Berjalan merupakan aktivitas yg memukau dan dianggap oleh banyak orangsebagai satu tonggak bersejarah dalam perkembangan fisik anak. Dapatberjalan merupakan pencapaian puncak dari aktivitas motor kasar.

Perkembangan Gerakan:Bangkit untuk berdiri dan bangkit lalu duduk kembali.Untuk melatihnya, dudukkan bayi di permukaan seperti lantai ataukasur, dan biarkan ia mencoba sendiri untuk berdiri atau bangkit untukkemudian duduk sendiri.

Mulai mampu memanjat ketinggian 15-30 cmDudukkan bayi di lantai dan beri mainan yg disukainya. Ambil mainantersebut dan letakkan di tempat yg lebih tinggi. Usahakan ia melihatmainan tersebut dipindahkan dan katakan “Ambil nak”, sambilmenepuk-nepuk tempat tersebut. Anak akan berusaha meraih mainan tersebutdengan merambat, lalu memanjat tempat tinggi tersebut. Dampingi anakdari belakangsambil beri dorongan. Jika ia menemukan kesulitan bantudengan mendorong pantatnya.

Mulai dapat berjalan walau masih 2-3 langkah dan kemudian jatuh terdudu karena keseimbangannya belum sempurna. Ketika sudah mulai berjalan, langkah si kecil masih limbung.
Sudah dapat berjalan.Kadang-kadang walaupun sudah dapat berjalan si kecil masih suka merangkak, karena aktivitas ini berlangsung lebih cepat, apalagi jika ia menginginkan sesuatu benda yg jauh untuk dijangkaunya.Ajaklah si kecil berjalan di luar ruangan, misalnya di halaman rumah atau taman. Ia membutuhkan ruang yg luas untuk mencoba kaki-kakinya bergerak lincah.Biarkan ia menjelajah ruangan dengan kakinya tanpa dipegang, yg penting awasi agar ia tidak membentur benda keras seperti ujung meja

Post a Comment

0 Comments