Kenapa Blackberry terancam di blokir

Kenapa blackberry terancam di blokir di indonesia saat ini sedang mengemuka di berbagai media massa baik cetak, elektronik maupun internet. Blackberry sebagai handphone pintar yang digunakan oleh sekitar 2,5 juta warga Indonesia saat ini masih belum menentu nasibnya, meskipun beberapa waktu lalu RIM (Research in Motion) dari Blackberry menyatakan siap mengikuti aturan main Pemerintah RI. Setidaknya kesanggupan RIM Balckberry tersebut membuat lega para pengguna blackberry di Indonesia.

Sebagai handhpone pintar, blackberry mempunyai server tersendiri di Kanada dalam melayani berbagai akses data sehingga blackberry tidak membutuhkan server dari operator domestik untuk melayani akses data. hal ini yang menyebabkan BB mempunyai akses yang cepat karena tidak menggunakan akses GPRS/CDMA lokal. Dampaknya adalah, kehadiran BB tidak memberikan kontribusi bagi keuangan negara dan hanya menguntungkan Blackberry saja. Liatlah alur bagaimana cara kerja dari sistem blackberry dalam mengirim data yang dipisah-pisah antara telepon, message, dan aplikasi dalam diagaram ini :

Tuntutan pemerintah yang menginginkan Blackberry membuat server di Indonesia dan membuat jaringan provider yang melibatkan anak bangsa patut kita dukung, di samping alasan konten por no yang ada di blackberry yang sangat mudah di akses sehingga Menkominfo bersikukuh untuk memblokir BB di indonesia. Secara tidak sadar kita telah terjajah karena orang lain lain masuk ke daerah NKRI namun tidak memberikan kontribusi kepada NKRI. namun anehnya bagi sebagian pengguna BB kenapa hal seperti ini malah mereka sukai ya..

Mari kita tunggu hasil keputusan yang akan di gelar antara pihak RIM Blackberry dengan Pemerintah Indonesia nanti pada tanggal 17 januari 2011 sebagai keputusan final apakah BB masih bisa beroperasi di Indonesia atau tidak.

Post a Comment

2 Comments

slam said…
gak punya BB jadi gak terlalu pusing, yang penting asal itu baik bagi negeri ini, siap dukung dah.
Atax Blog said…
saya bukan pengguna BB, kalau akses ke situs porno harus diblokir itu saya setuju banget deh, namun soal dlm layanan kepuasan akses data...BB kita patut acungi jempol,bagaimanapun service itu lebih utama :).

bisa dibayangkan kalo harus akses melalui gprs hehehe operator2 makin makmur tapi pengguna harus makan hati dengan jaringan akses data yg LEMOT. lain ceritanya kalo BB bangun server sendiri di indonesia hihihihi :)