Pertemuan Akbar Blogger Nusantara 2011

Kamis malam kami segerombolan dari komunitas blogger jogja berkumpul di Terminal Giwangan Jogja, Satu, dua orang mulai kelihatan di sisi Pintu utara terminal giwangan waktu itu. Sebagian bingung mencari sebelah mana pintu utara terminal giwangan tersebut, akhirnya saya mondar-mandir cari temen-temen yang sudah datang lebih dulu, ada yang menunggu di kursi tunggu penumpang, ada yang di parkiran motor dan sebagainya, akhirnya setelah sebagian besar terkumpul kemudian kami berkoordinasi dengan koordinator wilayah untuk jogja Mas Azhie dan diputuskan untuk menunggu personil yang lain di Ruang tunggu penumpang di lantai 2 terminal giwangan. Dengan demikian koordinasi akan lebih enak dan mudah mencari tempatnya. Setelah terkupul semua maka sekitar 35 orang anggota komunitas blogger jogja membooking satu bis EKA jurusan Jogja Surabaya. Dan perjalananpun dimulai.

Dalam perjalanan tersebut sempat terjadi hal-hal lucu yang diakibatkan oleh ulah salah satu penumpang bis. Ternyata dalam bis yang kami tumpangi terdapat satu orang perempuan yang kurang begitu waras (padahal waktu diterminal sebelum berangkat Pak kondektur sempat diingetkan oleh seorang pengamen kalo wanita berjilbab ungu tersebut orang gila tapi tidak diturunkan oleh pak kondektur). Nah ulah wanita kurang waras ini lah yang membuat kami tertawa karena ulahnya cukup j*r*k dan Mas Tri kalau gak salah yang berada di sebelahnya merasa risih, namun temen2 yang lain malah tertawa tawa ngejek terus ha ha.

Kemudian setelah perjalanan sekitar 4 jam dari Jogja kemudian bus berhenti di sebuah warung langganan bis EKA. Warung "Duta" kalo ga salah waktu itu. Kami pun langsung menyerahkan kupon yang telah diberikan oleh kondektur dan memesan menu masing-masing.. Masakan khas jawa timuran mulai kami rasakan yang cukup berbeda dengan masakan orang jogja, jadi bagi sebagian orang jogja rasa makanan kurang pas di lidah. Namun bagi saya pribadi karena perut dah cukup lapar ya akhirnya tetap habis juga semangkok gulai kambing didepan saya ha ha. Kemudian perjalanan dilanjutkan kembali Namun kali ini setalah perut lumayan terisi membuat mata jadi ngantuk an tertidurlah kami, lumayan bisa tidur meski cuma sebentar dan sekitar subuh bus EKA yang kami tumpangi tlah masuk terminal Bungur Asih Surabaya dan saatnya pindah ke kendaraan jemputan yang waktu itu sudah berada di parikran terminal. Sampeyan pengin tahu yang jemput? Ternyata oh ternyata para pentolan Blogger nusantara sendiri yang jemput kami ada Om Suryaden sebagai Ketua penyelenggara Blogger Nusantara dan lain-lain, sebuah kehormatan bagi kami namun kami juga kasihan beliau-beliau sampai harus terjun langsung karena ternyata para sopir sedang tidur dan gak enak mo dibangunkan.

Ternyata jarak dari terminal Bungur Asih ke Sidoarjo tempat pelaksanaan tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit kami dah sapai tempat menginap. Dan akhirnya jreng jreng.... terus terang diluar bayangan kami waktu itu karena setahu kami, para peserta dari luar daerah akan ditempatkan di hotel disekitar tempat pelaksanaan, tapi kami ternyata ditempatkan dalam sebuah Gedung Indoor Tenis Sidoarjo yang disebelahnya adalah Stadion Sidoarjo. Cukup luas dan sudah terhampar ratusan kasur lantai dan bantal. Ada sebagian blogger dari daerah lain sudah pada tidur disana, Dan kamipun segera menyusul mencari tempat yang masih tersedia. Sungguh luar biasa pemandangan di Gedung indoor sidoarjo waktu itu.. nyuwun sewu persis suasana pengungsian hehe, Telusur punya telusur ternyata hal tersebut memang di setting demikian adanya oleh panitia setempat dengan alasan bahwa dengan ditempatkan di tempat yang luas tak bersekat seperti di Gedung indoor tenis tersebut akan memudahkan komunikasi antar blogger dari seluruh indonesia tanpa tertutup sekat dinding hotel. Memang bener Maksut dari Panitia setempat, dengan di tematkan dalam satu lokasi yang bisa menampung semua peserta, akan mempermudah proses pengakraban para blogger se Indonesia yang ada di sana waktu itu. Bayangkan jika Para peserta berada di hotel, paling banter kita akan akrab cuma dengan teman sekamar kita. Dan alasan yang kedua adalah supaya para blogger bisa lebih merasakana seperti apa nasib para pengungsi yang terkena bencana gempa bumi jogja dan letusan merapi waktu itu. Cukup Masuk akal juga alasan panitia.

Kemudian kamipun menyiapkan diri untuk mandi dan waooow lagi-lagi pemandangan luar biasa kami jumpai. Kamar mandi berderet dengan penyekat terpal dan pintu kain yang dikaitkan dengan paku.. haha Luar biasa bener seperti kemah pramuka haha, Namun masih beruntung saya waktu itu, masih kebagian air dah bisa melaksanakan tugas rutin BAB dll pagi itu. Setelah mandi selesai kemudian langsung makan nasi box. dah lumayan kenyang tinggal nunggu saatnya acara dimulai.

Tempat pelaksanaan event Blogger Nusantara (BN 2011) berada di Sun City Convention Center di disebelah Hotel Sun city Sidoarjo, yang ternyata berada dalam sebuah kompleks Mall di wilayah Sidoarjo. Yang saya suka adalah kawasan yang bersih dan Rapi. Sidoarjo memang bagus meski matahari panasnya luar biasa kami rasakan, Ternyata bener Sidoarjo sebagai Kota Matahari. Acara registrasi kemudian dilanjut acara pembukaan yang sempat dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Sidoarjo yang cukup cerdas dan paham soal dunia maya dan peran blogger dalam menginformasikan hal-hal disekitarnya. tak lupa tarian-tarian tradisional juga dihadirkan dalam pembukaan Blogger Nusantara di Sidoarjo waktu itu. Tak lupa dalam hari pertama ada Talk Show dari "Just Silly" pendiri Blood4life, sebuah komunitas online bagi pendonor darah yang mempunyai ribuan anggota diseluruh indonesia yang siap sewaktu0waktu mendonorkan darahnya jika ada yang membutuhkan. Luar biasa!!!

Luar biasa juga kami rasakan melihat antusias para blogger seindonesia dari berbagai komunitas online yang memenuhi event Blogger Nusantara waktu itu. target semula sekitar 1000 blogger yang akan hadir dan ternyata yang hadir malah sekitar 1200 an orang. Event Blogger Nusantara bener-bener sukses. Berbagai Narasumber dengan masing-masing materi yang berbeda cukup membuat para blogger tetap berada di kursi mereka sampai event Blogger Nusantara selesai. Dalam pengamatan saya, peserta terbanyak adalah pada hari kedua pelaksanaan Blogger nusantara. karena di hari kedua tersebut Perwakilan dari Google hadir dan memberikan pencerahan pada para blogger se Indonesia yang mengulas mengenai Google analityc dan optimasi blogger menggunakan produk-produk Google.

Begitu juga hadirnya Penn Olson dari Singapura yang juga mendapat antusias yang luar biasa dari para blogger. Berbagai wejangan agar para blogger indonesia bisa lebih bagus lagi di masa datang disampaikan oleh para narasumber.

Dan hari ketiga sebagai puncak acara dilaksanakan pendeklarasian Blogger Nusantara oleh para Punggawa Blogger Nusantara yang diikuti oleh para blogger se Indonesia, dan Penutupan event Blogger Busantara. Banyak manfaat dirasakan oelh para peserta Blogger Nusantara 2011 di Sidoarjo kali ini. Para blogger bisa bertemu dengan blogger yang lain yang selama ini hanya bertemu di dunia maya saja. Banyak blogger yang ternyata tidak pendiam atau tidak respon terhadap sekitarnya, ternyata mereka responsif sekali dengan para blogger yang lain. Keakraban seperti inilah yang luar biasa kami rasakan selama 3 hari mengikuti event luar biasa Blogger Nusantara.

Semboyan semboyan sempat muncul dalam meramaikan event blobgger nusantara waktu itu, Blogger Ndeso menjadi semboyan yang lucu selama pelaksanaan BN 2011, Hal tersebut munculk secara responsif saja dari para peserta yang selalu melihat iklan Tukul di sekitar mereka. Namun karena kurang begitu bagus bagi image Blogger Nusantara, semobyan tersebut hanya sebatas untuk bercanda saja supaya event BN 2011 berjalan menyenangkan, dan Pada hari ketiga semboyan di ganti dengan Blogger Nusantara Luar biasa.

Dalam Event kali ini ternyata meunculkan satu semboyan baru juga bagi Komunitas Blogger Jogja yaitu Blogger Jogja MAKSIMAL. selidik punya selidik semboyan ini muncul dari hal-hal baru yang muncul dari para peserta dari Jogja otu sendiri haha,, Selain semboyan juga ada hal-hal lucu yang terjadi selama 3 hari di tempat nginap kami, dengan tidur dalam satu ruang yang luassss maka kami bisa tahu kebiasaan temen2 ketika tidur haha, tentu saja unutk wanita ditempatkan khusus gak dicampur dengan laki-laki lho. Hal-hal lucu tersebut oleh sebagian temen yang cukup usil kemudian diabadikan dalam bentuk foto maupun video.



Setelah event selesai kami pun berkemas dan menunggu tim pengantar kami ke jalan yang dilalui angkot menuju terminal Bungurasih. Setelah berkumpul semua maka aksi booking Bis EKA pun kembali terjadi untuk pulang ke Jogja. Dan Alhamdulillah dengan keadaan sehat dan sedikit oleh-oleh untuk anak istri akhirnya sampai juga dirumah dengan selamat. Luar Biasa pokoknya, sebuah pengalaman yang luar biasa dan sulit terlupakan. Blogger Nusantara Luar Biasa!!!

Post a Comment

0 Comments