Bahaya main Layang-layang

Main Layang-layang (layangan dalam bahasa jawa) memang asyik, saya dulu waktu kecil juga merasakan hal itu. Malah sering kali merengek minta dibelikan layang-layang untuk "DIUNDO" (basa jawa kalau dalam basa indo = diterbangkan) ma temen-temen waktu itu. Mungkin hampir setiap orang mempunyai kenangan bagaimana asyiknya main layang-layang, atau malah ada yang mempunyai kenangan buruk ketika main layang-layang. Ketika layangan yang diundo bisa terbang tinggi.. wuihh hati ini girang banget. Tapi naas ketika layangan kita disangket (benang layangan di tabrak oleh benang layangan milik teman) oleh layangan yang mempunyai benang dengan kualitas bagus.. walhasil layangan kita putus..buurrrrr bablas dibawa angin, sedihpun datang dan karena masih kecil, mungkin nangispun tak terelakkan lagi he he.. namun di balik asyiknya main layangan tersebut ternyata ada hal yang membuat risau karena berbahaya bagi orang lain

Saya pernah mengalami hal tersebut belum lama ini. Jadi ceritanya waktu itu saya pulang dari kantor sore hari pake motor butut saya. Ketika hampir nyampe sebelah barat dusun saya, tiba - tiba saya liat ada layang-layang putus, sambil mengendarai motor saya mencoba tetap jalan, namun tiba-tiba saya menabrak benang layang-layang yang terputus tersebut tepat di leher saya. Dalam posisi masih mengendarai motor benang tersebut terus bergerak di leher saya. Saya sempat memegang benang tersebut dan lumayan kasar permukaannya karena merupakan benang gelasan (benang yang dibalur dengan pecahan halus kaca yang dihancurkan agar menang ketika layang-layang ditarungkan dengan layang-layang lain) khusus buat main layang-layang. Saya bayangkan waktu itu jika leher saya tidak terlindungi kerah jaket (kebetulan jaket saya mempunyai bentuk Kerah berdiri), Dah bisa saya pastikan leher saya pasti akan terluka parah oleh benang layang-layang yang putus beserta layang-layang yang terseret kebawa angin.

Dari kejadian tersebut saya baru merasakan sendiri akibat bahayanya main layang-layang. Kalau dulu sering diingatkan orang -orang tua kalau main layangan jangan di tempat rame, jalan, atau dekat jaringan listrik, ternyata inilah salah satu bahayanya. So, dari kejadian tersebut mungkin kita sebaiknya merenungi atau mencoba menarik hikmahnya dengan beberapa kalimat berikut ini:
 Pertama, main layang-layang memang asyik tapi usahakan jangan main layang-layang di tempat rame yang dekat jalan raya (bisa melukai orang yang lewat), dekat jaringan listrik karena sangat berbahaya jika benang menyangkut di aliran listrik. Intinya kita mencoba memikirkan keselamatan orang lain jangan hanya menuruti kemauan sendiri asal senang dan membahayakan orang sekitarnya.
Kedua, Bermainlah layang-layang di Lapangan atau tempat terbuka yang luas misal ladang, sawah yang nantinya tidak mengganggu orang lain jika layangan anda putus. Saya juga penggemar Layang-layang hingga saat ini dan ketika melihat layang-layang yang unik saya pun suka melihatnya.  
Ketiga, mari bagi kita yang sering menggunakan motor kita antisipasi kejadian-kejadian yang tidak terduga di jalan raya ketika kita berkendara sebagai contoh adanya benang layang-layang yang melintang dan mengenai bagian leher saya waktu itu, salah satu antisipasinya dengan menggunakan jaket yang kerahnya bisa menutupi leher (krah berdiri)atau kita pakai kain slayer yang bisa menutupi leher kita supaya lebih aman dari angin dan hal-hal tak terduga lainnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai nasib saya waktu menabrak benang layangan putus di jalan, moga bisa kita  ambil hikmah dari tulisan tak beraturan ini :)

Post a Comment

0 Comments