Salah Baca salah arti

Pemenggalan artinya kalau tidak salah adalah proses pemotongan, Dalam hal ini kita akan kaitkan dengan bagaimana ketika suatu kalimat yang kita baca di penggal pada kata-kata tertentu akan mempunyai arti yang berbeda alias menjadi salah arti, meskipun kalimatnya sama. Banyak contoh kalimat seperti itu, misalnya Program BKKBN yang mempunyai slogan "2 Anak Lebih Baik". Jika kita cara membacanya dengan memenggal kalimat tersebut pada "2 anak lebih" kemudian baru "baik" maka arti yang didapat menjadi bertolak belakang dengan slogan yang dicanangkan yaitu menjadi semakin banyak anak lebih dari 2 anak lebih akan lebih baik.

Cara membaca yang tidak benar akan berdampak seperti itu, audience menjadi bingung karena arti yang dihasilkan berbeda. Pemahaman akan bahasa dan cara membaca mungkin sudah diajarkan di SD, namun kadang kala kita yang sudah tua seperti ini, juga melakukan kesalahan yang sama seperti anak SD.. Sekarang mari kita kaitkan "baca" dengan permasalahan di sekitar kita. Banyak permasalahan di masyarakat yang tidak terbaca secara benar sehingga permasalahan pun malah semakin ruwet tidak menemukan jalan temu.

Seandainya kita bisa membaca dengan benar berbagai hal yang ada, maka solusi yang akan kita berikan juga insya Allah akan benar dan tepat pula,  tapi kalau cara bacanya salah, maka solusi yang muncul pun tidak akan menjadi sebuah solusi yang tepat. Sebagai contoh ketika seorang dokter memeriksa pasiennya, ketika melakukan proses "baca" terhadap penyakit si pasien, maka diperlukan kemampuan pemahaman dari seorang dokter sehingga nantinya dokter akan tepat dalam memberikan obat untuk si pasien tersebut. Namun ketika proses "baca" tersebut salah, maka obat yang diberikan juga akan salah tidak akan menyembuhkan sakit si pasien atau malah lebih parah lagi obat yang diberikan malah memperparah sakit si pasien.

Dalam Agama Islam pun telah di terangkan dalam Surat Al "Alaq ayat pertama yang menyebutkan "Iqro' bismi Robbikaladzi kholaq" yang artinya "bacalah dengan nama Tuhanmu..." yang intinya kita manusia harus pandai membaca, bukan cuma tulisan tetapi juga berbagai hal yang ada di sekitar kita untuk kita "Baca" untuk di pahami dan dimengerti yang nantinya akan membuat hidu dan kehidupan menjadi tentram, nyaman serta aman. Itu harapan kita bersama .. Semoga kita selalu diberikan kemampuan membaca yang lebih baik sehingga bisa selalu menghasilkan solusi /output yang tepat dan baik pula. amiin

Post a Comment

0 Comments