Sotoji kuliner unik sehat dan bergizi

Indonesia terkenal sebagai negeri yang mempunyai aneka ragam masakan kuliner. Dari masakan yang sifatnya kering sampai yang berkuah, dari yang asin, asem, manis, sampe gurih pun ada. Aneka cita rasa hidangan kuliner yang ada di negeri kita tercinta ini turut menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang mempunyai keanekaragaman dalam berbagai segi kehidupan namun tetap terjalin dalam satu nuansa negara kesatuan Republik Indonesia. Dengan adanya berbagai jenis kuliner yang dimiliki oleh negeri ini, para generasi penerus bangsa yang membidangi kuliner harus selalu berinovasi menyajikan menu baru yang mempunyai kekhasan tersendiri, dan kini sudah hadir satu produk instan yang turut meramaikan jagat kuliner negeri tercinta, yaitu Sotoji kuliner unik sehat dan bergizi.

Sotoji merupakan singkatan dari Soto jamur instant. Sesuai namanya bahwa Sotoji adalah produk Soto Jamur kemasan secara instan yang terdiri dari jamur tiram, mie sohun, bumbu soto, minyak soto dan bubuk cabai. Jamur yang ada dalam kemasan produk Sotoji berupa jamur tiram goreng yang aman dikonsumsi. Sotoji sengaja diproduksi layaknya mie instan dengan maksud agar mudah dalam proses memasaknya, sehingga bisa dengan mudah pula dinikmati para konsumen kuliner pada umumnya dan para penggemar menu berbahan baku jamur pada khususnya.

Saya sendiri adalah penggemar jamur. Saya sering mencari jamur liar di sekitar rumah tempat tinggal saya yang kebetulan dekat dengan pinggiran sungai dan kebun yang rindang. Kalau sudah datang musim hujan, biasanya banyak jenis jamur liar yang tumbuh yaitu jenis jamur barat dan jamur trucuk yang tumbuh di sekitar rumah saya. Dan itu menjadi keasyikan tersendiri dalam berburu jamur liar. Dengan hadirnya produk Sotoji yang menggunakan bahan baku dari jamur tiram ini semakin mempermudah kegemaran saya untuk menikmati olahan jamur dengan rasa yang berbeda dan bisa dinikmati kapan saja.

Sedikit gambaran mengenai kandungan gizi dan vitamin dalam jamur tiram, yaitu memiliki kandungan protein 19-35% ketika dihitung dalam keadaan kering, disamping itu juga mengandung sembilan asam-asam amino esensial yang tidak bisa disintesis dalam tubuh yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin. Kandungan lemak jamur tiram setidaknya 72% dari total asam-asam lemaknya adalah asam lemak tidak jenuh. Jamur tiram juga mengandung sejumlah vitamin penting terutama kelompok vitamin B, vitamin C dan provitamin D yang akan diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Kandungan vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol)-nya cukup tinggi. Jamur merupakan sumber mineral yang baik, Kandungan mineral utama yang tertinggi adalah kalium (K), kemudian fosfor (P), natrium (Na), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Namun, jamur juga merupakan sumber mineral minor yang baik karena mengandung seng, besi, mangan, molibdenum, kadmium, dan tembaga. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Mg mencapai 56-70 persen dari total abu, dengan kandungan kalium sangat tinggi mencapai 45 persen. Jamur tiram sebagai sayuran cukup aman dikonsumsi setiap hari, sumber yang baik untuk asam-asam amino yang diperlukan dalam membentuk protein dalam tubuh, sumber yang baik untuk vitamin terutama vitamin B1, B2 dan provitamin D2, dan sumber mineral terutama kalium dan fosfor (referensi diambil dari Prosiding Seminar Teknologi untuk Negeri 2003, Vol. II, hal. 123-126 /HUMAS-BPPT/ANY).


Dari referensi yang saya dapatkan tersebut diatas maka jelas sekali bahwa Jamur Tiram mempunyai banyak manfaat dan nilai gizi yang cukup tinggi sehingga cocok menjadi bahan pembuatan Sotoji yang unik ini. Lalu dari manakah informasi produk ini saya dapatkan? Info bagus ini saya dapatkan dari seorang teman blogger yang memberitahukan bahwa ada produk olahan soto jamur instan dari jamur tiram yang di kemas secara instan layaknya mie instan. Saya pun kemudian di kasih alamat websitenya kemudian saya mencoba melakukan order untuk bisa mencicipi seperti apa sih nikmatnya si Sotoji ini. Akhirnya setelah menunggu beberapa hari paketan pun datang.

Kemudian saya bersama keluarga mencoba memasaknya dan mencicipi Sotoji ini, ternyata benar sekali apa yang dikatakan teman saya waktu itu, bahwa Sotoji nikmat dan asyik banget. Lidah serasa mendapat menu baru yang unik dan berbeda dari yang lain karena memang baru kali ini kami merasakan menu soto jamur instan. Yang menarik lagi, ternyata istri dan anak saya pun suka dengan menu Sotoji ini. Sotoji ini benar – benar nikmat, bergizi, kaya serat dan protein nabati sehingga layak untuk dikonsumsi bersama dengan keluarga anda.


Mungkin anda pun bertanya semudah apa sih memasak Sotoji ini? Jawabnya sangat mudah karena cara memasaknya hanya seperti ketika kita memasak mie instan pada umumnya. Anak saya yang belum genap 5 tahun aja bisa kok. Tapi oke deh, supaya lebih jelas saya uraikan bagaimana cara mengolah Sotoji: Pertama kali bukalah kemasan Sotoji, kemudian ambil isinya yang terdiri dari mie Sohun dan jamur Tiram Goreng serta bumbu, minyak soto dan kemasan cabai bubuk.
Selanjutnya siapkan air mendidih sekitar 400 cc atau sekitar 2 gelas. Masukkan mie Sohunnya selama 2 menit sambil di aduk. Jamur tiram gorengnya bisa dicampur dalam rebusan dan bisa juga ditaburkan dalam penyajian ketika semua sudah matang, tergantung selera masing-masing. Kalau saya suka jamurnya direbus sekalian supaya lebih empuk. Sambil menunggu mie sohun matang dalam rebusan, siapkan bumbu Sotojinya yaitu minyak soto dan cabai bubuknya (jika suka pedas) ke dalam mangkok.

Kemudian angkat mie dan jamur tiram yang direbus tadi dengan kuahnya ke mangkok yang sudah diberi bumbu-bumbu tadi dan aduk hingga bumbu merata meresap ke dalam seluruh mie sohun dan jamur tiramnya.

Santap Sotoji
Tambahkan daun seledri atau telur rebus atau ayam atau hiasan tambahan apa saja sesuai selera anda masing-masing agar tampilan hidangan Sotoji lebih menarik. Dan akhirnya Sotoji si Soto jamur instant yang lezat tinggi kandungan serat dan protein nabati ini siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Perlu di ingat bahwa Sotoji menggunakan bahan mie sohun berkualitas yang kelembutannya terasa ketika sudah berada di mulut yang dipadu dengan jamur tiram goreng yang lezat, serta ramuan bumbu yang pas sehingga menjadikan Sotoji sebagai soto jamur yang sangat nikmat dan mampu memberikan sensasi beda di lidah serta nyaman di perut (karena mie sohun terbuat dari bahan beras).

Sesuai yang tertera dalam setiap kemasan Sotoji, bahwa Sotoji soto jamur instant lezat bergizi tinggi yang memiliki berat 70 gram ini ternyata mengandung Unsur protein 3%, karbohidrat 60%, Lemak 9% dan energi total yang dihasilkan dari mengkonsumsi Sotoji ini sebesar 296 kkal. Sebagai produk instant yang sehat bergizi tinggi, kaya serat dan protein nabati, Sotoji yang merupakan produk dari PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera Bogor Jawa Barat ini dinyatakan layak untuk dinikmati karena telah memperoleh izin dari Depkes RI No. P-IRT 8043271011186 dan telah dinyatakan halal juga oleh MUI. Dalam setiap kemasannya pun juga tertera tanggal kadaluarsa dari produk Sotoji ini, jika sudah melebihi tanggal kadaluarsa yang ditetapkan sebaiknya jangan dikonsumsi.


Nah, sekarang sudah ada satu menu masakan unik Sotoji yang bergizi kaya serat dan protein nabati, menambah satu lagi daftar menu kuliner di negeri tercinta ini. Sotoji kuliner unik sehat dan bergizi bisa menjadi menu kuliner sehari-hari yang sehat bergizi dan mudah dibawa kemana-mana serta mudah dimasak untuk segera disajikan dan dinikmati sendiri maupun bersama orang terkasih.


--------------------------------------------------------------------------------

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini

Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments