Ubur-Ubur beracun di pantai

Ubur-ubur beracun di pantai saat ini sedang menyerang beberapa pantai di wilayah yogyakarta terutama yang sedang terjadi di Pantai Krakal Gunungkidul, padahal sudah hampir masa liburan panjang. Untuk itu para pengunjung dimohon lebih hati-hati waspada dengan banyaknya ubur-ubur beracun saat bermain air di pantai. Hal ini merupakan fenomena musiman, karena biasanya ubur-ubur beracun tersebut muncul ketika musim dingin seperti sekarang dan di saat ombak / air laut pasang.

Ubur-ubur Impes ulat bromo (foto dari KR)
Seperti yang di beritakan di KR, bahwa Ubur-ubur beracun yang oleh penduduk sekitar pantai Krakal disebut sebagai impes atau ulat bromo tersebut biasa muncul di musim dingin dan air laut sedang pasang naik. Bentuk dari Ubur-ubur beracun impes Ulat bromo ini berwarna biru dan ada gelembungnya seperti balon berwarna biru gitu. Ubur-ubur beracun ini berbahaya ketika cairan tubuhnya/lendirnya mengenai kulit manusia.

Akibat yang ditimbulkan oleh ubur-ubur beracun jenis impes/ulat bromo ini adalah rasa panas di kulit dan bisa mengganggu pernafasan. Cara mengobati untuk menghilangkan rasa panas akibat lendir ubur-ubur impes ulat bromo tersebut dengan mengoleskan minyak gosok, atau dengan tajin (air dalam nasi yang sedang dimasak), atau dengan getah daun bakung yang dipanaskan terlebih dulu.

Untuk mengantisipasi gangguan ubur-ubur beracun tersebut saat ini masyarakat setempat berusaha mengumpulkan ubur-ubur beracun jenis impes-ulat bromo tersebut dan kemudian membakarnya.

Hal yang perlu kita lakukan ketika nantinya pergi berlibur dipantai adalah dengan berhati-hati terhadap kemungkinan adanya ubur-ubur beracun seperti ini karena musim dingin dan air laut yang sedang pasang saat ini bisa memunculkan berbagai jenis ubur-ubur beracun di pantai manapun. Yang perlu dipersiapkan adalah bawalah minyak gosok atau keperluan lain yang mungkin diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


<------------------------------------------------------------------------------> Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments