Pengumuman Tata cara tahapan SNMPTN 2013

Pengumuman Tata cara tahapan SNMPTN 2013 - Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan Press Release Mengenai Launching SNMPTN 2013, Dimana di sebutkan dalam Press release tersebut mengenai berbagai hal yang menyangkut pelaksanaan SNMPTN 2013, tata cara dan tahapan pendaftaran SNMPTN 2013, ketentuan syarat, biaya, program studi, jadwal SNMPTN 2013 serta termasuk Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)  yang akan segera dimulai 17 Desember 2012 sampai dengan 8 Februari 2013 dan akan disikan secara berkala di setiap semester. SNMPTN 2013 gratis biaya pendaftaran dan tidak dipungut biaya seperti tahun yang lalu. Press release dari Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 menjadi pengumuman resmi dibukanya pelaksanaan rangkaian SNMPTN 2013.

pengumuman SNMPTN 2013
Secara lengkap mengenai press release “Pengumuman Tata cara tahapan SNMPTN 2013” sesuai dengan Press release dari Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 adalah sebagai berikut


PANITIA PELAKSANA
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
(SNMPTN) TAHUN 2013
Sekretariat : Gd. CCAR Institut Teknologi Bandung Lt 4, Jl. Tamansari 64 – Bandung 40116
Telp / Fax 022 – 2530689

PRESS RELEASE
LAUNCHING SNMPTN 2013
Jakarta, 10 Desember 2012
A. Pendahuluan
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.

Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Hasil Ujian Nasional (UN) digunakan sebagai evaluasi akhir terhadap kelulusan untuk semua jalur seleksi.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.

B. Nilai/ Value Pelaksanaan SNMPTN 2013
SNMPTN 2013 mengemban nilai/ value berikut ini:
  1. Membangun kebersamaan dan kepercayaan dengan sekolah dan antar PTN di seluruh Indonesia.
  2. merupakan bagian dari edukasi nasional untuk meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi informasi dan kejujuran bagi generasi muda terdidik.
  3. mempertegas keberpihakan PTN kepada calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki kemampuan akademik tinggi.
  4. Merupakan wahana perekat bangsa dalam wadah tunggal Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. Tujuan
Tujuan SNMPTN adalah:
  1. Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  2. Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.
 D. Ketentuan Umum, Ketentuan Khusus, dan Persyaratan
1. Ketentuan Umum
  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data sekolah dan prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.
2. Ketentuan Khusus
    Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  • Telah mengisi PDSS.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2013.
  • Persyaratan Pendaftaran
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.
 E. Tata Cara Mengikuti SNMPTN
Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013 berhak mengikuti
SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.
1. Pengisian PDSS
  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
2. Pendaftaran
  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan.
  • Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
 F. Jadwal SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
  • Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester.
  • Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013
  • Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
  • Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013
 G. Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada  masing masing PTN.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat pada laman http://snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

H. Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SNMPTN tahun 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut
biaya pendaftaran..

I. Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana
  1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  3. Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  4. Alamat Panitia SNMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689.
 J. Lain-lain
  1. Siswa yang akan melanjutkan studi di PTN tetapi terkendala dengan biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman http://snmptn.ac.id.

Dari Pengumuman mengenai tata cara tahapan SNMPTN 2013 yang telah dilakukan oleh Panitia Pelaksanan SNMPTN 2013 tersebut maka diharapkan para peserta yang akan mendaftar (lulusan 2011-2012 masih bisa ikut) untuk segera memperiapkan diri mulai dari sekarang supaya dapat lulus SNMPTN 2013 nanti.

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments