Puspa Patuk Bunga Amaryllis Brambang Procot ikon Kecamatan Patuk

Setiap bulan November-Desember wilayah Kecamatan Patuk Gunungkidul mempunyai wajah baru, dengan tumbuhnya bunga amaryllis. Oleh warga sekitar dikenal dengan bunga brambang procot, dan oleh pemerintah kecamatan setempat bunga ini dijuluki sebagai Puspa Patuk atau Puspat. Memiliki nama latin amaryllis, puspa patuk ini adalah bunga yang tergolong tumbuhan brambangan yang berumbi. Ketika tidak musim, Puspa patuk ini akan hilang dan hanya tinggal umbi nya saja yang berada di dalam tanah, namun ketika memasuki bulan november puspa patuk ini akan tumbuh dengan subur kemudian berbunga.

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patukBunga amaryllis biasanya banyak di jumpai di negeri belanda, namun belakangan ini wilayah Kecamatan Patuk menjadi terkenal karena keberadaan bunga yang indah ini. Saya pun sempat mengunjungi tempat dimana si Puspa Patuk ini tumbuh, kalau beberapa tahun lalu bunga puspa patuk hanya dijumpai di pinggir-pinggir jalan sekitar kecamatan patuk (sepanjang jalan jogja wonosari), namun tahun ini kita dapat menjumpai bunga ini di tanam begitu rapi dan luas, berada di pekarangan seorang warga yang luasnya sekitar 2000 an meter. Letaknya di pinggir jalan jogja-wonosari, tepatnya di selatan jalan sebelum jembatan kali penthung Desa Salam Patuk Gunungkidul.


ini adalah beberapa foto yang sempat saya ambil dan saya dokumentasikan di sini,

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patuk

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patuk

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patuk

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patuk

Bunga Amaryllis brambang procot puspa patuk

denah lokasi puspa patuk
















Masa tumbuh bunga Puspa Patuk ini hanya sekitar 2 bulan, sehabis itu daunnya pun hilang dan baru tumbuh lagi di tahun depan. Bagi anda yang ingin menanam bunga puspa patuk ini juga dijual oleh warga di sekitar jalan jogja wonosari tepatnya di wilayah kecamatan Patuk. Kalau anda ingin berkunjung kesana, sekarang ini lagi musimnya puspa patuk ini mekar, silakan lihat denah yang sempat saya buat diatas tadi sebagai ancer-ancer nya, berada di pinggir jalan nasional jadi mudah nyarinya.

oh iya.. liputan secara lengkap mengenai keindahan bunga puspa patuk bisa dilihat di video bunga brambang procot Puspa Patuk berikut ini ya sob,



Selamat menikmati indahnya bunga puspa patuk bunga amaryllis brambang procot ikon kecamatan patuk Gunungkidul.  Salam wisata murah meriah

Post a Comment

0 Comments