Ketahui 5 Penyebab Gangguan Datang Bulan

Setiap wanita tentunya menginginkan datang bulan lancar tanpa gangguan. Para perempuan mulai dari akil balik hingga umur 40an hingga 50an tentunya akan mengalami dan juga merasakan haid. Atau bisa juga disebut datang bulan, menstruasi, aatu tamu bulanan. Kondisi tersebut merupakan salah satu keadaan rutin di dalam proses perkembangan pada perempuan. Biasanya darah haid keluar selama kira-kira 2 hingga 7 hari. Namun kadang-kadang ada juga yang bisa lebih dari itu. Menstruasi ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

macam-macam gangguan datang bulan
Ada berbagai macam penyebab atau alasan mengapa wanita alami gangguan menstruasi. Mari kita simak ulasan berikut ini:
1. Hormon Tidak Seimbang
Ketidakstabilan atau tidak seimbangnya hormon juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Hal ini disebabkan karena haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Jadwal haid akan terganggu, bila salah satu komponen di atas bermasalah.

2. Tiroid
Karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda bisa juga menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Kelenjar tiroid terdapat pada leher, tugasnya mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar bisa berjalan dengan semestinya. Namun, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid ini, akan dapat mempengaruhi jadwal haid Anda.

3. Penurunan Berat Badan Yang Drastis
Apakah Anda sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan dengan drastis? Hal ini bisa mempengaruhi jadwal haid anda. Berhati-hatilah, karena anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

4. Penyakit
Adanya penyakit seperti jamur pada vagina, bisa saja akan menyebabkan haid menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Dan akibat dari jarang mengalami haid bisa akan mengakibatkan tumor.

5. Stres
Pada otak terdapat hypothalamus, bagian yang sangat mudah terpengaruh oles stress. Hypothalamus adalah hormon yang mengatur periode haid. Oleh karena itu pada saat Anda mengalami stres maka tentu saja hal itu akan memberikan pengaruh pada kelancaran haid Anda.

Post a Comment

0 Comments