Latest News

Beberapa olahraga ringan yang bagus untuk penderita penyakit jantung

Sehat mahal harganya, begitu orang bilang. Namun untuk tetap sehat tidak mesti membutuhkan banyak biaya dan tidak harus mahal. Banyak kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bagi orang-orang tertentu seperti mereka yang mengidap penyakit misalnya penyakit jantung, mereka membutuhkan olahraga yang ringan tapi rutin. Banyak jenis olahraga yang free dan tidak membutuhkan biaya banyak. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan niat yang kuat untuk tetap sehat dan mau melakukan olahraga yang disukai. Kalau hanya punya niat saja namun tidak segera melakukan, ya cuman nonsense aja. Dalam postingan saya kali ini, akan membahas beberapa jenis olahraga ringan yang bagus dilakukan untuk penderita penyakit jantung, yuk kita ulas semoga membawa kemanfaatan bagi kita semua. 

Beberapa olahraga ringan yang bagus untuk penderita penyakit jantung diantaranya :

1. Melakukan gerakan Push-up secara rutin 
Push up merupakan salah satu jenis Olah raga ringan yang gratis tanpa biaya namun sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karena gerakan push up dipercaya akan membantu jantung berdetak lebih kencang dari biasanya selain itu juga sangat baik untuk melatih kekuatan otot jantung. Gerakan push up bisa dilakukan di kamar, di halaman rumah, di taman, dan tempat tempat lain yang anda sukai. Hanya butuh niat dan action saja untuk melakukan gerakan push up ini. Lakukan sesuai kemampuan saja dan tidak perlu dipaksakan. 

 2. Olahraga Yoga 
Anda tentunya juga sangat familier dengan kata Yoga ini. Ya, sebuah olahraga yang mudah dilakukan dan hampir tanpa biaya, dan caranya pun mudah. Gerakan tertentu Yoga bisa anda tiru dari berbagai media online seperti youtube sebagai tutorialnya. Atau kalau mau lebih bagus mengikuti kelas khusus yoga dengan instruktur yang berpengalaman. 
 
3. Olahraga renang 
Ya, siapa yang tidak pernah berenang? Kegiatan mengasyikkan ini bisa dilakukan para penderita jantung di kolam renang di sekitar anda. Jika punya kolam renang sendiri sih lebih nyaman, tapi kalau tidak punya, bisa datang ke kolam renang terdekat di sekitar anda. Atau kalau di sekitar anda ada danau atau sungai yang airnya masih bersih, akan lebih asyik lagi berenang disana. Untuk melakukan gerakan renang yang benar, perlu sedikit latihan dasar gerakan-gerakan renang supaya anda tidak tenggelam. Akan sangat bagus jika di awal kegiatan anda memiliki instruktur yang berpengalaman. Dibutuhkan usaha dan sedikit biaya untuk melakukan kegiatan olahraga berenang, setidaknya biaya retribusi masuk kolam renang dan biaya membeli pakaian renang. Selain bagus untuk kesehatan jantung, berenang juga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru anda. 

4. Senam aerobic 
Bagi penderita jantung yang belum memasuki stadium lanjut, olah raga aerobic ini cukup baik untuk kesehatan jantung. Tentunya jenis gerakannya disesuaikan dengan kondisi penderita supaya tidak memberatkan si penderita. Gerakan senam aerobic yang dinamis akan memicu kerja jantung sehingga akan lebih cepat memompa aliran darah. Banyak manfaat dari gerakan senam, karena melibatkan seluruh anggota badan sehingga sangat bagus untuk kesehatan penderita penyakit jantung. Akan lebih baik jika ada instruktur khusus yang memandu gerakan senam anda supaya tidak terjadi kesalahan fatal yang malah merugikan kesehatan anda. 

5. Jogging
Ini adalah gerakan yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meski mudah dilakukan, tapi jogging sangat bagus untuk kesehatan anda, gerakan kaki yang teratur cukup bagus bagi kekuatan otot jantung anda. 

6. Jalan cepat 
Setelah jogging, kita bisa melakukan jalan cepat. Tidak hanya jantung saja yang akan ikut terjaga kesehatannya, namun gerakan jalan cepat juga bagus untuk kesehatan paru-paru anda. 

7. Bersepeda
olahraga sepeda bagi penderita jantung
Nah, kegiatan bersepeda merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain bagus bagi kesehatan jantung dan paru-paru, bersepeda juga sangat bagus untuk kesehatan rohani kita. Dengan bersepeda, kita bisa sekalian menikmati keindahan alam, menghirup udara segar yang masih alami dan dapat menambah pertemanan, karena banyak sekali komunitas sepeda yang bisa anda ikuti. Tentunya dibutuhkan biaya untuk membeli sepeda agar bisa bersepeda secara rutin. Tapi itu jauh lebih murah dibandingkan manfaat yang didapatkan, yaitu badan sehat, jantungpun sehat. Jangan lupa ketika bersepeda tetap menjaga keselamatan dan waspada dijalan karena tidak sedikit kejadian memilukan terjadi ketika bersepeda. Bersepedalah sesantai mungkin, kalau lelah beristirahat dan tidak perlu dipaksakan, cobalah mengenali kemampuan tubuh anda sendiri. Semoga senantiasa kesehatan yang kita dapatkan. 

Beberapa jenis olahraga diatas bisa dilakukan dengan mudah bagi anda yang ingin tetap sehat. Namun bagi anda yang sudah terlanjur sakit, tidak perlu khawatir. Banyak layanan kesehatan baik online maupun offline di sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk konsultasi dan berobat. Bagi anda yang tidak pengin repot kesana-kemari, ada layanan secara online dari halodoc. Apa itu halodoc? Sebuah layanan kesehatan dari mulai konsultasi mengenai penyakit yang anda derita, pesan obat, dan sebagianya bisa dilakukan di www.halodoc.com. untuk lebih jelasnya anda bisa buka laman web nya tersebut. Tentunya kehadiran layan kesehatan seperti halodoc ini akan menjadi solusi yang sangat dibutuhkan di masa pandemic speerti sekarag ini , karena akan mengurangi kontak dengan orang lain, cukup dari rumah anda bisa konsultasi, beli obat, dan sebagainya. 

Saya rasa cukup sampai disini dulu ulasan saya mengenai jenis olahraga ringan yang bagus bagi penyandang penderita penyakit jantung di web saya jatger.net ini, dan juga ulasan singkat mengenai halodoc.com semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat selalu.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips