Fun ride, Jogja ExploRide 2022 Bersepeda menyusuri "JanDa BaSah"

Lama nggak mbuat tulisan, kali ini saya coba menulis lagi, terkait dengan kegiatan asyik menarik bersepeda di kawasan janda basah. Hayo pikiran dah mulai jor*k ya? Apa yang dimaksud janda basah? Apa serunya bersepeda rame rame di jogja? Apa itu jogja exploride ? Semua pertanyaan dalam benakmu akan saya jawab satu - satu di tulisan dibawah ini, jadi mohon baca sampai akhir supaya gak salah persepsi , 

 

Oke, pertanyaan pertama terkait apa itu bersepeda menyusuri rute janda basah. Yang saya maksud adalah Janda = Jalan Datar, Basah=Banyak Sawah. Nah jadi janda basah disini artinya bersepeda menyusuri jalan datar yang banyak sawahnya di kanan kiri jalan yang kita lalui. Gitu ya bOs. Jangan jor*k dulu pikirannya, haha

foto: official jogja exploride 2022

Yang kedua apa serunya rame-rame sepedaan di jogja? Jogja adalah gudangnya tempat wisata yang asyik dan unik, semua ada di jogja. Tempat wisata bergenre gunung, pantai, gua, museum, seni, heritage, pendidikan, keindahan sawah, kuliner, belanja, semua ada. Tempat wisata pantai banyak dijumpai digunungkidul dengan lebih dari 100 titik tempat wisata pantai, gak cukup satu atau dua hari kalau mau mengunjungi semua pantai di gunungkidul. Semua indah dengan karakternya masing-masing, ada yang pantai pasir putih, pantai tebing dan pantai dengan air terjun pun ada. Selain Gunungkidul untuk wisata pantai juga dapat dikunjungi di kawasan pantai di Kabupaten Bantul, yang pantainya berbeda dengan di gunungkidul, di bantul pasir pantainya berwarna hitam. Untuk wisata gunung dan persawahan ada di wilayah sleman, bantul, kulonprogo dan Gunungkidul. Untuk wisata Gua ada di kawasan Kulon progo, Bantul, Gunungkidul. Untuk wisata pendidikan, museum, heritage, seni banyak tersedia di wilayah bantul, sleman, kota jogja, Kuliner? Hampir semua kabupaten di Yogyakarta memiliki kuliner khas nya masing-masing. Pokok e komplit kalo mau wisata di Jogja.. 

 

Lha apa itu Jogja exploride 2022? Ini adalah sebuah event yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata D I Yogyakarta dengan Badan Otoritas Borobudur dan juga dibantu komunitas Sepeda Jogja Gowes yang ada di Jogja. Event yang mengambil rute janda basah, Start dan finish di Monumen Jogja Kembali dengan menyusuri perkampungan, persawahan di wilayah sleman dan Kulonprogo. Peserta gowes jogja exploride disuguhi pemandangan menghijau di sepanjang jalur bersepeda, dengan titik cek point dan berisitirahat di Ancol Bligo. 

 

Nah, pasti bertanya lagi apa ancol bligo? Ancol Bligo adalah sebuah tempat yang disana merupakan hulu dari selokan mataram dan selokan van der wijk yang legendaris. Selokan matarm ini membentang dari ancol bligo sampai di prambanan sleman. Fungsinya adalah untuk mengairi persawahan di wilayah sleman hingga sekarang dan masih berfungsi. Ancol Bligo ini pemandangannya sangat bagus untuk wisata keluarga. Kita bisa melihat aliran sungai progo yang cukup deras dari pinggiran sungai progo. Saat ini Ancol Bligo sedang dalam tahap pembenahan untuk dijadikan tempat wisata. 

 

Rute jogja exploride 2022 juga menyusuri selokan van der wijck atau yang akhir akhir lebih dikenal jalur luna maya oleh para pesepeda. Dinamakan jalur luna maya karena beberapa waktu lalu luna maya dan rombongannya pernah gowes menyusuri selokan tersebut. Pemandangan di sekitar selokan sangat eksotis dengan hamparan persawahan yang menghijau sejauh mata memandang. Yang pasti kita akan betah disini karena sejuk dan nyaman banget buat refreshing. Ditambah lagi banyak kulineran warung , resto kopi khas kulonprogo di sekitar nanggulan jalur luna maya. Setelah dari nanggulan, rombongan pesepeda jogja exlporide juga diarahkan menyusuri selokan mataram sebelum akhirnya finish ke museum monumen jogja kembali. 

 

foto : official jogja exploride 2022

Jogja exploride 2022 kali ini menempuh jarak sekitar 68 km, diikuti sekitar 150 an peserta kalau gak salah. Kenapa kok hanya sedikit tidak seperti gowes di tahun-tahun yang lalu? Ya mungkin target yang ingin dicapai oleh panitia berbeda dengan even gowes Dinas Pariwisata tahun-tahun lalu. Mungkin lebih ke sifatnya membantu memperkuat branding wisata dari program visiting jogja. Biaya registrasinya pun lumayan 250 ribu tidak seperti event sebelumnya murah meriah 60 ribuan, karena tahun – tahun yang lalu saya juga sering ikut event nya gowes dinas pariwisata Jogja ini, dari yang MTB Nglanggeran, Gowes mangunan, Gowes heritage, saya pernah mengikuti. Untuk tahun ini alhamdulillah tidak ikut gowes, tapi ikut membantu teman-teman panitia penyelenggara saja. Beberapa waktu lalu alhamdulillah dijawil teman eNTe jogja untuk ikut jadi marshal. Ya, alhamdulillah seneng banget bisa berpartisipasi mensukseskan event nya dinas pariwiata kali ini, semua berjalan lancar hingga event usai. 

 

Dari event jogja exploride 2022 gelaran Dispar jogja ini, semoga semakin banyak antusias para penggiat event sepeda di jogja yang menyelenggarakan event-event sepeda dengan mengangkat tempat tempat wisata, supaya wisata di jogja menggeliat lagi setelah dua tahun dihajar covid..

 

foto : Official Jogja exploride 2022

 Salam sehat dan bahagia

Post a Comment

0 Comments