Penjelasan Pengembangan Kurikulum 2013

Penjelasan Pengembangan Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 akan menggantikan kurikulum yang berlaku sebelumnya. Pro dan kontra masih mewarnai proses rencana penerapan kurikulum 2013 ini. Menurut para ahli di bidang pengajaran bahwa dalam pengembangan kurikulum 2013 ini lebih membebaskan murid/siswa untuk memilih bidang studi yang dia sukai, siswa diberikan kebebasan untuk mempelajari/mengambil bidang mata pelajaran yang dia senangi seperti pada pembelajaran di kuliahan. Beberapa phttp://www.jatger.net/2012/12/penjelasan-pengembangan-kurikulum-2013.htmlerubahan di kurikulum 2013 yang cukup mendasar dalam pengembangan kurikulum 2013 adalah cara proses pembelajaran yang selama ini anak/siswa belajar dengan cara “diberi tahu” oleh guru bergeser kearah siswa “harus berusaha mencari tahu”. Siswa diajak untuk mengamati, observasi dan kemudian siswa mencoba untuk mempresentasikan apa yang dia amati tersebut, salh satunya adalah seperti itu. Hal ini tentunya berdampak sangat serius bagi anak /siswa yang malas dan tidak mau aktif dalam proses pembelajaran.

Saat ini draft kurikulum terbaru 2013 sedang dalam memasuki masa uji public yang diharapkan banyak masukan dari masyarakat dan para praktisi pendidikan. Di dalam draft pengembangan Kurikulum 2013 terbaru yang disusun oleh Kemendiknas, disana ada beberapa mata pelajaran wajib yang mengalami perubahan penambahan jam mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran SMP yang semula 32 jam seminggu menjadi 38 jam dalam seminggu. Seperti Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam semula 4 jam menjadi 5 jam, Bahasa Indonesia menjadi 6 jam. Disamping itu ada juga mata pelajaran yang dihapus dari mata pelajaran wajib yaitu TIK, Olah raga dan Kesehatan serta Seni dan Budaya. Olahraga dan kesehatan yang semula menjadi pelajaran wajib dirubah menjadi pelajaran muatan lokal.

Materi mata pelajaran di kurikulum 2013
kurikulum 2013

bandingkan dengan pelajran dalam Kurikulum 2006 berikut
kurikulum 2006

Namun, untuk lebih jelasnya mengenai pengembangan kurikulum 2013, silakan anda cermati dari penjelasan pengembangan kurikulum 2013 berikut ini :

Draft Kurikulum 2013

Dari penjelasan diatas setidaknya kita bisa mengamati dan mencermati arah dari penjelasan Draft pengembangan kurikulum 2013 tersebut. Semoga dengan draft kurikulum terbaru ini yaitu kurikulum 2013 ini tidak membuat siswa semakin susah belajar tetapi membuat siswa semakin enjoy dalam belajar dan semakin banyak siswa yang bisa memahami pelajaran yang disampaikan sdan mampu menyerap ilmu yang disampaikan


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments