Cara mengetahui mobil bekas kena banjir

Cara mengetahui mobil bekas kena banjir - Anda igin membeli mobil bekas? Anda harus mengetahui ciri-ciri mobil yang pernah kena rendaman banjir. Hal ini penting karena mobil yang pernah terendam banjir tentu pada bagian mesinnya mengalami kerusakan. Wilayah Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia seperti Semarang menjadi langganan banjir dan Rob air laut. Ketika mobil dipaksakan berjalan dalam kondisi terendam banjir maka komponen yang ada di mesin mobil akan mengalami kerusakan parah.

Beberapa kerusakan pada mesin dan interior mobil biasanya akan meninggalkan bekas. Dan mobil yang pernah kena banjir akan mengalami keausan yang lebih cepat di banding mobil yang belum pernah terendam banjir. Penyebabnya adalah ampas Lumpur dan jamur yang menempel akan sulit dihilangkan dan hal tersebut yang akan memicu kerusakan. Bagi para pemilik mobil yang pernah terendam banjir, biasanya mereka akan merapikan mobilnya dan menutu bekas-bekas kerusakan akibat rendaman banjir. Setelah itu biasanya mereka menjual mobilnya.

mobil bekas banjir
Bagi konsumen mobil bekas yang kurang jeli akan sulit mengenali mobil yang pernah terendambanjir dan belum. Namun jika kita agak jeli sedikit, kita dapat mengetahui ciri mobil yang pernah terendam banjir, dengan cara sebagai berikut :
  • Manfaatkan Indera Penciuman anda
Apakah anda mencium bau tak sedap. Endapan air meresap ke dalam jok mobil dan sangat sulit untuk menghilangkan bau tak sedap yang tertinggal. Periksa sudut-sudut jok, angkat karpet dan semua bagian mobil yang sulit untuk kering. Di tempat itu jamur dan endapan biasanya tumbuh.

  • Se-Jeli mungkin melihat Komponen Interior yang Ganjil
Anda wajib untuk memberikan perhatian ekstra dengan mengamati setiap detail komponen yang ada di dalam kabin. Carilah komponen yang ganjil dan tak selaras dengan keseluruhan bagian di dalam mobil. Apakah karpet terlihat baru dan tak sesuai dengan usia mobil? Adakah yang hilang atau diganti? Apakah sarung jok terlihat janggal dan tak terangkai rapi dengan karpet. Patut dicurigai komponen-komponen yang tak rapi ataupun terlihat terlalu baru adalah komponen baru yang dipasang setelah mobil diangkat dari banjir.

  • Tanyakan Riwayat Perawatan Mobil
Mobil yang baik umumnya dilengkapi dengan riwayat perawatan, setidaknya riwayat perawatan berkala. Mungkin pula riwayat klaim asuransi. Atau bahkan pada beberapa orang, ada yang terbiasa menyimpan kuitansi pembayaran dan detail dari setiap perawatan selama mobil itu dipakai. Dari sana bisa diperoleh gambaran kondisi mobil.

  • Cobalah Periksa Kelembaban dan Kotoran dalam mobil
Carilah adanya bekas uap air yang biasanya mengembun di sekitar batok lampu baik di dalam kabin maupun di bagian luar mobil. Lalu, buka dan teliti bagian kompartemen, dan rak-rak di dalam mobil, biasanya akan ditemukan endapan pasir atau tanah yang ditinggalkan lumpur di sudut-sudut sempit. Jangan lupa periksa pula bagian bawah atap yang biasanya menyimpan kotoran dan karat. Terakhir, selipkan tangan Anda untuk meraba bagian bawah jok, dan rasakan jika ada kelembaban.

  • Tes Drive dan Periksa Fungsi Elektrikal
Poin ini merupakan langkah umum yang selalu dilakukan jika akan membeli mobil. Nyalakan mobil dan cobalah untuk mengendarainya. Bersamaan dengan itu, gunakan semua fungsi elektrikal yang ada, seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabin, cetral lock, power window, radio tape, lampu dasboard, wiper dan lain-lainnya. Lakukan secara berulang untuk memastikan semua berfungsi dengan normal.

  • Minta Bantuan Jasa Mekanik
Untuk memastikan kondisi mobil, terutama bagian mesin, sangat dianjurkan untuk membawa mekanik langganan kita untuk memeriksanya. Mekanik yang berpengalaman dapat megenali endapan kotoran di sela-sela mesin dan tempat yang tak terjangkau oleh mata awam. Yang pasti mekanik tahu benar apa yang harus mereka periksa. Hal ini penting pula jika mobil masih dalam masa garansi. Sebab, garansi akan gugur jika mobil terbukti pernah terendam banjir, meskipun kerusakan tak dapat disebutkan dengan rinci.

  • Jangan pernah ambil Risiko
Jika Anda telah mencurigai bahwa mobil tersebut sepertinya pernah terkena banjir, segera tinggalkan. Jangan ambil risiko, meskipun sesungguhnya Anda tak yakin dengan apa yang Anda rasakan. Ingat, penghematan uang dengan harga mobil yang murah akan segera berakhir dan menjadi mahal saat Anda terpaksa memperbaiki mobil dikemudian hari. Jangan ambil risiko itu. Carilah mobil yang benar-benar Anda yakini.

Nah,, beberapa tips cara mengetahui mobil bekas kena banjir tersebut dapat anda terapkan jika anda ingin mencari mobil bekas, Supaya terhindar dari kerugian dimasa datang, Jeli dan teliti kuncinya. Mobil bekas terendam banjir kalau bisa tidak usah dibeli jika masih ada pilihan mobil bekas yang lain. Demikian sedikit ulasan mengenai cara mengetahui mobil bekas kena banjir


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments