Kompresor, Perlengkapan Utama untuk Pengusaha Tambal Ban

Berbisnis tidak melulu harus dengan cara unik atau berbeda. Anda bisa membangun bisnis kecil-kecilan bahkan hanya dengan hal yang simpel saja. Bisnis pun tak perlu bermodal besar karena banyak juga bisnis kecil dengan prospek yang baik di pasaran meski terlihat hanya sepele. Salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus namun selalu dipandang sebelah mata adalah tambal ban. Ya, tambal ban memang kerap disepelekan, namun ternyata usaha ini jika ditekuni mampu memberikan keuntungan yang cukup lumayan bagi para pelakunya. Modal yang dibutuhkan pun tak terlalu besar dengan alat yang sederhana misalnya kompresor dan perlengkapan lain.

Untuk membuka bisnis yang satu ini pun tak perlu terlalu ribet karena sebetulnya skill yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit. Dengan modal hanya sekitar 5 jutaan saja, Anda sudah mampu membuka usaha tambal ban. Jangan pikir jika usaha tambal ban untungnya hanya sedikit karena sebetulnya keuntungan yang didapat bisa cukup lumayan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba membuka bisnis ini, maka berikut ini beberapa perlengkapan yang selain kompresor pasti Anda butuhkan:

1. Pompa
Pompa merupakan perlengkapan yang amat penting dalam usaha tambal ban. Jika usaha tambal ban ini masih dalam skala kecil, maka jenis pompa manual akan bisa digunakan. Modal yang dikeluarkan pun tak akan sampai 5 jutaan. Namun jika Anda sudah mulai merambah atau mau langsung terjun ke skala menengah maka Anda akan butuh kompresor dengan tenaga 2 PK sehingga mampu menunjang usaha.

2. Alat press
Selanjutnya Anda juga butuh alat press dimana berfungsi menekan bagian ban yang akan ditambal nanti. Alat press ini Anda bisa membuatnya sendiri atau bisa juga dengan memesannya ke tukang las.

3. Bak
Anda juga akan butuh bak untuk dapat menimbang ban nantinya. Jika bannya kecil, maka ember pada umumnya sudah cukup digunakan, namun jika Anda melayani penambalan ban truk yang cenderung besar, maka bak yang perlu dipakai juga harus ukuran besar misalnya saja dari batu bata dan pasir atau menggunakan drum bekas juga boleh.

4. Karet penambal
Anda bisa mendapatkan karet penambal secara mudah di tukang vulkanisir ban hingga toko onderdil di sekitaran Anda. Karet ini begitu penting lantaran digunakan demi bisa menutup bagian ban bocor. Anda dapat membelinya di toko tersebut dengan stok yang cukup banyak karena perlengkapan ini selalu harus ada. Jangan sampai jika bisnis sudah berjalan, Anda kehabisan benda yang satu ini.

5. Lem
Pada umumnya, tambal ban dengan karet juga butuh tambahan material yaitu memakai lem yang dipotong sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan baru kemudian dicampur menggunakan bensin. Umumnya lem yang digunakan dibuat dari karet penambal lalu dilarutkan sebelum digunakan.

6. Patar kayu
Sebelum menambal ban, maka Anda butuh membersihkan bagian dalam di ban. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan mengerok memakai patar kayu sehingga karet penambal hingga ban di dalamnya dapat menyatu dengan baik agar bocornya bisa diatasi. Patar kayu ini disebut-sebut perlengkapan terbaik mengerok ban.

Itulah beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan jika Anda ingin membuka toko ban. Kini semua perlengkapan itu bisa Anda dapatkan dengan mudah yaitu dengan membelinya di situs belanja online terpercaya. Kompresor pun kini bahkan bisa dipesan secara online agar bisa diantar langsung ke alamat Anda sehingga kian praktis dan simpel.

Post a Comment

0 Comments