Tips cerdas menjaga stamina lari bagi pemain bola

Sepak bola merupakan permainan yang memiliki banyak penggemar, mungkin bisa di bilang merupakan cabang olahraga yang paling banyak disukai se jagat ini. Sehingga permainan bola bagi sebagian pemain profesional bisa menjadi ladang rejeki yang luar biasa, sebagai contoh Christian Ronaldo, Messi, dan sebagainya. Bahkan untuk level nasional pun sekarang sudah cukup banyak pemain yang menggantungkan hidupnya dari bermain bola. Tentu saja hal ini tidak bisa dilepaskan dengan kemampuan si pemain bola dan kondisi fisik yang selalu terjaga kesehatannya, karena kesehatan menjadi salah satu aset utama untuk bisa bermain bola dengan baik. Tidak sedikit pemain bola yang akhirnya harus pensiun dini karena kesehatannya terganggu dan tidak bisa bermain bola lagi.

cara menjaga stamina lari
Permainan bola identik dengan cabang olahraga lari karena sebagian besar aktivitas dalam bermain bola harus dengan berlari, oleh karena itu dibutuhkan stamina yang selalu fit agar tetap bisa lari sepanjang 90 menit permainan. Untuk menjaga stamina lari bagi pemain bola agar tetap prima sehingga dapat bermain dengan maksimal, maka beberapa tips ini mungkin perlu dilakukan :

1. Atur napas
Dalam berlari diperlukan napas yang teratur sehingga tidak mudah capek. Cobalah untuk menselaraskan langkah kaki anda dengan napas anda, bukan sebaliknya. Hal ini akan membuat anda berlari lebih cepat dan efisien selain itu juga dapat berfungsi seakan-akan menjadi pemandu anda atau kontrol lari anda jika anda berlari mungkin terlalu keras atau tidak. Setiap orang mempunyai ritme napas yang berbeda, dan anda akan menemukan sendiri ritme napas anda dengan teknik anda sendiri, misalnya per dua urutan, per dua langkah dalam satu tarikan napas, dua langkah kaki untuk satu hembusan napas, bisa anda atur sendiri sesuai dengan kemampuan napas anda. Yang penting jangan dipaksakan karena kemampuan paru-paru dan detak jantung kita mempunyai keterbatasan, dan hanya anda sendiri yang bisa merasakan batasannya. Dengan semakin banyak berlatih lari, maka anda akan menemukan ritme napas anda sehingga anda dapat berlari lebih efisien dan lebih cepat.

2. Tunggu 3 jam setelah makan besar
Tubuh anda tidak di seting untuk melakukan pekerjaan yang instan, semua memerlukan tahapan-tahapan proses. Ketika anda habis makan, maka beberapa organ jaringan tubuh akan melakukan fungsinya untuk memproses dan menyerap makanan, sehingga perlu waktu untuk mempersiapkannya agar makanan yang terserap nantinya menjadi energi bagi tubuh anda dan berguna dalam menunjang kegiatan permainan bola yang anda lakukan.

3. Minum cukup
Sebelum bermain bola, sebaiknya anda cukup minum. Karena tubuh akan memerlukan banyak cairan sebagai pengganti cairan tubuh yang keluar menjadi keringat.

4. Latihanlah lari secara Rutin
Agar anda memperoleh lebih banyak faedah dari olahraga lari, anda bisa melakukannnya secara rutin. Dalam berlatih lari, anda perlu memperhatikan teknik-teknik yang benar sehingga anda tidak megalami cedera yang berakibat anda tidak dapat bermain bola. Lama berlatih lari cukup antara 30 menit sampai sekitar 2 jam saja, dan jangan memaksakan diri. lakukan dengan enjoy dan anda akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal

5. Pemanasan ringan
 Sebelum melakukan latihan rutin, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan ringan terlebih ahulu, seperti anda bisa menggerakkan kaki anda, lari-lari kecil, senam ringan, supaya persendian di sekitar kaki tidak syok ketika diajak gerak cepat. Pemanasan yang benar akan sangat berpengaruh pada aktivitas anda selanjutnya.

Beberapa tips menjaga stamina lari bagi pemain bola diatas dapat anda latih sendiri dan anda juga bisa mendapatkan info-info uptodate mengenai berita bola dari media online, namun yang paling penting adalah kemampuan anda menjaga kedisiplinan dan menjaga komitmen anda untuk selalu berlatih rutin dan menjaga stamina kesehatan tubuh anda. Selain itu sebagai pemain bola, anda juga perlu menguasai teknik-teknik bermain bola yang baik, tidak asal berlari dan menendang bola tapi benar-benar anda di tuntut menguasai cara bermain yang baik agar anda terhindar dari kecelakaan yang mengakibatkan kesehatan anda terganggu dan tidak bisa.

Sebagai bahan bacaan mengenai sepakbola, anda dapat mengunjungi situs www.eyesoccer.id yang disana membahas berbagai hal mengenai sepakbola dan berita-berita yang berkaitan dengan sepak bola. Semoga dengan berlatih rutin, makan yang sehat dan mengikuti tips cerdas menjaga stamina lari bagi pemain bola ini anda akan selalu fit dan siap bermain bola kapan saja.

Post a Comment

0 Comments