Latest News

Tips memulai menulis di blog

Tips memulai menulis di blog keliatanya perlu disampaikan kembali agar temen-temen yang masih canggung untuk memulai ngeblog tidak berhenti sebelum sempat menulis satu kata pun di blog baru mereka. Maaf tulisan ini akan lebih bermanfaat bagi yang masih awam ngeblog, kalo bagi para mastah blogger ya pastinya kurang pas jadi nanti kalo ada yang kurang mohon ditambahkan yach, kita mulai yuk, gini.. Ngeblog apakah keliatan menakutkan? apakah seorang blogger harus pandai menulis sebelum terjun menyelami dunia perbloggeran? jawabnya jelas TIDAK. Menulis di blog itu bahkan lebih mudah daripada kita menulis untuk sebuah Media massa Surat Kabar, Majalah, tabloid dan lainnya. menulis di blog tidak memerlukan banyak kaidah yang saklek. Semua bisa sampeyan tulis sesuai dengan selera sampeyan. Asal sampeyan tidak mengganggu privasi orang, tidak mengganggu kewibawaan negara, masyarakat, Tidak menghasut berkaitan dengan SARA atau Por nografi serta hal-hal kurang terpuji lainnya. Tips dalam menulis di blog sangatlah simple.

tips menulis
Anggaplah menulis di blog itu sebagai tempat menuangkan ide kita saja atau sebagai tempat curhat biasanya. Kalau blog yang sifatnya personal biasanya menulis mengenai berbagai pengalaman hidup penulisnya. Kalau mengenai bisnis biasanya mengulas mengenai bisnis tertentu yang dikuasai oleh penulis tersebut. tapi ada juga yang sifatnya campur bawur kayak blog Jatger ini, semua jadi satu soalnya saya menulis dengan mood saja. Ketika lagi mood nulis tentang orang gila ya ya itu yang saya tulis he he, atau pas ada acara tertentu yang menurut saya menarik ya kemudian saya tulis saja daripada nganggur he.

Menulis di blog itu tidak se-saklek/baku seperti nulis di media massa surat kabar dan sejenisnya. kalau untuk di surat kabar biasanya memang harus komplit unsur 5W+1H nya (What where Why When Who + How) tapi kalo di blog ya sesuai selera kita saja. Memang kalo mau bagus sebaiknya memenuhi unsur 5W !H tersebut tapi gak ada pathokan harus sepeti itu. Tulis yang anda suka dan akan lebih bagus kalo keluar dari hati dan bukan terpengaruh dari orang lain.

Menulis di blog akan terasa enjoy jika kita alur tulisan bisa mengalir bagaikan air. Mungkin kalo orang yang pandai merangkai kata-kata puitis akan lebih bagus penyajian kalimat yang nantinya tersajikan. beda seperti saya ini yang hanya asal nulis gak karuan. EYD juga gak dipake dan hanya asal pencet keyboard aja he.. Masing-masing orang mempunyai style cara menulis sendiri-sendiri dan itu yang akan menjadi ke-khasan anda nantinya.

Kalau dulu pas acara blogilicious di jogja beberapa waktu yang lalu, saya masih inget petuah dari salah satu nara sumber yang menyatakan juga kalau ngeblog itu akan terasa lebih mudah ketika sampeyan punya ide maka segeralah tulis apa yang sedang sampeyan pikirkan, segera sampeyan tulis di blog sampeyan, jangan takut salah karena tidak akan ada yang menyalahkan selama tulisan sampeyan tidak mengganggu publik, semua tulis dulu lha nanti sebelum tulisan di publish sebaiknya di review direvisi dulu kira-kira kata mana yang perlu dibenahi. Kalau kita pengin memulai nulis di blog menunggu kita punya ide yang bagus yang runtut kata-katanya, trus takut salah, takut diketawain orang, ya akhirnya sampeyan gak akan bakal kesampaian nulis di blog. jadi intinya jangan takut untuk mulai menulis di blog, daripada sampeyan hanya nulis status curhat di FB dan media social media lainnya dan hanya dilihat sekejap dikomentari trus setelah itu hilang tertimbun dengan status yang lain, kan alangkah lebih bagus jika tulisan kita diabadikan dirangkai dituangkan dalam sebuah blog yang mungkin suatu saat akan lebih berguna bagi anda sendiri dan orang lain. jadi pada intinya gak banyak tips untuk memulai menulis di blog.

Tips yang paling penting hanya 'Segeralah action untuk memulai sebelum anda menyesal, karena banyak yang menyesal kenapa tidak dari dulu ya saya ngeblog dan mendalami blog? seperti yang saya alami karena ternyata banyak banget manfaatnya ngeblog, baik dari segi kepuasan batin maupun dari segi monetize alias penghasilan tambahan dari kegiatan ngeblog yang telah menjadi sebuah mesin pengeruk rupiah baru, bahkan banyak blogger-blogger yang sudah mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka diatas standar layak cuma dari hasil kegiatan ngeblog. Ngeblog menciptakan enterpreneur-enterprenuer baru yang independent dan mampu bersaing di dunia maya dan dunia nyata sehingga akan mengurangi pengangguran. para blogpreneur telah banyak yang membuktikannya dan sekarang giliran sampeyan dan saya untuk mengikuti mereka yang telah maju lebih dulu. Peranan blogger dalam menyebarluaskan pengetahuan, berita dan meluruskan permasalahan yang salah pun sudah banyak yang mengakui. meskipun mungkin ada juga oknum-oknum blogger yang menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku tapi tidak semua blogger seperti itu.

Jadi, jika anda mempunyai niat untuk menulis di blog, mulailah dengan membuat blog. membuat blog itu mudah dan mayoritas gratis tidak perlu beli, maka Segeralah menuliskan ide dan buah pikiran anda di blog, jangan takut salah, jangan takut diketawain orang, karena dengan sering berlatih menuliskan menuangkan ide anda di postingan blog maka tulisan sampeyan nanti akan semakin bagus dengan sendirinya. Kalau kita punya niat yang kuat dan usaha yang gigih, Sukses pasti bisa, karena yang lain bisa kenapa kita tidak bisa? Demikian sedikit Tips memulai menulis di blog semoga ada manfaatnya :)

>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini

Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips