News Update :
Home » , , » Cara membesarkan anak ayam kampung

Cara membesarkan anak ayam kampung

Cara membesarkan anak ayam kampung -Ayam kampung memiliki daging yang lebih enak di banding ayam potong, sehingga banyak warung soto, warung ayam bakar, restoran lebih dominan menggunakan ayam kampung sebagai bahan bakunya. Namun untuk mencukupi kebutuhan konsumsi ayam kampung diperlukan budidaya ayam kampung dimana diperlukan teknik atau cara yang tepat untuk membesarkan anak ayam kampung dengan lebih cepat.

membesarkan ayam kampung
ilustrasi: ayamfarmbest.blogspot.com
Ada beberapa tips atau cara membesarkan anak ayam kampung dengan lebih cepat yang bisa kita lakukan :

  1. bibit ayam kampung sangat menentukan, maka pilihlah bibit anak ayam kampung yang berkualitas dari indukan yang besar pula sehingga pertumbuhan ayam mudah dipacu
  2. Kandang yang digunakan untuk membesarkan ayam dengan kandang system umbaran dengan alas tanah bukan system kandang baterai di kurung di kandang bertingkat, karena anak ayam akan lebih sehat dan buatlah tangkringan untuk anak ayam supaya mereka bisa loncat-loncat untuk melatih otot ayam
  3. Menu ransom dengan rekayasa khusus merupakan cara yang cukup penting agar anak ayam cepat besar. Anak ayam memerlukan protein tinggi supaya cepat besar. Kita bisa menggunakan BR 1 atau makanan yang amis-amis seperti ikan, yuyu, keong, tepung ikan. 
  4. Rekayasa ransom makan anak ayam disesuaikan dengan umur anak ayam tersebut :
  • umur 0 – 25 hari, anak ayam umur segini perlu mendapat penerangan lampu full dan menu BR 1 nya 100%, pada air minumnya kasih sayuran missal daun papaya, atau umbi jamu supaya nafsu makannya kuat dan terhidar dari cacing.
  • umur 25 hr – 2 bulan dengan komposisi menu makan 30 % BR 1 : 30 % jagung giling halus : 40 % dedak padi halus. Penerangan lampu sudah bisa dikurangi 
  • umur 2 bulan keatas menggunakan komposisi 20 % konsentrat daging : 30 % jagung : 40 % dedak padi : 5 – 10 % sayuran. (konsentrat bisa diganti tepung ikan/amis-amisan).

Untuk menu makan dan minum ayam kampung anda bisa menambahkan sayuran untuk suplemen vitamin, mineral atau serat seperti daun pepaya, daun singkong, daun temu ireng, singkong, talas maupun ubi. Supaya lebih mudah dicerna sebaiknya sayuran dan jamu-jamuan serta makanan ransom modifikasi tersebut dirajang kecil kecil. Yang penting juga adalah ransom makan jangan sampai telat, harus teratur supaya pertumbuhan anak ayam cepat dan sehat

Anda bisa memodifikasi komposisi menu ransom makan ayam kampung tersebut sesuai dengan selera anda tetepai yang paling pentin juga yang perlu diperhatikan adalah perlunya protein yang sebaiknya ditambahkan karena protein akan sangat penting perannya untuk membantu dalam usaha membesarkan anak ayam kampung. Pakan dari pabrik full menurut saya kurang bagus karena akan berimbas pada kualitas daging ayam kampung nantinya yang lembek dan citarasanya krang enak.

Demikian beberapa cara membesarkan anak ayam kampung agar tumbuh lebih cepat dan bisa segera dipanen


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger