Peringatan Hari lahir Pancasila

Hari ini tanggal 1 juni 2011 bertepatan dengan hari gajian para PNS dan pegawai BUMN dan sebagian pegawai Swasta, bertepatan pula dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai Dasar Negara dan Falsafah hidup bangsa indonesia saat ini dirasakan semakin pudar penerapannya dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila sekarang ini seakan-akan hanya di pakai sebagai simbol negara saja. Berbeda ketika saya masih kecil usia sekolah dulu.. setidaknya Pancasila masih dijadikan mata pelajaran dan menjadi salah satu pelajaran utama waktu itu.

Pancasila sekarang ini saya rasakan seperti kehilangan Ruh. Kalau waktu-waktu dulu ada pendidikan P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dengan 45 butir pengamalan sila-silanya bisa kita hafal dan diwajibkan untuk dihafalkan oleh setiap murid. Lha kalau sekarang.. boro-boro hafal 45 butir-butir P4 nya, Sila-sila Pancasila nya saja tidak semua orang hafal.. Parah kan???

Dampak dari berkurangnya pendidikan berbasis moral yang berlandaskan Pancasila ini membuat Moral bangsa ini semakin hancur.. Kita bisa melihat kan para generasi muda kita, pejabat-pejabat kita Moralnya seperti apa.. Bahkan mengakui kebudayaannya sendiri dan menggunakan kebudayaannya sendiri sudah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh para muda kita. Kehidupan ala barat dan cenderung selalu menuntut kebebasan tanpa mau mendapat kekangan dan sulit mentaati aturan menjadi suatu tradisi baru yang merongrong nilai-nilai Pancasila.

Tragis memang,, memang tidak semua generasi kita separah itu, masih ada juga generasi kita yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan berbagai prestasi yang mereka raih.. Dan kita berharap kepada generasi seperti ini yang nantinya mampu tetap mengharumkan nama dan harkat bangsa indonesia.

Dalam Peringatan Hari jadi pancasila ini diharapkan semua lapisan masyarakat yang selama ini mulai melupakan falsafah hidup dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, mulai ingat kembali dan mari kita mencoba menata kembali kehidupan berbangsa kita sehingga Bangsa ini semakin maju dalam pembangunan maupun Moral akhlaknya.. amiin

Bravo Indonesiaku !!!

Post a Comment

0 Comments