Latest News

Cara memilih hewan kurban yang sehat

Cara memilih hewan kurban yang sehat akan kita bahas kali ini karena idul kurban akan segera kita jumpai untuk tahun ini. Hewan kurban yang sehat sebaiknya yang dipilih untuk disembelih di idul kurban karena ternyata tidak sedikit hewan kurban yang sudah disembelih ternyata mengidap penyakit misalnya cacing hati, dll. Hewan kurban yang sehat sebenarnya bisa kita kenali dari pengamatan secara langsung terhadap hewan kurban itu sendiri, misalnya untuk kambing yang akan kita sembelih sebagai hewan kurban yang sehat cara mengetahuinya sebagai berikut,

Cara memilih hewan kurban yang sehat dengan memperhatikan ciri-ciri pada hewan kurban yang memiliki :
* Bulu hewan kurban terlihat mengkilat,
* Hewan kurban terlihat lincah
* Badan hewan kurban harus berisi atau tidak kurus,
* Alat kelamin hewan kurban tidak boleh selir (berat sebelah),
* Hewan kurban tidak menderita penyakit scabies dan tidak pincang,
* Kondisi tubuh hewan normal,
* Liur tidak berlebihan
* Suhu badan hewan normal.
* Mata hewan kurban tidak berbelek (banyak kotoran mata) atau harus bercahaya dan jernih,

ciri hewan kurban yang sehat
Sedangkan secara persyaratan dari segi agama, untuk jenis kelamin hewan kurban pilih yang jantan, untuk usia hewan kurban minimal satu tahun untuk kambing dan domba, minimal dua tahun untuk sapi dan kerbau, serta minimal 5 tahun untuk unta.

Hewan harus diistirahatkan terlebih dulu sebelum disembelih, supaya darahnya tidak membeku, tujuan mengistirahatkan hewan kurban berguna agar pada saat hewan disembelih semua darah bisa keluar dari tubuhnya.

Setelah hewan kurban disembelih pastikan juga organ-organ seperti hati, paru, ususnya dan tubuhnya sehat, bebas penyakit dan bebas cacing. Mengenai cara mengetahui hewan kurban terkena cacing hati atau tidak bisa di baca di cara mengetahui hewan kurban yang terkena cacing hati.

Semoga info sederhana mengenai cara memilih hewan kurban yang sehat ini berguna bagi kita yang sebentar lagi akan menyelenggarakan idul kurban di tahun ini.


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips