Latest News

Mudik vs urbanisasi

Lebaran tahun ini telah lewat, saatnya kembali menjalankan aktivitas seperti hari-hari biasa. Orang kota kembali ke kotanya masing-masing, namun ada juga orang desa yang malah ikut-ikutan ke kota atau lebih kerennya urbanisasi. Meski banyak aturan telah dibuat, namun urbanisasi sulit sekali di bendung, apalagi urbanisasi ke jakarta. Pemda DKI sendiri mengalami kesulitan untuk mengatasi problem ini.

Seandainya saja lapangan kerja telah merata di desa maupun kota, mungkin urbanisasi akan berkurang, namun karena pembangunan hingga saat ini masih lebih difokuskan di perkotaan, maka banyak tenaga kerja yang terserap ke kota dan menjadi idola para kaum urban. Kemudahan mendapatkan lowongan kerja menjadi daya tarik yang bagi para kaum urban meskipun pada kenyataannya tidak semudah angan-angan mereka. Tidak ada pekerjaan yang mudah, semua harus dengan kerja keras tanpa kenal menyerah.

Tidak sedikit urbanisasi mencetak para gelandangan dan pengemis baru di kota jakarta. Tidak sedikit mereka hidup sengsara di tengah-tengah ibukota. Seandainya saja kita bisa berpikir jernih dan mempunyai kekuatan lebih untuk menciptakan peluang kerja di kampung halaman, maka urbanisasi akan bisa dikurangi. Tapi pertanyaannya, seberapa besar kemauan dan upaya kita untuk mewujudkannya?

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips