Latest News

Tips merawat busi

Tips merawat busi - Busi pada motor, mobil ataupun diesel peranannya sangat penting. JIka busi bermasalah maka motor, mobil anda tak akan bisa jalan normal dan tidak nyaman untuk dikendarai, bisa – bisa malah mogok dijalan. Mengingat pentingnya peranan busi tersebut maka kita sebagai pengguna kendaraan bermotor harus tahu tips merawat busi agar kendaraan kita tidak mogok dijalan. Bisa anda bayangkan ketika kendaraan sedang sangat anda butuhkan ternyata malah mogok dijalan hanya karena busi yang mau mati.

Tanda – tanda busi yang aus akan mati
Ada beberapa cara untuk mengenali busi motor atau mobil yang aus akan mati. Yang pertama bisa didengar dari suara yang keluar dari knalpot motor atau mobil anda. Busi yang akan mati akan mengeluarkan suara letupan yang tidak teratur alias njedot njedot. Kedua dari percikan api yang ditimbulkan busi. Jika percikan api yang ditimbulkan busi sudah tidak memusat di tengah dan atau percikannya redup, maka sebaiknya anda segera ganti busi anda.

Tips merawat busi
Selanjutnya untuk kenyamanan berkendara serta akan akselerasi mesin kendaraan stabil, maka busi perlu dirawat secara berkala paling minimal ketika anda servis ke bengkel. Tapi akan lebih baik jika secara berkala anda buka sendiri kemudian anda bersihkan sendiri kepala busi motor atau mobil anda. Atur kerenggangan gap nya, kalau standarnya biasanya 0,6 mm. O iya sebaiknya anda perhatian kabel dari koil ke busi, pastikan tidak ada yang bocor karena itu sangat mengganggu ketika terkena air hujan pasti motor akan macet. Pastikan kabel rapat dan tidak bocor. Bisa anda gunakan sealer anti air untuk melindungi kabel busi anda.

Cara membersihkan busi
Buka busi dari mesin anda dengan menggunakan kunci busi. Bersihkan bagian kepalanya dan bagian tengahnya dari berbagai kotoran yang menempel di kepala busi anda. Gunakan bensin dan sikat untuk mempermudah kerja anda membersihkan busi. Bisa juga dengan menggunakan air accu atau air raksa (tapi hati hati kalau menggunakan cairan ini). Atau bisa juga menggunakan cairan carburetor cleaner

tips merawat busi
Tips merawat busi selanjutnya adalah cobalah untuk mengganti busi anda dengan busi yang baru setiap 8.000 km. ini akan mempermudah anda dan mengantisipasi mogok dijalan. Memang sih nggak jaminan meski dah ganti busi baru, karena sekarang ini banyak sekali busi bajakan yang kualitasnya jelek. Maka kita harus pinter pinter dalam memilih busi. Lebih baik jika kita menggunakan busi yang direkomendasikan oleh pabrik motor atau mobil anda.

Nah,, itu beberapa tips merawat busi dan semoga tips sederhana ini berguna. Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dan tips dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips