Kapan gigi bayi seharusnya tumbuh ?

Kapan seharusnya gigi bayi keluar?

Bagaimana jika tidak keluar2?

Bagaimana jika keluar lebih awal daripada rata2 bayi lain?

Apa yang harus dilakukan?

Apa sebabnya?

Adakah pengaruh makanan ibu ketika hamil?

Kurang atau kelebihan kalsium?

Begini… begitu.. bukan saja pertanyaan tentang gigi, tapi semua.. semua hal yang berhubungan dengan bayi kita selalu membuat ibunya khawatir. Iyaaaa kan..., ngaku deh

Ini contoh posisi tumbuh gigi bayi


Setelah baca2:Rata2 tumbuh gigi adalah sekitar: 5-7 bulan. Ada yang lebih awal, ada yang harus menunggu sampe 18 bulan. Aku pernah baca ada yang 3 bulan udah tumbuh gigi.



Umumnya tumbuh yang bawah dulu. Biasanya girls lebih cepat daripada boys.

Namun nih, bagi keterlambatan secara keseluruhan bisa juga disebabkan masalah nutrisi.
Delayed eruption of all teeth may be the result of a nutritional problem, such as rickets, or a systemic condition, such as hypopituitarism or hypothyroidism.

Kesimpulannya:
1. Rickets bisa menyebabkan keterlambatan tumbuh gigi
2. Cepat/lambat kalau masih dalam range 4-18 bulan dan sekitarnya ya ga masalah
3. Yang pasti, semakin cepat tumbuh gigi, harus semakin awal belajar gosok gigi eh tapi ya, gosok gigi harus dibiasakan sejak awal, misalnya sejak 3 bulan, ketika bayi sudah memasukan barang ke mulut, sejak menggigit2, karena jika nunggu tumbuh gigi, keburu ngerti, keburu ga mau ada barang asing yang tidak disukai masuk mulut. keburu tidak menyukai ritual sikat gigi. Dibiasakan sejak dia belum ngerti.
4. Untuk merangsang tumbuh gigi, sejak makan solid, kasih bayi makanan yang agak keras atau jangan lembek2 amat gitu.
5. Semakin cepat tumbuh gigi, semakin sering emaknya digigit kalo mimi
Lambat? cepat? ah.. paling beda beberapa bulan. Kecuali kalau sampe usia 18 bulan belum tumbuh gigi, baru deh konsultasi.rickets artinya kurang calsium atau vit D atau asupan sinar matahari sehingga kalsium tidak dicerna tubuh. pengaruh rickets pada infant selain pada keterlambatan gigi juga pada keterlambatan duduk, merangkak, rolling, kurang tidur dan lain2.

Fakta lain tentang milk teeth atau gigi susu:1. Sudah terbentuk sejak kehamilan 4 bulan2. Pas lahir sudah dipersiapkan3. tumbuh sampai usia 3 tahun4. semakin lama/tidak copotnya, semakin bagus

Bayi di bawah 2 tahun dianjurkan tidak minum air botol yang fluoride added. Bahkan kalau perlu, tap waternya diperiksa ke lab.

Fluoride memang perlu untuk mencegah decay. Namun, penimbunan fluoride akibat kebanyakan malah berefek tidak bagus. Kebutuhan fluoride tidak penting lagi pas masuk ke gigi permanen.

Post a Comment

0 Comments