perkembangan gerak/motorik bayi 7-9 bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 7-9 bulan
Di bulan ke-7 ini bayi mulai senang mengangkat dan menurunkan bokongserta punggungnya. Ketrampilan kakinya juga ditunjukkan olehnya,misalnya saat ia diberdirikan di pangkuan kita si kecil pasti akanmeloncat-loncat gembira menggoyang-goyangkan kedua kakinya.
Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dariorang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesotsepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si kecil senang“berjalan” kesana kemari.

Selain itu otot punggung dan bahu si kecil sudah semakin terkontrol.Oleh karena itu ia kini bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari keduaorangtuanya. Selain duduk tanpa dibantu anak usia 8 bulan juga mulaidapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri. Dengan latihan berdiriini si kecil sebetulnya melatih perkembangan otot kakinya. Ia jadisenang menggoyang-goyangkan tubuhnya ke depan dan ke belakang. Kekuatanotonya ini akan membantunya merangkak dengan cepat.

Tahap selanjutnya, bayi akan berlatih berdiri dengan kedua tangannyabertumpu pada kursi, meja atau perabot rumah tangga lainnya yg dapatmenahan berat badannya. Lihatlah ketika ia tengkurap atau merangkak,kedua tangannya akan berusaha memegang meja atau kursi kecil. Lalusambil berpegangan, secara perlahan ia akan mengangkat tubuhnya untukberdiri. Dari berdiri ia pun kini dapat duduk sendiri tanpa bantuan.

Tahap selanjutnya adalah merambat. Jika ia sudha pandai berdiri sambilberpegangan, kedua tangan yg bertumpu akan bergeser ke samping, diikutioleh kakinya. Tetapi di usia ke-8 bulan ini si kecil belum mampu untukduduk kembali tanpa bantuan. Karena itu jangan membiarkan si kecil tanpapengawasan.

Di usia 9 bulan kepandaian si kecil dalam belajar berjalan sudah semakinpintar. Jika anda memegang kedua tangannya ia akan berlatih menapakkanserta melangkahkan kedua kakinya. Pada saat ini si kecil semakin giatmelatih oto-otot kakinya sehingga dapat cepat berjalan. Seiring denganlatihan jalannya bayi juga semakin “aksi” memperlihatkan kepandaianmerangkak yg sudah ditunjukkan di usianya yg ke-8.

Perkembangan Gerakan:

Bila digendong dan diberdirikan dipangkuan anda, bayi akanmeloncat-loncat.
Senang mengakat dan menurunkan bokong serta punggungnya Sering-seringlah ia diberdirikan di pangkuan anda. Jangan takut tungkainya akan bengkokatau patah karena sebetulnya ia sedang melatih kekuatan kakinya untuk menahan berat badannyaBayi sudah dapat berdiri dengan kedua tangannya berpegangan pada meja atau kursi, lalu menggeser kakinya satu persatu ke arah samping. Pegang kedua pinggang bayi dan gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri untuk melatihnya berdiri

Merangkak.
Latihlah merangkak dengan meletakkan bayi di ruangan yg luas (danbersih) yg memungkinkan si kecil berjalan merangkak kesana kemari.Letakkan mainan, misalnya bola, dan mainkan bola tersebut agar si keciltertarik untuk mengambilnya. Si kecil akan berusaha mendapatkan bolatersebut dengan cara merangkak. Jika ia sudah mendapatkannya beri pujiandan katakan bahwa ia pintar. Tetapi tetap awasi, mungkin di sekitarrurangan ada benda-benda yg berbahaya, seperti stop kontak.

Bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya.
Dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiriSelain duduk tanpa dibantu, anak usia 8 bulan dapat menarik tubuhnya ke dalam posisiberdiri Beri meja atau bangku yang rendah
Si kecil mulai belajar berjalan Sering-seringlah melatih si kecil jalan dengan cara memegang kedua tangannya lalu biarkan ia melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah dan bimbing ke suatu tempat.

Beri ciuman pada pipi si kecil bila ia berhasil sampai di “tempat tujuan” agar lebih bersemangat lagi berlatih jalan

Post a Comment

0 Comments