Latest News

Cara Membuat Tag Clouds

Dulu Ketika mengunjungi seorang teman blogger, saya terus terag terkesima dengan sebuah tampilan Tag Cloud yang mana tampilannya seperti tulisan melayang – layang dan terus berputar apabila kursor diarahkan, pokoknya flash banget gitu…Kemudian saya berpikir, bagaimana cara membuatnya ?. Informasi yang saya dapatkan bahwa Tag Cloud tersebut hanya dapat dibuat di blog yang berbasis wordpress. Namun saya bertanya kembali “Apakah bisa dibuat di Blogger ?”

Trus, kemudian saya mencari informasi tentang Tag Cloud ini, sampai akhirnya tibalah saya di blog Bang Suriyadi. Kebetulan disana saya menemukan apa yang selama ini dicari – cari yaitu cara membuat Tag Cloud ala FLASH.

Nah, untuk kemudahan kawan – kawan yang ingin mencobanya, saya berusaha mencobanya sendiri dan akhirnya berhasil sekarang saya coba postingkan untuk kawan-kawan semua.

Supaya tidak kepanjangan basa – basinya ntar malah jadi basi, langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini :

-Masuk ke account blogger anda
-Kemudian pada kontrol panel masuk kebagian Tata Letak
-Kemudian buatlah sebuah label baru dengan menekan Tambah Gadget lalu Label, terserah labelnya mau dikasih nama apa saja. Namun sebagai catatan, apapun nama label yang dimasukkan harus diingat. Disini saya mengganti nama label tersebut dengan labelku.
-Setelah sudah, simpan label tersebut dan silakan tentukan sendiri letak yang pas buat tampilan Tag Cloud itu nantinya kemudian Save template anda.
-Kalau sudah disimpan, sekarang kita menuju ke Edit HTML lalu beri tanda cek pada Expant Template Widget. "Pentinggg!!! : untuk lebih amannya silakan template anda backup dulu supaya kalau terjadi error template anda masih bisa dikembalikan seperti semula".

-Langkah selanjutnya adalah:
Cari kode ini :

Kalau sudah ditemukan copy – paste kode dibawah ini tepat berada dibawah kode tersebut diatas.


Default Tag Cloud tersebut berukuran 240 x 300 px dengan warna tulisan tag adalah hitam. Untuk menyesuaikan ukuran tersebut dengan desain blog anda silakan di edit pada bagian yang terlihat dibawah ini


Sedangkan kalau ingin merubah background silakan edit pada bagian dibawah ini


Dan kalau ingin merubah besar huruf yang ditampilkan silakan edit pada bagian seperti dibawah ini


Nah, sekarang anda lihat hasil pekerjaan anda..tidak susah kan..

Selamat mencoba

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips