News Update :
Home » » Cara Mencegah pencurian

Cara Mencegah pencurian

Mencegah pencurian akan lebih baik daripada ketika kita mengalami kecurian, tapi tidak semua orang bisa melakukan pencegahan antisipasi akan terjadinya pencurian. Sebenernya bukannya kita atau anda tidak bisa mencegah tetapi karena sifat manusia yang kadang lupa dan teledor dengan berbagai kegiatan aktivitas lain maka menjadi suatu kesalahan cukup fatal ketika telah terjadi pencurian yang ternyata menimpa kita dan penyesalan pun menjadi hasil akhir yang kita tuai. Mencegah pencurian bisa kita lakukan dengan cara-cara sederhana dan mudah yang penting kita punya niat dan usaha untuk mengamankan, diantaranya :

1. Bagi anda yang mempunyai mobil dan sering membawa bawaan berupa tas, hape, laptop dan barang berharga yang lain didalam mobil, cara mencegah pencurian terhadap barang bawaan anda di dalam mobil dengan tidak meninggalkan tas didalam mobil ketika mobil anda parkirkan. Sudah banyak kejadian kejahatan dengan memecah kaca mobil hanya karena si pencuri/perampok melihat tas yang diletakkan di dalam mobil ketika dalam posisi terparkir. Ini dari pengalaman teman saya yang pernah mengalami hal serupa meskipun tasnya tidak berisi barang yang terlalu berharga tetapi kaca mobil terlanjur pecah dan tasnya lenyap. Pastikan mobil di parkir di tempat yang aman dan dalam keadaan terkunci dan diberi tambahan kunci pengaman.

2. Bagi anda yang punya motor, hati-hati ketika parkir motor, pastikan motor anda aman di parkiran dengan memilih tempat parkir yang bener-bener resmi ada penjaganya dengan kondisi terkunci ( syukur-syukur kalo di kasih kunci rahasia dan kunci pengaman ),serta helm juga terkunci di motor.

3. Bagi anda yang kerja kantoran, tips sederhana untuk mencegah pencurian adalah dengan menyimpan barang berharga anda ke dalam tempat yang anda anggap aman, misalnya di lemari atau membuat tempat tersembunyi untuk meletakkan barang2 anda. Atau bisa juga ketika anda pergi dari ruangan kerja anda tanpa ada teman di sekitar ruangan anda sebaiknya ruangan dikunci untuk mengantisipasi terjadinya pencurian di ruang kerja anda. Hal ini juga sering dialami para korban yang dah beberapa kali terjadi juga di kantor saya bekerja (untungnya tidak menimpa saya, dan semoga tidak pernah mengalami). Kasus yang terjadi di kantor saya dah beberapa pejabat yang mengalami hal ini. Beliau merasa aman meninggalkan ruang kerjanya yang cukup sepi dalam keadaan terbuka dan meletakkan barang didalam tas di ruang kerjanya. Namun yang terjadi tas digondol pencuri di siang bolong dimana banyak orang berada di komplek perkantoran tersebut tetapi karena mungkin kesibukan masing-masing sehingga tidak menyadari ada pencuri yang masuk dan menggasak barang-barang yang terletak di tas ruang kerja. kekacauan pun terjadi setelah si empunya ruangan kembali ke ruangan dan tidak mendapati tas-nya

Pernah terjadi juga pada teman saya yang waktu itu meninggalkan Laptopnya di meja kerja yang cukup luas karena ruangan tersebut terbuka digunakan banyak guru,ketika di tinggal sholat nduhur laptop dan modemnya dah tidak di tempat lagi dibawa pencuri dan tidak ada temen-temennya yang tahu.

4. Bagi anda yang punya rumah, pastikan rumah terkunci sebelum anda tinggal pergi ke kantor atau aktivitas kerja yang jauh dari rumah. Atau kalau rumah ditinggal keluar kota usahakan anda titipkan ke tetangga sebelah.

5. Bagi anda yang punya pacar, kalau tidak ingin pacarnya di curi orang sebaiknya anda perhatian sama pacar anda dan selalu membina komunikasi dua arah sehingga jalinan cinta anda tetap aman .. he he

6. Banyak berdoa dan beramal sholeh sedekah dan lain-lain karena sedekah bisa menjadi tolak balak terhadap hal hal buruk yang akan menimpa kita dan keluarga. Banyak sedekah, sodaqoh, infak.. insya Allah hidup kita tentram dan jauh dari gangguan orang jahat, Semoga.

Cara mencegah pencurian yang paling ampuh adalah dari diri kita sendiri, artinya adalah kita harus lebih waspada, bisa mengantisipasi dan memprediksikan kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin saja bisa terjadi kemudian melakukan tindakan antisipasi semaksimal mungkin. Di setiap saat dan di setiap situasi aktivitas, kewaspadaan perlu dilakukan. Namun kalau toh kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah pencurian tetapi masih kecolongan juga mungkin kita harus lebih instrospeksi lagi dan setidaknya kita telah berusaha maksimal untuk mengamankan barang kita.

Seperti kata bang napi di salah satu acara televisi swasta bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena adanya niat pelaku semata tetapi juga karena adanya kesempatan. Maka waspadalah !!!

<------------------------------------------------------------------------------>

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini

Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger