News Update :
Home » » Manfaat madu bagi manusia

Manfaat madu bagi manusia

Manfaat Madu sudah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Mungkin baru beberapa orang saja yang memahami benar berbagai manfaat madu, dan dengan membaca tulisan di blog ini semoga menambah wawasan kita semua mengenai manfaat madu yang belum anda ketahui selama ini. Karena madu sebagai hasil kerja dari lebah mempunyai manfaat yang luar biasa bagi manusia yang ternyata bisa juga untuk mengobati penyakit tertentu, namun disamping itu madu juga mempunyai bahaya yang sebaiknya tidak kita konsumsikan kepada orang-orang tertentu yang rentan terhadap madu.

Seperti kita ketahui, benda cair dan rasanya manis ini mempunyai manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan manusia. Karena manfaat madu yang luar biasa tersebut maka sekarang madu banyak dibudidayakan oleh para peternak lebah madu. caranya bisa dengan membuatkan tempat khusus bagi lebah-lebah yang diletakkan di tempat tertentu yang sedang musim bunga. Ada juga yang hanya ditempatkan di sekitar rumah tinggal dengan membuat tempat yang sama sekali belum diisi dengan lebah yang dibudidayakan. Biasanya hal ini dilakukan bukan untuk produksi masal madu lebah dan hanya bersifat perseorangan yang ingin mendapatkan madu dari lebah yang ada disekitar rumah tinggalnya. Namun kualitas madu yang dihasilkan dari lebah yang dibudidayakan dengan lebah yang didapatkan secara liar sangat berbeda.

Perbedaan kualitas madu lebah ini juga berpengaruh terhadap khasiat dan manfaat madu lebah bagi kesehatan. Karena tidak sedikit lebah yang dibudidayakan dengan menggunakan kotak kotak kayu tersebut diberikan makan dari gula secara teratur disamping mereka mencari serbuk sari dari buga disekitarnya. Mungkin makanan inilah yang mempengaruhi kualitasnya. Dan faktor yang lain adalah dari jenis lebahnya, karena ada jenis lebbah madu biasa dan lebah lanceng serta berbagai jenis lebah lain yang juga bisa dipanen madunya. namun yang paling mudah dibudidayakan adalah lebah madu biasa.

Kembali lagi ke manfaat madu bagi kehidupan manusia. Ternyata mengkonsumsi dengan ukuran yang wajar, madu murni tanpa campuran mempunyai manfaat sebagai berikut ini :
1. madu bagus untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih
2. madu berfungsi juga membuka simbul simbul pembuluh darah dan kotoran dalam darah
3. madu bisa juga berfungsi untuk menjaga dan menyehatkan gigi
4. kalau dipakai unutk menyikat gigi bisa membuat gigi putih dan mengkilat
5. madu seabagai celak mata, akan lebih menajamkan pandangan mata
6. madu berfungsi juga untuk memanjangkan, melembutkan dan menghitamkan rambut
7. madu untuk membasmi kutu dan ketombe pada rambut
8. Bisa juga untuk membalsem mayat sehingga lebih aman
9. madu untuk merendam buah-buahan bisa bertahan 6 bulan (sbg pengawet alami)
10. Sebongkah daging segar yg direndam dalam madu akan tahan slm 3 bulan
11. Madu bagus untuk menjaga stamina pria wanita dan anak-anak.
12. Madu bagus untuk mengoati batuk berdahak
13. Madu untuk memperlancar buang air kecil
14. Madu dapat membersihkan dan menjaga kesehatan lever
15. Madu dapat menghilangkan rasa obat di mulut yang tidak enak
16. Dapat untuk mengawetkan pasta
17. Madu dapat menjaga kelembababn tubuh dengan dikonsumsi atau dioleskan di tubuh
18. Madu tidak berbahaya bagi ara penderita lever (madu murni)
19. Menjaga stabilitas kesehatan tubuh dan meningkatkan daya imun(kekebalan) tubuh.
20. Madu diminum dengan air putih biasa bisa untuk mengobati gigitan anjing rabies dan keracunan jamur

Ternyata cukup banyak manfaat madu yang telah saya sampaikan, tentunya masih banyak manfaat madu yang belum terungkap melalui postingan saya tersebut dan anda bisa saja menambahkannya di kolom komentar blog jatger ini supaya masyarakat umum semakin mengetahui berbagai manfaat madu bagi kesehatan manusia pada khususnya.

Pernah juga saya membaca info bahwa ternyata madu tidak boleh diberikan kepada anak dibawah 1 tahun karena akan berakibat kelumpuhan. Ada zat yang sisebut Clostridium Botulinum atau Botulinum Toxin dalam madu yang ternyata memiliki efek yang berpotensi merusak tubuh anak di usia bayi (dibawah satu tahun). Senyawa tersebut dapat melumpuhkan otot-otot dan juga mempunyai efek botoks menghilangkan kerutan di wajah. Karena Anak usia satu tahun ke bawah belum memiliki kemampuan yang baik untuk merespons senyawa ini sehingga dapat menyebabkan kejang otot, seperti otot paru-paru. Maka sangat dianjurkan lebih berhati - hati untuk tidak memberikan madu ke bayi dibawah 1 tahun dan akan lebih bagus diberikan pada anak diatas usia 2 tahun karena anak sudah memiliki kekebalan tubuh.

nah, dari ulasan sederhana ini kita sudah tahu apa manfaat madu bagi manusia dan ap bahaya madu bagi manusia terutama bayi. Kiranya kita bisa berlaku bijak dalam mengkonsumsi sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh kita dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan karena meskipun sebenarnya jenis makanan tersebut bermanfaat seperti manfaat madu tersebut diatas, tetapi kalau cara mengkonsumsinya salah dan berlebihan juga akan mengakibatkan bahaya yang membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Semoga bermanfaat.

<------------------------------------------------------------------------------> Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini
Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger