Dampak akses internet lemot terhadap kesehatan

Dampak akses jaringan internet yang lemot terhadap kesehatan. Indonesia mempunyai pemakain internet yang cukup besar. Di negeri ini jaringan operator Provider pun cukup banyak baik dari segmen GSM maupun CDMA. Namun jaringan GSM seperti yang dimiliki Telkomsel,3, XL, dll serta CDMA seperti dari Smartfren, dll hingga saat ini belum bisa terlalu diandalkan terutama di daerah yang jauh dari jangkauan BTS provider. Alhasil koneksi lemot bikin pegel dan emosi pun banyak dialami para pengguna internet di daerah-daerah pelosok meskipun mereka juga telah membayar tariff yang sama dengan yang di perkotaan.

Jaringan internet lemot yang dirasakan para pengguna internet di Indonesia saat ini sebenarnya telah dirasakan sejak lama semenjak internet bisa di akses di negeri ini. Para penyedia jaringan internet pun hingga saat ini masih sebatas iklan saja. Dalam iklan mereka nyatakan bahwa dengan langganan sekian ribu per bulan akan mendapatkan kecepatan internet sekian.. tapi nyatanya di lapangan kecepatan internet yang kita dapatkan tidak sesuai dengan tulisan yang mereka iklankan.

Lagi-lagi konsumen yang menjadi korban iklan para penyedia jaringan internet. Mereka hanya menggembar gemborkan iklan dan bualan namun tidak diikuti dengan pengembangan sarana yang memadai di daerah. Koneksi internet lemot yang selama ini kita rasakan, kalau kita perhatian dengan seksama ternyata mempunyai pengaruh buruk terhadap kesehatan kita, yukk kita coba ulas.

Pertama, dampak akses jaringan internet yang lemot bagi kesehatan tubuh yaitu akan membuat badan pegel, mata pedes, kepala pusing dan pantat panas hanya karena kita menunggu akses yang lemot tersebut. misalnya membuka sebuah web memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat membuka full web tersebut dengan jaringan internet yang kita punyai. Badan pegel, mata perih, pantat panas karena terlalu lama duduk dan hasil yang diperoleh tidak sebanding sangat meerugikan kesehatan kita

Kedua, Dampak akses jaringan internet yang lemot bagi kesehatan jiwa dapat memacu timbulnya emosi karena menunggu loading web yang lama dan kadangkala terhenti. Emosi menjadi lebih besar hanya karena ditimbulkan oleh koneksi jaringan internet yang lemot/lambat.

Ketiga, Dampak akses jaringan internet yang lemot bagi kesehatan dompet kita, misalnya kita ke warnet dan mendapati koneksi yang lemot hanya untuk mencari informasi yang kita butuhkan namun dalam pencarian informasi tersebut tidak kunjung terbuka maka akan membuat waktu pencarian kita semakin lama di iwarnet tersebut dan semakin memperbesar biaya kita di warnet.

Keempat, Dapak akses jaringan internet yang lemot bagi efektifitas waktu. Jaringan yang lemot akan memerlukan semakin banyak waktu. Semakin banyak waktu yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk hal yang berguna terbuang sia-sia hanya dengan duduk memandangi loading internet yang lemot.

Dari beberapa pengaruh dampak buruk yang ditimbulkan akibat koneksi internet yang lambat dan lemot tersebut ada beberapa solusi yang kadang kala bisa dibilang konyol dan bisa juga bisa menjadi solusi yang tepat misalnya

Pertama, Bagi para pengguna Jaringan internet via wireless mungkin memerlukan tambahan biaya lagi bagi anda misalnya dengan membeli antenna penerima internal/eksternal. Penggunaan antenna seperti ini katanya bisa memperkuat sinyal jaringan internet anda meskipun tidak selalu terjamin kebenarannya.

Kedua, kita pindah tempat ke perkotaan yang dekat dengan jaringan internet ha ha hanya untuk bisa menikmati layanan internet yang agak bagusan dikit karena di daerah pelosok biasanya para pengguna internet wireless dianaktirikan oleh para penyedia layanan internet. Padahal kalau kita amati sebenarnya daerah pelosok bisa menjadi target pemasaran yang bagus bagi para penyedia layanan internet dengan memperkuat layanan jaringan mereka di pelosok sehingga warga pelosok pun bisa semakin mudah mengakses internet. Jangan hanya warga perkotaan saja yang terus terusan mendapat fasilitas pelayanan jaringan internet yang agak bagus. Karena warga kota maupun yang dipelosok pun ketika sama sama berlangganan internet dengan harga yang sama namun kadangkala bisa dipastikan warga pelosok mendapati pelayanan yang tidak sama dan hal ini tentunya hak konsumen mendapat pelayanan yang sama di abaikan oleh para penyedia layanan internet.

Apakah warga pengguna layanan harus selalu dirugikan dengan layanan jaringan internet yang lemot tersebut? Apakah warga pelosok memang harus selalu menerima nasib mendapat akses jaringan internet yang tidak bagus dan harus pegel pegel dengan pantat panas dan banyak waktu terbuang hanya untuk mengakses internet? Kasihan kan kesehatan warga terganggu hanya karena akibat jaringan lemot dan termakan iklan para penyedia jaringan internet. Semoga hal seperti ini menjadi perhatian yang serius bagi para penyedia layanan jaringan internet sehingga setiap konsumen mendapatkan haknya yang sama untuk menikmati jaringan internet yang berkualitas sesuai dengan yang mereka bayar dan sesuai dengan apa yang telah dipromosikan para penyedia layanan internet.

Kesehatan itu mahal harganya dan semoga para penyedia layanan internet juga ikut menjaga kesehatan warga pengguna layanan internet sehingga bisa mengakses internet tanpa harus merasakan badan pegel, mata perih dan pantat panas..

<------------------------------------------------------------------------------> Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments