News Update :
Home » , , » Akibat jajan sembarangan

Akibat jajan sembarangan

Akibat jajan sembarangan - cerita anak ini merupakan salah satu cerita yang isinya mengenai nasehat pada anak untuk tidak jana sembarangan akrena bisa menyebabkan sakit perut dan diare disamping dampak kerugian kesehatan lainnya seperti bahan pewarna berbahaya dan makanan yang mengandung borak yang dijajakan para penjual makanan anak-anak. Kisahnya demikian, ada anak yang bernama Dino dan Dani, kedua anak ini mempunyai perangai tingkah laku yang bertolak belakang, Si Dino adalah anak yang rajin dan patuh kepada nasehat kedua orang tuanya dan gurunya, tetapi sebaliknya si Dani adalah anak yang bandel dan suka jajan di sembarang tempat yang tidak higienis.

akibat jajan sembarangan
Cerita ini berawal dari saat mereka pulang dari sekolah, pada saat itu dino pulang sambil berjalan kaki ke rumah, di jalan ia bertemu dengan Dani yang sedang membeli jajanan gorengan di pinggir jalan yang dekat dengan tumpukan pembuangan sampah. Dino pun menemui si Dani,

Dino : Hai Dan sedang apakah dirimu?
Dani menjawab : Aku sedang membeli gorengan nih untuk aku makan sambil pulang nanti, Dino kemudian bertanya lagi, apakah tidak sebaiknya uangnya di simpan saja untuk di tabung?
Dani menjawab ahhhh gak perlu lah,, toh ini uang jajan jatah dari ortuku hari ini untuk jajan.
Dino berkata : lhahhh kan lebih baik di tabung supaya besok bisa untuk keperluan lain yang lebih berguna, o iya Dan,, itu makanan kok banyak lalatnya yang mengerubungi ya?? gak takut sakit kamu?? (sambil berbisik ke telinga di Dani)
Dani :ahhh gak apa-apa ,,, aku dah kebal kok sama penyakit ( Dani menyombongkan diri)
Dino : jangan gitu dong Dan,, itu makanan kelihatannya gak sehat deh,, ati-ati lho ntar sakit perut kamu
Dani : ahhhhh jangan kuatir,, kalau perlu ntar lalatnya aku makan sekalian ha ha ha
Dino : iiihhh jorok amat kamu Dan,, beneran nih tetep mo beli tuh makanan?
Dani : kamu mau?
Dino : emmmmooh ahhh, enakan makan di rumah lebih sehat dan terjamin kualitasnya, masakan ibuku lebih enak dan sehat
Dani : ya udah.. aku makan sendiri aja .. nyaemmmm

Kemudian mereka pun pulang bersama, Dino berjalan di smaping Dani yang sambil makan gorengan yang barusan ia beli. kemudian mereka pun akhirnya berpisah di pertigaan sebelah kampung mereka untuk pulang ke rumah masing-masing

Keesokan harinya, Dino berangkat pagi-pagi yang biasanya ia bertemu Dani di pertigaan sebelah kampungnya dan berangkat ke sekolah bersama-sama, namun kali ini Dani kok nggak kelihatan.. akhirnya Dino pergi ke sekolah sendirian. Di sekolah ternyata Dani tidak masuk karena ijin sakit, kemudian setelah pelajaran selesai si Dino menyempatkan mampir ke rumah si Dani untuk menjenguknya.

Di rumah Dani ternyata sedang sakit perut, diare dan harus diberi oralit yang banyak karena diarenya belum kelar juga. Si Dino jadi ingat kemarin ketika si Dani makan gorengan yang dia beli di pinggir jalan waktu pulang sekolah..

Dino : ehhh dan,, masih inget kemarin siang?
Dani : apa yaa.. (sambil meringis menahan sakit perutnya)\
Dino : itu.. kemarin kamu kan beli gorengan di pinggir jalan yang banyak lalatnya tuh yang di sebelahnya banyak tumpukan sampah,,, kamu inget gak?
Dani : o iya.. jadi inget aku, apa sakit perutku kemungkinan akibat makan jajanan gorengan kemarin ya??
Dino : bisa jadi gitu Dan,, coba deh ntar kalo [eriksa ke dokter kamu ceritakan sekalian
Dani : iya.. bisa jadi itu penyebabnya yaa..

Kemudian pada sore harinya karena Sakit perut Dani belum kunjung sembuh juga kemudian si |Dani dibawa ke dokter untuk diberikan obat dan perawatan seperlunya. Disana ia ceritakan apa yang dia makan kemarin waktu pulang sekolah,, dan Dani mendapat nasehat dari Dokternya bahwa makan jajanan di pinggiri jalan sembarangan tidak baik,, lebih baik kalau mau jajan di tempat yang bersih, yang kira-kira sehat, atau bawa bekal dari rumah akan lebih sehat. Minta tolong ke ibumu supaya dibuatkan makanan untuk dimakan di sekolah..

Sejak saat itu, Dani mulai berhati-hati tidak jajan makanan di sembarang tempat karena dia telah merasakan dampaknya sakit perut.

Dari cerita tersebut bisa diambil hikmahnya bahwa patuh pada orang tua, guru itu perlu, dan jangan suka jajan di sembarang tempat karena akan merugikan kesehatan kalian.. oke adik-adik :)


>>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger