News Update :
Home » , , » Cara membuat roti bakar di rumah

Cara membuat roti bakar di rumah

Cara membuat roti bakar sendiri di rumah yang nikmat dan murah meriah akan saya coba shared kan kali ini. Kalau selama ini kita menikmati roti bakar dengan membeli ke para penjual roti bakar, namun sebenarnya kita sendiri bisa membuatnya karena prosesnya sangat mudah dan tidak terlalu berbelit-belit. Bahan bakunya pun cukup mudah didapat di warung atau toko terdekat, cuma bedanya mungkin dari bentuk yang dihasilkan saja, karena di pasaran umum jarang ditemukan bentuk roti tawar yang berbentuk balok seperti halnya yang biasa digunakan untuk membuat roti bakar ala Bandung. Waktu dulu saya jualan roti bakar sama teman-teman sih pakai yang jenis roti tawar bentuk balok tersebut yang memang khusus untuk roti bakar. Tapi tak perlu risau, toh bahan bakunya bisa menggunakan jenis lembaran roti tawar biasa yang bentuknya lebar yang selama ini mudah dijumpai di toko terdekat.

roti bakar
Cara membuat roti bakar ala saya ini sering saya lakukan sendiri di rumah di kala si kecil minta roti bakar. Ada keasyikan tersendiri dalam meladeni keinginan si kecil, makanya diusahakan dirumah ada roti tawar yang nantinya bisa dijadikan roti bakar (sebelum bosen makan roti bakar karena biasanya selera anak cepat berubah). Bahan baku yang diperlukan untuk membuat roti bakar ala jatger.net diantaranya :

1. lembaran roti tawar(banyak di toko-toko, pilih sesuai selera)
2. margarin (bisa menggunakan merek apa aja)
3. Susu cair (putih atau coklat sesuai selera)
4. Coklat Meses (dapat diganti dengan yang lain sesuai selera misal selai kacang dll)
5. Keju ( kalau suka keju)

Nah cuma itu saja, sedangkan perlengkapannya tentu saja ditambah gas, kompor gas dan wajan beserta perangkatnya buat menggoreng. Kok menggoreng?? iya meskipun namanya roti bakar toh roti bakar cara memasaknya bukan dipanggang diatas api langsung tetapi tetap diatas wajan (pilih wajan yang permukaannya datar bukan yang cekung, lebih lebar lebih bagus). Kalau roti yang dipanggang langsung diatas api namanya roti panggang kalau gak salah.

Sekarang cara membuat roti bakarnya sebagai berikut,
1. ambil 2 lembar roti tawar kemudian masing-masing tepinya diolesi margarin. untuk lapisan dalam diolesi margarin plus ditaburi susu cair dan coklat meses(atau selai/keju/atau isi yang lain sesuai selera) oleskan yang cukup banyak supaya nanti rotinya enak dan tidak mudah gosong. setelah selesai dilanjutkan ke nomer 2

2. Tangkupkan kedua lembar roti tawar tersebut, olesi tepi luar tangkupan roti tawar tersebut dengan margarin secara merata.

3. Siapkan kompor gasnya dan wajannya setelah agak panas kemudian diolesi sedikit margarin, ratakan hingga mencair, setelah lumayan panas segera masukkan roti tadi ke wajan.

4. tunggu beberapa detik. kalau bisa api kompor gas jangan terlalu besar karena roti anda bisa-bisa nanti cepat gosong permukaannya. bolak-balikan roti anda tersebut supaya tida gosong.

5. Setelah keliatan menguning agak coklat dan romanya harum angkat roti anda dari wajan penggorengan.

6. Lakukan lagi dari nomer 1 jika anda ingin membuat lebih banyak roti bakar dari roti tawar.

7. Untuk penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, bisa ditambahi parutan keju atau coklat cair atau apa saja sesuai selera anda

7. Selamat menikmati

Hal ini biasa dilakukan dirumah karena kepepet tidak punya roti tawar khusus yang buat roti bakar. Toh dari segi rasanya juga hampir sama he he..

Demikian tips sederhana cara membuat roti bakar dengan roti tawar, semoga bermanfaat bagi anda semua


>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger