Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan dalam Cara Mengelola Gaji

Pernahkah Anda merasa bahwa income atau pendapatan yang diterima tak sebanding dengan apa yang telah dikerjakan, buktinya tak ada bentuk nyata dari gaji tersebut, hanya digunakan untuk makan dan kebutuhan sehari-hari saja sudah tak cukup. Jika sudah seperti ini maka saatnya untuk introspeksi diri, apakah benar bahwa jenis pekerjaan dan gaji yang dilakukan tak sebanding atau mungkin diri Anda sendiri yang tak bisa mengoptimalkan penggunaannya, terlalu boros dan tak memiliki perhitungan yang jelas, sudah saatnya untuk menerapkan cara mengelola gaji yang tepat.

image : futuready.com
Beberapa mungkin sudah merasa bahwa tips mengelola gaji yang mereka gunakan terbilang benar, sudah menabung dan juga membelanjakan sesuai dengan kebutuhan, namun tetap saja mengalami krisis, kesalahan dalam mengelola uang bulanan memang sering kali terjadi, diantaranya adalah:

  • Hidup berlebihan, maksud dari berlebih ini adalah menjalani hidup tak sesuai dengan kemampuan, cukup banyak memang yang menjalani kehidupan semacam ini sehingga mereka selalu merasa butuh apa yang sebenarnya tak dibutuhkan, padahal di luar jangkauan finansial sendiri.
  • Banyak melakukan pinjaman, baik itu dengan meminjam uang pada teman maupun pada bank, meminjam memang boleh-boleh saja dilakukan namun pada saatnya nanti Anda juga harus melakukan pembayaran.
  • Tak mengenal adanya anggaran, satu manfaat penting yang bisa di dapatkan dengan menyusun anggaran adalah pengeluaran bisa dilihat secara jelas, namun jika kita sendiri tak mengenal apa itu anggaran, bagaimana bisa tau kemana larinya semua uang di miliki.
  • Membandingkan diri dengan orang lain, biasanya lebih dikenal dengan istilah prestise, karena tak ingin kalah dengan teman jadi selalu membeli barang-barang branded di luar kemampuannya sendiri.
  • Memberikan atau meminjamkan uang pada orang lain, padahal dirinya sendiri sama-sama membutuhkan. Membantu boleh-boleh saja namun lihat juga kemampuan Anda.
  • Lapar mata, masalah umum yang sering dialami oleh wanita sehingga membuat kantong belanjaan menumpuk dari hasil shopping.

Hindari beberapa hal tersebut agar keuangan senantiasa terjamin, cara tepat mengelola gaji yang tepat selalu diawali dengan menyusun anggaran.

Post a Comment

0 Comments