Manfaat Adas


Manfaat Adas - Tanaman adas atau pekak atau star anise, dapat dikeringkan menjadi sejenis rempah untuk memberi rasa dan aroma tajam yang khas pada makanan. Semisal pada pembuatan gulai dan sayuran bersantan lainnya. Adas yang direbus bersama jahe juga dapat digunakan sebagai minuman tradisional yang menyegarkan dan menyehatkan.

Adas juga dapat menghasilkan minyak, yang merupakan hasil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering. Ada dua macam minyak adas, manis dan pahit. Keduanya digunakan dalam industri obat-obatan.

Bentuk buah adas seperti bintang bersudut delapan dengan ujung berisi biji pipih. Banyak dijual di pasar tradisional atau toko swalayan dalam bentuk utuh atau bubuk.

Meski semua bagian tanaman adas dapat digunakan sebagai obat, yang paling bermanfaat adalah bagian buahnya. Buah masaknya mengandung bau aromatik, rasa sedikit manis, pedas dan hangat yang bersifat sebagai antibiotik dan antioksidan. Itulah sebabnya ramuan minuman hangat hasil rebusan adas yang dicampur dengan jahe sering digunakan sebagai obat influenza.

manfaat adas
Sementara minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang nafsu makan. Biasanya dicampur sedikit dalam segelas air hangat. Minyak adas juga dapat dioleskan pada perut bila menderita kembung karena efeknya yang menghangatkan.

Jelas khasiat adas cukup banyak. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, ditemukan bahwa ramuan adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal dan ekstrak rebusan daunnya dapat menurunkan tekanan darah. Dilaporkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002, buah adas yang segar maupun yang telah dikeringkan mempunyai efek yang sama.begitu besar manfaat adas bagi tubuh kita

(Sumber: www.iptek.net.id)