Morning sickness/nyidam


Morning sickness adalah gejala mual-mual (nauseous) dan mungkin muntah (vomit). Pada umumnya terjadi pada pagi hari, namun kenyataannya banyak yang mengalaminya sepanjang hari (saya contohnya), bahkan ketika tidur sekalipun.

Penyebab pasti morning sickness belum diketahui sampai kini.
Namun rata-rata wanita menentang anggapan bahwa morning sickness hanya disebabkan sifat manja wanita hamil dan atau mencari perhatian pasangan. Hhhhhhh terlalu mahal bayarannya, bermanja2 dituker dengan morning sickness. Gag morning sickness pun selayaknya pasangan “memanjakan” dan memberi perhatian lebih pada wanita hamil.

Sejak mual dan muntah merupakan hasil perintah otak, maka diperkirakan meningkatnya hormon hCG jugalah penyebab morning sickness. Dikuatkan dengan fakta bahwa mayoritas morning sickness menyerang pada trimester pertama kehamilan yaitu pada saat hCG diproduksi kemudian menghilang ketika hCG stabil yaitu memasuki trimester kedua. Masih belum pasti karena kenyataannya tidak semua wanita hamil merasakannya, sekitar separuh wanita hamil beruntung tidak mengalami morning sickness. Ada juga wanita hamil yang mengalaminya sampai trimester kedua.

Mengatasi Morning Sickness
Hanya waktu yang bisa menyembuhkan, cieee.. cieeee..

Menurut teori, morning sickness dapat dikurangi dengan:
1. Mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat (saya: boro2 makan bow… pusiiing…)2. Banyak minum (membuat bersendawa, kemudian muntah….)
3. Mengkonsumsi prenatal vitamin, bukan untuk mengatasi, tapi untuk mengisi kekurangan nutrisi
4. Hindari bau2 dan pemandangan yang memicu morning sickness
5. Makan sering namun dikit2, lambung kosong bahkan akan memicu mual
6. Makan ketika tidak mual
7. Makan di kasur, atau suasana lain yang enak
8. Banyak tidur dan istirahat
9. Bangun pagi pelan2
10. Gosok gigi sering
11. Jangan stress
12. Pake Sea-bands*
13. Minta obat ke dokter
14. Hindari makanan berbumbu tajam, banyak bumbu, pedas, dan berminyak
15. Perbanyak konsumsi vit B16. Perhatikan apakakah berhubungan dengan prenatal vitamin yang dikonsumsi

*Sea-bands adalah band yang dipasang dikedua pergelangan untuk mengendalikan/mengurangi mabuk perjalanan baik udara, darat, atau laut.

Post a Comment

0 Comments