News Update :

10 FAKTA SEPUTAR MIMISAN

Waspadai jika mimisan disertai gejala lain seperti demam dan sakit kepala.
Simaklah penjelasan dr. Najib Advani, Sp.A (K) M.Med.Paed., dalam bentuk tanya jawab berikut.

1. Apakah mimisan berbahaya?


Sebagian besar mimisan pada anak tidak berbahaya. Jadi, tak perlu panik. Selama anak terlihat sehat dan aktif, juga tidak disertai gejala lain seperti demam, orangtua tak perlu kelewat khawatir.


2. Mengapa dari hidung sering keluar darah atau mimisan?


Maklum saja, hidung punya banyak pembuluh darah, terutama di balik lapisan tipis cupingnya.


3. Mengapa mimisan paling sering terjadi pada anak?


Selaput lendir dan pembuluh darah anak masih tipis dan sensitif, sehingga saat ada faktor pencetus seperti udara dingin atau trauma ringan, darah pun langsung mengucur keluar. Terjadinya pun umumnya spontan, ringan, dan mudah berhenti.


4. Apa saja faktor pencetus mimisan pada anak?


- Trauma
Seperti akibat benturan benda keras, kemasukan benda asing, atau dikorek-korek yang membuat selaput lendir dan pembuluh darah di hidung terluka dan menyebabkan perdarahan.


- Penggunaan AC tidak bijak
Cara kerja AC yang menyerap uap air di udara membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Ditambah, suhu yang terlalu dingin membuat udara jadi makin kering. Udara kering yang diisap anak akan membuat alat pernapasannya mengering, sehingga selaput lendirnya mudah pecah dan berdarah.


- Reaksi refluks
Khusus untuk bayi, mimisan bisa terjadi karena reaksi refluks. Ini terjadi saat bayi muntah atau gumoh. Aliran balik makanan dari lambung ke mulut atau hidung dapat menyebabkan mimisan. Muntahan yang banyak mengandung zat asam itu bisa mengiritasi atau melukai hidung. Mimisan pada bayi umumnya juga sembuh sendiri dan tidak perlu penanganan khusus.


- Faktor keturunan
Anak-anak tertentu lahir dengan pembuluh darah di hidung yang gampang pecah dan berdarah. Jika kelembapan udara sangat rendah seperti di negeri subtropis dan suhunya sangat dingin, maka anak-anak seperti ini umumnya tidak sehingga hidungnya terus-menerus mengeluarkan darah. Padahal, banyak anak lain yang tidak merasakan gangguan serupa.


Pernah ada kasus seorang anak Indonesia batal melanjutkan sekolahnya selama musim dingin ke negeri empat musim "hanya" karena berbakat mimisan.


5. Bagaimana mengatasinya?


Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah menghentikan perdarahan tanpa bantuan obat dan alat. Cukup dengan duduk dengan posisi badan dan kepala agak maju ke depan. Lalu gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dan menutup hidung. Sedangkan mulut dibuka untuk bernapas. Lakukan selama 1-2 menit. Tak berapa lama kemudian biasanya darah langsung berhenti.


Dengan memajukan kepala berarti darah tidak akan mengalir kembali ke tenggorokan. Gunanya mencegah iritasi dan batuk, tersedak, atau muntah darah. Posisi duduk juga membuat aliran darah lebih lambat, karena posisi jantung sebagai pusat pompa darah berada di bawah hidung. Berbeda jika anak dibaringkan, karena posisi jantung berada sejajar dengan hidung, sehingga darah yang mengalir pun relatif lebih cepat.


Jika cara pertama belum berhasil, cobalah kompres hidung dengan es. Bungkuslah es dengan saputangan lalu tempelkan di antara kening dan hidung. Selain es, benda lain seperti makanan atau minuman beku bisa digunakan. Es dan benda dingin lainnya yang ditempelkan mampu mengecilkan pembuluh darah sehingga perdarahan pun cepat berhenti. Kompres bisa dilakukan saat perdarahan sedang berlangsung maupun berhenti.


Hal yang penting dilakukan, bersikaplah tenang saat si kecil mimisan. Kepanikan orangtua dapat membuat anak ikut panik dan menangis. Akhirnya, perdarahan sulit dihentikan.


6. Bagaimana kalau darah belum berhenti keluar?


Jika dalam waktu 15-20 menit perdarahan tidak kunjung berhenti, ulangi gerakan menutup dan menekan hidung seperti dijelaskan tadi. Segera datangi klinik dokter atau rumah sakit terdekat jika mimisan tidak berhenti. Dokter akan membantu dengan memberikan obat tetes atau obat semprot yang mampu menghambat pecahnya pembuluh darah. Bahkan, boleh jadi bagian hidung yang berdarah dibakar (dikostik) agar darah tidak terus-menerus keluar, kemudian hidung dibersihkan. Kalau tidak berhasil, dokter akan memberi tampon atau kapas dengan salep vaselin selama 1-2 hari. Fungsinya menekan dan mengistirahatkan perdarahan.


7. Setelah darah berhenti keluar, apa yang harus dilakukan?


Usahakan anak tidak mengembuskan napas lewat hidung terlalu keras. Anak juga harus dijelaskan agar tidak mengorek-ngorek hidung atau bekas luka yang mengering. Tindakan itu akan menyebabkan hidung mengalami perdarahan kembali.


8. Akankah kejadian mimisan reda selamanya?


Jika sudah diatasi maka gangguan mimisan pun akan berhenti. Mimisan karena demam berdarah, misalnya, tentu akan hilang setelah demam berdarahnya sembuh. Demikian juga dengan mimisan karena penyakit infeksi, setelah diobati, mimisan pun segera pergi.
Gangguan mimisan umumnya berkurang sesuai dengan pertambahan usia. Semakin tambah usia, pembuluh darah dan selaput lendir di hidungnya sudah semakin kuat, hingga tak mudah berdarah.


9. Mimisan seperti apa yang perlu ditangani serius?


Meski mayoritas kasus mimisan tidak berbahaya, orangtua hendaknya waspada jika frekuensi mimisan itu cukup sering, tiap 1-2 hari. Ini karena ada kemungkinan si kecil mengidap penyakit berbahaya. Penyakit seperti ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura), demam berdarah, leukemia, thalasemia berat, atau hemofilia, bisa juga menunjukkan gejala mimisan. Ini karena kadar trombosit yang rendah bisa menyebabkan perdarahan di hidung. Anak hemofilia bisa saja memiliki kadar trombosit yang normal, tapi faktor pembekuan darahnya rendah sehingga sering mengalami perdarahan. Meski kasusnya sangat jarang, anak darah tinggi dan gagal ginjal pun memiliki risiko besar mengalami mimisan. Demikian juga anak dengan riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi).


Perhatikan gejala-gejala yang mungkin menyertai. Jika disertai demam, kemungkinan penyebabnya penyakit infeksi seperti demam berdarah. Jika disertai munculnya bercak-bercak darah kemungkinan menjurus pada leukemia atau ITP. Sedangkan pada sinusitis umumnya mimisan disertai sakit kepala.


Berbeda dari mimisan normal yang umumnya bersumber pada bagian anterior (bagian depan rongga hidung), maka mimisan yang disertai penyakit berbahaya bersumber dari bagian dalam hidung (posterior). Tak heran, darah yang keluar banyak dan sulit dihentikan.
Perdarahan yang banyak bisa membuat anak kekurangan darah (anemia). Bahkan, bukan tidak mungkin menyebabkannya pingsan. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan vitamin dan mineral. Lain hal jika anak kehilangan darah cukup banyak. Sangat mungkin dia harus menjalani transfusi darah.


10. Apakah pemakaian obat-obat tertentu dapat menyebabkan mimisan?


Ya, penggunaan obat-obat tertentu pun bisa menyebabkan mimisan. Obat antipanas yang mengandung acetyl salicylic acid, misalnya, pada beberapa anak bisa menyebabkan mimisan. Segera konsultasikan pada dokter jika obat tertentu memberikan reaksi kurang baik seperti mimisan pada anak.


TIP CEGAH MIMISAN


* Gunakan AC dengan bijak dan aman. Jangan menyetel AC terlalu dingin dan lama. Selain boros energi, udara di ruangan akan menjadi sangat dingin dan kering. Untuk Indonesia, suhu 23-260C relatif cukup.


* Hindari anak dari paparan asap rokok. Selain dapat mengiritasi saluran pernapasan, rokok juga bisa mengeringkan saluran hidung. Ini jelas akan membuat anak mudah mengalami mimisan.
* Saat gatal, pilek, atau membersihkan kotoran hidung, ajari anak untuk menggunakan tisu maupun saputangan. Hindari kebiasaan mengorek-ngorek hidung atau mengembuskan udara lewat hidung terlalu keras.


* Usahakan banyak makan sayur dan buah guna memperkuat selaput lendir hidung.


* Jauhkan anak dari benda-benda pencetus alergi di rumah. Barang-barang berbahaya juga sebaiknya disingkirkan agar tidak sampai mencederai anak.


Saeful Imam. Foto: Iman/NAKITA
komentar | | Read More...

ADAS SEBAGAI ANTI FLU


Tanaman adas atau pekak atau star anise, dapat dikeringkan menjadi sejenis rempah untuk memberi rasa dan aroma tajam yang khas pada makanan. Semisal pada pembuatan gulai dan sayuran bersantan lainnya. Adas yang direbus bersama jahe juga dapat digunakan sebagai minuman tradisional yang menyegarkan dan menyehatkan.

Adas juga dapat menghasilkan minyak, yang merupakan hasil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering. Ada dua macam minyak adas, manis dan pahit. Keduanya digunakan dalam industri obat-obatan.

Bentuk buah adas seperti bintang bersudut delapan dengan ujung berisi biji pipih. Banyak dijual di pasar tradisional atau toko swalayan dalam bentuk utuh atau bubuk.

Meski semua bagian tanaman adas dapat digunakan sebagai obat, yang paling bermanfaat adalah bagian buahnya. Buah masaknya mengandung bau aromatik, rasa sedikit manis, pedas dan hangat yang bersifat sebagai antibiotik dan antioksidan. Itulah sebabnya ramuan minuman hangat hasil rebusan adas yang dicampur dengan jahe sering digunakan sebagai obat influenza.

Sementara minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang nafsu makan. Biasanya dicampur sedikit dalam segelas air hangat. Minyak adas juga dapat dioleskan pada perut bila menderita kembung karena efeknya yang menghangatkan.

Jelas khasiat adas cukup banyak. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, ditemukan bahwa ramuan adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal dan ekstrak rebusan daunnya dapat menurunkan tekanan darah. Dilaporkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002, buah adas yang segar maupun yang telah dikeringkan mempunyai efek yang sama.

(Sumber: www.iptek.net.id)
















komentar | | Read More...

DETEKSI DINI SINDROM ACA PADA ANAK



Anak-anak yang dilahirkan dari ibu penderita sindrom ACA, berisiko lebih besar memiliki sindrom darah kental ini dibanding anak-anak lain.

"Saat Fakhri berusia satu minggu, dia diperiksa darahnya untuk mengetahui apakah terkena ACA atau tidak. Syukurlah, ACA-nya negatif," ungkap Rica Sari (35) yang terkena sindrom ACA (Anticardiolipin) alias APS (Antiphospholid Syndrome) sejak sebelum hamil.


Selanjutnya di usia 6 bulan, si buah hati yang bernama lengkap Muhammad Fakhri Wibisono ini, diperiksakan matanya karena dikhawatirkan efek ACA dari sang bunda selama di kandungan. "Menurut dokter, kalau virus sampai menyerang matanya, bukan tak mungkin bisa menyebabkan kebutaan. Kalau menyerang telinga, akan mengakibatkan kerusakan pada telinga. Karena itu, setiap tahun kami harus rutin mengecek kesehatannya."


Untunglah, hasil pemeriksaan mata di usia 6 bulan itu menunjukkan tak ada kelainan apa pun alias normal. Begitu juga dengan pemeriksaan mata dan telinga yang dilakukan saat Fakhri berusia setahun, "hasilnya bagus dan normal. Di usia dua tahun harusnya Fakhri periksa darah dan kontrol lagi, tapi saya belum membawanya untuk periksa karena belum sempat," papar Rica yang melahirkan anak pertamanya itu pada 27 April 2002 setelah tiga tahun menikah.


SEJAK DI KANDUNGAN


"Memang, bukan hanya si ibu, tetapi bayi yang dilahirkannya pun harus menjalani pemeriksaan laboratorium yang tak berbeda dengan ibunya," kata Prof. DR. Dr. Karmel L. Tambunan, DSPD, KHOM, F.A.C.T.H., guru besar Fakultas Kedokteran UI yang mendalami APS.


Bahkan ada yang sejak dari dalam kandungan harus diperiksa, apakah si bayi terkena sindrom ACA atau tidak. "Caranya dengan mengambil sampel dari umbilikus atau tali pusat," lanjut penerjemah buku Hughes Syndrome karya Dr. Graham Hughes. Akan tetapi, mengingat risiko dan efek sampingnya cukup tinggi, maka pemeriksaan dengan cara ini dilakukan hanya dalam kondisi yang sangat mendesak, semisal si ibu sangat sering keguguran atau selalu drop kondisinya.


Untunglah, kasus sindrom ACA pada anak jarang ditemukan. Hanya saja hal ini berdampak, pengetahuan medis mengenai sindrom ACA pada anak menjadi sangat minim. Satu hal yang pasti, anak-anak yang lahir dari ibu yang menderita sindrom ACA akan jauh lebih besar risikonya dibandingkan anak-anak lainnya. Itulah mengapa, setelah lahir, si anak harus pula diperiksakan untuk memastikan terkena-tidaknya. Bila si anak juga terkena ACA, maka ia pun harus menjalani terapi obat sebagaimana yang dialami ibunya, bisa dengan cara oral maupun suntik.


LEBIH DARI SATU GEJALA


Gejala atau ciri umum dari sindrom ACA berikut ini dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak: sering merasa pusing, migrain, sakit kepala, pegal-pegal di leher atau tengkuk, tangan sering kesemutan atau merasa baal, pandangan berkunang-kunang, pandangan kabur, daya ingat menurun, sesak napas, telinga sering mendengung hingga tuli mendadak.


Gejala lain yang perlu dicermati adalah peningkatan tekanan darah tanpa penyebab pasti. Peningkatan tekanan darah ini diduga akibat pengentalan darah yang membuat aliran darah jadi tak sempurna, lantaran fungsi organ-organ tubuh terganggu. Mereka yang APS-nya tergolong tingkat tinggi, bisa mengalami stroke atau kelainan jantung di usia dewasa muda atau sebelum usia 40 tahun.


Bagi wanita yang sudah menikah, disamping yang telah disebutkan di atas, gejala lainnya adalah infertiliti primer, sering mengalami keguguran, janin/bayi mati dalam kandungan, bayi yang lahir meninggal, dan preeklamsia.


Akan tetapi, kata Karmel, gejala-gejala yang disebutkan tadi tak bisa dijadikan pegangan kuat. Pasalnya, bisa jadi si A jarang pusing tapi terkena ACA, sementara si B yang sering mengalami pusing malah tak terkena ACA. Karena itulah, ciri-ciri atau gejala yang dicurigai harus lebih dari satu. Contoh, sering pusing dibarengi sering pegal, dan tangan kerap kesemutan. "Kalau wanita yang sudah menikah, disamping sering keguguruan, juga memiliki keluhan lain, semisal pusing, baal, dan pegal-pegal." Tetapi untuk kepastiannya, pasien tetap harus diperiksa darahnya di laboratorium untuk menjalani tes ACA.


GEJALA & PENANGANAN PADA ANAK


Selain mengalami gejala umum seperti halnya yang terjadi pada orang dewasa, "ada juga gejala khas yang ditemukan pada balita dan anak," ujar Karmel. Yaitu, pegal-pegal, lebih mudah capek, berat badan susah naik, konsentrasi kurang, sering sakit, suka mengalami kejang-kejang, dan menderita epilepsi.


Sekalipun begitu, penanganan sindrom ACA pada anak dan dewasa sama saja, harus mengonsumsi obat pengencer darah. "Kalau sudah berat harus menjalani terapi obat dengan cara suntik."


Adapun lamanya menjalani terapi, sama seperti dewasa, tak bisa dipukul rata dan dipastikan. "Bisa tahunan atau selama hidupnya." Hal ini bergantung pada pemeriksaan darah di laboratorium setiap enam bulan atau satu tahun sekali.


SINDROM ACA, PENYAKIT MISTERIUS


Sindrom ACA atau APS atau sindrom Hughes adalah penyakit autoimun yang menyebabkan darah menjadi kental. Itulah mengapa, penyakit ini disebut juga sindrom darah kental. Memang, jelas Karmel, tubuh memiliki kemampuan alamiah untuk mencegah terjadinya pembekuan yang tidak wajar. "Tetapi pada sindrom ini terdapat suatu protein darah (antibodi) yang mengakibatkan darah lebih kental dan mudah membeku."


Penyakit ini mengakibatkan pasokan darah ke organ di dalam tubuh dapat berkurang atau terhenti sama sekali, tergantung tingkat gangguannya. Seperti halnya mesin mobil, bila pelumas di dalam mesin terlalu kental, pasti mekanisme kerja mesin tidak bisa berjalan sempurna, tersendat-sendat hingga macet. "Jika darah yang mengalir dalam tubuh melewati pembulu darah terlalu kental, pasti semua sistem kerja tubuh tak bisa berjalan sempurna, jadi tersendat-sendat hingga macet. Efeknya, penurunan daya ingat dan yang terekstrem adalah stroke hingga kematian."


Di Indonesia, penyakit yang ditemukan pada awal 1980-an oleh Dr. Graham Hughes dkk. ini, baru ditemukan dan mendapatkan penanganan serius sejak Oktober 1997. Dalam arti, setiap pasien yang darahnya dicurigai mengandung antibodi antiphospholipid dianjurkan menjalani tes ACA. Lewat pemeriksaan ACA, akan diketahui kadar IgG dan IgM penderita. "Parameter laboratorium inilah yang bisa dijadikan pegangan untuk memastikan terkena ACA tidaknya seseorang, karena APS tak memperlihatkan gejala spesifik," jelas Karmel. Sayangnya, tes ini baru bisa dilakukan di kota besar dan rumah sakit tertentu, mengingat biayanya lumayan mahal, sekitar Rp300 ribu untuk tiap pemeriksaan.


Apa penyebab ACA, hingga kini belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa dugaan, di antaranya faktor keturunan/genetik, alergi obat-obatan, adanya kanker dan infeksi virus atau bakteri. Yang jelas, penyakit ini tergolong misterius, susah dideteksi karena gejalanya dapat berbeda pada tiap orang, bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.


Gazali Solahuddin. Ilustrator: Pugoeh (nakita.com)
komentar | | Read More...

Kalsium Dan Anak Anda



Susu dan makanan kaya kalsium lainnya harus ada di dalam menu makanan anak-anak pada umumnya. Di usia berapapun, seorang anak akan selalu membutuhkan kalsium. Apakah manfaat kalsium bagi tubuh anak? Dan kenapa mereka selalu membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya? Mari kita lihat lebih dalam lagi.

Di masa anak-anak dan remaja, tubuh menggunakan mineral kalsium untuk membangun tulang yang kuat – proses yang akan selesai setelah masa remaja berakhir. Kalsium pada tulang mulai berkurang di usia dewasa muda dan massa tulang akan semakin berkurang secara progresif selagi kita bertambah usia, terutama bagi wanita.

Kalsium mempunyai peranan penting dalam kontraksi otot, penyampaian pesan melalui saraf, dan pelepasan hormon. Jika tingkat kalsium dalam darah rendah (karena kurangnya asupan kalsium), kalsium akan diambil dari tulang untuk memastikan fungsi sel berjalan dengan normal.

Ketika anak-anak mendapatkan kalsium dan aktivitas fisik yang cukup selama masa kanak-kanak dan remaja mereka, mereka akan dapat memulai hidup mereka di masa dewasa dengan tulang yang kuat. Walaupun belum ada bukti ilmiah yang benar-benar pasti bahwa mendapatkan jumlah kalsium di bawah ini akan menghasilkan tulang yang kuat ketika anak-anak bertumbuh, jumlah di bawah ini adalah jumlah yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) saat ini:

• Balita usia 1-2 tahun – 500 miligram kalsium per hari.
• Anak-anak usia 4 – 8 tahun – 800 miligram.
• Anak-anak usia 9 – 18 tahun – 1300 miligram.

Apakah sumber-sumber kalsium yang baik? Tentu saja susu dan produk susu lainnya adalah sumber kalsium terbaik. Terlebih lagi karena susu mengandung tambahan Vitamin D, yang juga penting untuk kesehatan tulang. Sumber-sumber lain yang kaya kalsium adalah tahu, sayur bok choy, kacang merah, dan brokoli, diantara lain.

Tentu saja, untuk menjaga kesehatan anak Anda dan memastikan ia tumbuh dengan sehat dan kuat, Anda juga perlu memastikan ia mempunyai gaya hidup sehat, rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat dan tidak sering jajan makanan yang berbahaya bagi kesehatannya. Dan gaya hidup sehat harus dimulai dari diri Anda sendiri, jadi jangan lupa untuk memberikan contoh kepada buah hati Anda setiap harinya dengan menjaga kesehatan Anda dengan sebaik-baiknya.

Sumber : nutrisibalitacerdas.com
komentar | | Read More...

Susu Dan Kesehatan Si Kecil

Sejak kecil, kita diajarkan tentang manfaat susu bagi tubuh kita. Dan sekarang pun sebagai orang tua, kita selalu memberikan susu bagi buah hati kita. Mungkin sebagian dari kita sudah mengerti manfaat susu bagi anak-anak kita, tetapi tidak ada salahnya kita dalami lagi manfaat susu bagi kesehatan mereka, karena orang tua yang bijak akan selalu memperdalam ilmunya.

Susu adalah makanan yang paling penting bagi seorang anak dalam tahun pertama hidupnya dan masih menjadi yang cukup penting dalam tahun-tahun berikut. Anak-anak di bawah usia 12 bulan harus mendapatkan ASI atau susu formula bayi sebagai makanan utama mereka, tetapi dari usia 1 tahun ke atas, mereka sudah bisa meminum susu pertumbuhan yang khusus untuk jangkauan usia mereka.

Di usia balita, anak-anak masih membutuhkan lemak sebagai sumber energi mereka. Karena itu, lebih baik memberikan mereka susu pertumbuhan yang dikhususkan untuk usia mereka dibandingkan memberikan susu orang dewasa yang biasanya rendah lemak. Susu pertumbuhan mempunyai kandungan lemak yang cukup untuk membantu pertumbuhan mereka, dan tidak berlebih sehingga Anda tidak perlu takut mereka akan kegemukan.

Susu sangat penting bagi anak balita karena susu mengandung kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kalsium lebih mudah diserap tubuh dari susu dibandingkan dari sayur-sayuran yang mereka makan. Susu juga mengandung protein yang baik untuk mereka dan memberikan lemak yang cukup untuk energi dan pertumbuhan mereka. Selain itu, susu juga kaya akan Vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan mereka, seperti Vitamin A, C dan beta karotin untuk antioksidan dan memperkuat daya tahan tubuh dan inulin prebiotik yang membantu sistem pencernaan mereka.

Susu pertumbuhan anak juga mengandung asam amino penting seperti Tyrosine dan Trytophan, asam lemak DHA, AA dan SA untuk membantu perkembangan otak mereka, dan juga Sphingomyelin yang membantu proses informasi di otak. Karena itu, susu pertumbuhan tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan anak Anda, tetapi juga berguna untuk membantu perkembangan otak mereka agar mereka tidak hanya tumbuh dengan sehat dan kuat, tetapi juga cerdas.

Susu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan balita Anda. Karena itu, janganlah lupa untuk memberikan mereka sedikitnya dua gelas susu setiap hari dan pastikan mereka meminum susu pertumbuhan yang sudah dikhususkan untuk mereka.

Sumber : nutrisibalitacerdas.com















komentar | | Read More...

Membangun Dasar Nutrisi Anak Yang Tepat




Masa-masa balita adalah masa-masa transisi seorang anak, terutama di usia 1-3 tahun. Di masa inilah kita sebagai orang tua harus membangun dasar nutrisi yang tepat untuk anak kita. Seorang anak tidak akan belajar hidup sehat dengan sendirinya. Kebiasaan-kebiasaan yang diajarkan kepadanya di usia balita memegang peranan penting untuk membentuk dasar nutrisi yang tepat, supaya ia bisa tumbuh dengan sehat, cerdas dan kuat.

Nutrisi seorang anak terutama akan didapat dari makanan yang ia makan. Karenanya, kita sebagai orang tua harus memperhatikan makanan apa saja yang kita berikan kepada balita kita. Tergantung oleh umur, tinggi dan berat badan serta aktivitas balita masing-masing, di usia ini biasanya mereka membutuhkan 1000 – 1400 kalori per-hari yang bisa didapatkan dari makanan. Kebutuhan kalori ini bisa dipenuhi dengan memberikan nasi, sereal, atau roti sebanyak 85 – 140 gram (tergantung oleh usia dan berat badan anak), sayuran sebanyak 1 – 1,5 takaran, buah-buahan sebanyak 1- 1,5 takaran, susu sebanyak 2-3 gelas sehari dan daging/ikan/ayam/kacang-kacangan sebanyak 60 – 115 gram sehari (tergantung oleh usia dan berat badan anak).

Balita membutuhkan setidaknya 500 miligram kalsium per-hari. Mereka bisa mendapatkannya dari 2-3 gelas susu setiap harinya. Susu menyediakan kalsium dan vitamin D yang penting untuk membentuk tulang yang kuat. Selain kalsium, balita juga membutuhkan setidaknya 7 miligram zat besi per-hari. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah perilaku dan kesulitan belajar. Dan pada akhirnya dapat menyebabkan anemia atau kekurangan zat darah merah. Zat besi bisa didapatkan dari daging, ayam, ikan dan tahu. Selain itu, meningkatkan asupan vitamin C di dalam makanan juga dapat membantu, karena vitamin C membantu penyerapan zat besi dari makanan. Tomat, brokoli, jeruk dan strawberry adalah beberapa jenis makanan yang kaya vitamin C.

Selain itu, untuk membangun dasar nutrisi yang tepat, memulai kebiasaan makan yang sehat juga dapat membantu. Caranya cukup mudah, pertama dengan makan bersama secara teratur, menyediakan makanan sehat dan camilan sehat yang bervariasi, menjadi contoh hidup sehat mulai dari diri sendiri, jangan menghukum atau membujuk anak dengan makanan, dan ajaklah anak Anda terlibat dalam menentukan menu makanan. Dengan begitu, Anda bisa mengajarnyatentang nutrisi dan hidup sehat – sehingga ia akan tumbuh menjadi dewasa dengan kebiasaan yang baik yang sudah ditumbuhkan sejak dini.

Sumber : nutrisibalitacerdas.com
komentar | | Read More...

Tumbuh Kembang Otak Balita Anda




Sebagai orang tua, kita semua ingin anak kita cerdas, sehat dan kuat. Kita ingin yang terbaik untuk buah hati kita dan ingin mereka tumbuh secara maksimal. Untuk mengerti bagaimana kita sebagai orang tua dapat membantu anak-anak kita untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan kuat, penting bagi kita untuk mengerti tumbuh kembang tubuh dan otaknya, agar kita mengerti apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Kali ini, mari kita pelajari tumbuh kembang otak balita dan apa yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkannya.

Tumbuh kembang otak dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan (masa-masa prenatal), dimulai sejak satu bulan pertama kehamilan, ketika otak dan urat saraf tulang belakang mulai terbentuk di dalam embrio. Di bulan ke-enam kehamilan, hampir semua dari milyaran neuron (sel saraf) yang ada di otak dewasa telah terbentuk, dan 250.000 neuron baru terbentuk setiap menitnya. Setelah neuron terbentuk, mereka dengan cepat bermigrasi ke daerah otak dimana mereka akan berfungsi. Neuron akan mulai bisa dibeda-bedakan untuk mengambil peranan yang lebih spesifik, dan mereka membentuk hubungan (sinaps) dengan neuron lain yang membantu mereka berkomunikasi dan menyimpan informasi. Neuron terus membentuk sinaps dengan neuron lain di masa kanak-kanak. Saat kelahiran, kebanyakan neuron telah ditempatkan dengan tepat di dalam otak yang belum dewasa yang telah mulai untuk berbentuk dan berfungsi seperti otak dewasa.

Lebih lagi, perubahan yang signifikan dalam arsitektur saraf otak mulai terjadi setelah kelahiran. Baik sebelum dan sesudah kelahiran, “pendewasaan” awal hubungan otak mulai terjadi: neuron menciptakan lebih banyak sinaps dengan neuron lain dibanding yang akan dipakai oleh otak dewasa. Proliferasi sinaps ini menciptakan potensi yang besar bagi otak yang sedang berkembang, tetapi juga membuat otak yang masih muda tidak efisien dan “bising” dengan hubungan neuron yang berulang-ulang dan tidak dibutuhkan. Maka dari itu, proliferasi ini dengan segera diikuti dengan masa “pemangkasan” ketika sinaps yang jarang dipakai akan secara bertahap dieliminasi untuk mencapai jumlah yang dibutuhkan otak untuk bekerja secara efisien. Sinaps baru terbentuk saat yang lain dipangkas. Sejak kelahiran sampai sekitar usia 8 bulan, sinaps dibentuk dengan lebih cepat. Sekitar 1000 trilyun sinaps ada di dalam otak di usia 8 bulan.
Setelah ulang tahun yang pertama, pemangkasan terjadi lebih cepat. Di usia 10 tahun, seorang anak punya sekitar 500 trilyun sinaps, yaitu sama dengan kebanyakan orang dewasa. Pemangkasan akan terjadi hingga usia 12 tahun tetapi otak akan mempertahankan fleksibilitas untuk belajar di kemudian hari.

Pertumbuhan otak juga mengalami 3 fase yaitu fase pertambahan berat otak (0-2 tahun), fase pembelahan sel otak (2-3 tahun), dan fase myelinisasi (3-6 tahun) yang terus berlanjut sampai masa pertumbuhan berakhir. Pertumbuhan otak dipengaruhi oleh faktor keturunan dan nutrisi sementara perkembangan otak dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan (stimulasi). Perkembangan otak dapat optimal bila didukung dengan pertumbuhan otak y ang maksimal dan juga faktor lingkungan yang mendukung seperti stimulasi.

Sebagai orang tua, kita bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembang otak balita kita dengan hal-hal berikut ini:


Memberikan nutrisi yang tepat. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, pertumbuhan otak dipengaruhi oleh nutrisi. Pastikan Anda memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang untuk tumbuh kembang otak anak Anda.
Kembangkan hubungan yang hangat dan dekat dengan anak Anda. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda mengasihi mereka. Tunjukkan betapa bahagianya Anda akan kehadiran mereka. Bantu mereka merasa aman dan dikasihi.
Meresponi anak Anda. Perhatikan ritme dan perilaku mereka, coba untuk mengerti apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka beritahukan pada Anda.
Sadari bahwa tiap anak adalah unik. Ingat bahwa sejak lahir tiap anak mempunyai temperamen yang berbeda, mereka tumbuh dengan kecepatan yang berbeda, dan jangan bandingkan anak-anak Anda. Punyai harapan yang positif akan apa yang mereka dapat lakukan dan pegang teguh kepercayaan bahwa tiap anak dapat menjadi sukses.
Berbicara, membacakan cerita dan bernyanyi bersama.
Biarkan mereka mengeksplorasi dunia mereka dan bermain. Anda bisa mengawasi dan membantu saat mereka membutuhkan, tetapi biarkan mereka mengeksplorasi dengan sendiri.
Mendisiplin anak.
Canangkan rutinitas yang dapat diandalkan.
Batasi menonton TV. Batasi waktu yang anak Anda habiskan di depan televisi. Seleksi tipe acara yang mereka tonton, pastikan mereka menonton acara yang mendidik mereka.

(Resources: Shore, R. (1997). Rethinking the Brain: New Insights into Early Development. New York, NY: Families and Work Institute, pp. 26-27; Thompson, Ross A. Development In The First Years Of Life, in the Future of Children Vol. 11, No. 1; Porter, Philips. Early Brain Development in Educarer.org; GUM literatures)

Sumber :Nutrisibalitacerdas.com















komentar | | Read More...

Mengembangkan Kecerdasan Multipel Balita



Teori kecerdasan multipel adalah teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner, dimana setiap manusia mempunyai berbagai kecerdasan yang berbeda-beda.Teori yang pertama ditulis di buku Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences ini mengatakan bahwa setiap orang mempunyai jenis kecerdasan yang berbeda-beda dengan tingkat yang berbeda-beda dan oleh karena itu setiap orang mempunyai profil kognitif yang berbeda-beda.

Kecerdasan multipel adalah sesuatu yang bisa dikembangkan sejak dini, dan usia balita adalah usia yang tepat untuk merangsang kecerdasan multipel anak. Bagaimana cara merangsang kecerdasan multipel? Pertama-tama mari kita dalami dahulu kecerdasan apa saja yang termasuk di dalam kecerdasan multipel. Ada delapan kecerdasan di dalam kecerdasan multipel yaitu kecerdasan berbahasa verbal, logika-matematik, visual-spatial, gerak tubuh, musikal, emosi inter-personal, emosi intra-personal dan kecerdasan naturalis. Kita semua bisa membantu anak kita untuk mengembangkan kecerdasan-kecerdasan tersebut. Bagaimana caranya?

Untuk merangsang kecerdasan berbahasa verbal ajaklah bercakap-cakap, bacakan cerita berulang-ulang, rangsang untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak dan lain-lain. Latih kecerdasan logika-matematika dengan mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mmainan, bermain angka, halma, congklak, sempoa, catur, kartu, teka-teki, puzzle, monopoli, permainan komputer dan lain-lain.

Kembangkan kecerdasan visual-spatial dengan mengamati gambar, foto, merangkai dan membongkar lego, menggunting, melipat, menggambar, halma, puzzle, rumah-rumahan, permainan komputer dan lain-lain. Melatih kecerdasan gerak tubuh dengan berdiri satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan di atas satu garis, berlari, melompat, melempar, menangkap, latihan senam, menari, olahraga permainan, dan lainnya. Merangsang kecerdasan musical dengan mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan alat musik, mengikuti irama dan nada.

Melatih kecerdasan emosi inter-personal dengan bermain bersama dengan anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi kue, mengalah, meminjamkan mainan, bekerjasama membuat sesuatu, permainan mengendalikan diri, mengenal berbagai suku, bangsa, budaya, agama melalui buku, televisi dan lainnya. Melaith kecerdasan emosi intra-personal dengan menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman, berkhayal, mengarang cerita, dan sebagainya. Merangsang kecerdasan naturalis dengan menanam biji hingga tumbuh, memelihara tanaman dalam pot, memelihara binatang, berkebun, wisata di hutan, gunung, sungai, pantai, mengamati langit, awan, bulan, bintang dan lainnya.

Bila anak mempunyai potensi bwaaan berbagai kecerdasan dan dirangsang terus-menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi maka anak kita akan mempunyai kecerdasan multipel. Cara di atas semua mudah dilakukan dan tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Bantu anak Anda mengembangkan kecerdasan multipelnya dan ia pun dapat tumbuh cerdas, sehat dan kuat.

Resources; Ingin Balita Anda Cerdas Multipel dan Kreatif by Dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi.

Sumber :Nutrisibalitacerdas.com















komentar | | Read More...

Teknik Menyelesaikan Masalah Si Kecil

Saat si Kecil mulai memasuki usia sekolah, ia akan menghadapi berbagai hal baru. Ia akan belajar bergaul dan berinteraksi dengan orang selain keluarganya. Di masa inilah, ia akan menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Tentunya sebagai orang tua, kita tidak bisa selalu melindungi mereka dari hal-hal ini. Karenanya, kita perlu mengajar mereka untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin akan mereka hadapi, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam perkembangan sosial mereka.

Yang kita bisa ajarkan pada si Kecil untuk membantu mereka menyelesaikan masalah adalah mengajarkan mereka untuk mengetahui hak dan kewajiban mereka sendiri. Ini sangatlah penting saat mereka berinteraksi dengan teman-teman di sekolah atau teman sebaya di grup bermain mereka. Ajarkan mereka untuk belajar bertanggung jawab atas mainan, barang, makanan yang mereka miliki, ajari mereka untuk menjaganya dengan baik dan pada saat yang bersamaan, ajarkan mereka untuk tidak merebut atau mengambil hak temannya (mainan, barang, makanan, dll). Selain itu, beritahukan pada mereka untuk tidak membiarkan temannya merampas hak mereka, dan bila ada yang berbuat semena-mena, ajarkan mereka untuk melaporkan kepada otoritas seperti guru, pengasuh, orang yang lebih dewasa dan lain lain.

Hal lain yang bisa kita ajarkan kepada mereka adalah untuk belajar sopan terhadap orang lain, yang dimulai tentunya dari keluarga mereka sendiri. Biasakan mereka untuk meminta izin, untuk mengatakan, “Tolong” bila mereka membutuhkan sesuatu (contohnya, “Mama, tolong ambilkan mainanku, dong.”) Ajarkan mereka untuk tidak menyerobot saat sedang mengantri lift atau eskalator di tempat umum. Ajarkan mereka untuk tidak menjerit-jerit dan mengganggu di saat mereka sedang di tempat umum, dan mengkomunikasikan keinginan mereka dengan sopan, dan bukan dengan mengamuk atau membuat kekacauan.

Tentunya, untuk melatih mereka teknik menyelesaikan masalah yang baik, tidak ada salahnya kita ajarkan untuk berpikir kreatif. Lewat berbagai permainan yang menyenangkan, si Kecil bisa kita bantu untuk berpikir lebih kreatif yang bisa dapat membantu mereka untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin mereka akan hadapi. Dan hal yang paling baik yang bisa kita ajarkan kepada mereka tentunya adalah bahwa mereka harus memperlakukan semua orang seperti diri mereka sendiri. Dengan begitu, mereka akan sejak dini belajar untuk berperilaku yang baik, menjadi anak-anak yang punya budi pekerti dan bisa berinteraksi dengan normal sehingga membatasi kesulitan mereka untuk menyesuaikan diri di dunia luar.
















komentar | | Read More...

Memilih Mainan Anak Yang Edukatif




Semua anak tentunya senang bermain. Terutama mereka yang masih balita. Dan sebagai orang tua, kita harus bisa memilih mainan untuk mereka yang mereka sukai dan juga mendidik. Ada berbagai macam jenis mainan yang bisa Anda temukan diberbagai toko mainan dan pusat perbelanjaan, tapi tidak semuanya baik dan cocok untuk anak Anda dan terlebih lagi, tidak semuanya edukatif dan mendukung perkembangan kecerdasan mereka. Jadi bagaimana cara memilih mainan anak yang edukatif dan aman untuknya?

Pertama, saat Anda di toko mainan, perhatikan label mainan satu per satu dan perhatikan rekomendasi umurnya. Ini sangatlah penting untuk keselamatan balita Anda. Selain itu, perhatikan perilaku balita Anda dan tingkat perkembangannya, contohnya bila balita Anda masih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya, jangan berikan mainan yang mempunyai bagian-bagian kecil yang bisa tertelan atau membuatnya tersedak. Sebagian anak berhenti memasukkan benda ke mulutnya di usia 1 tahun, tetapi ada beberapa yang baru berhenti di usia 3 tahun, sehingga Anda pun harus menyesuaikannya. Selain itu, pilihlah mainan yang tidak mudah rusak atau copot agar balita Anda tidak melukai dirinya saat bermain.

Setelah Anda menyesuaikan mainan dengan umur dan perkembangan perilakunya, Anda bisa memilihkan mainan yang edukatif untuk perkembangan kecerdasannya. Beberapa contoh dari mainan yang edukatif untuk balita Anda adalah buku-buku cerita dengan gambar-gambar yang menarik dan pesan moral yang baik. Anda bisa membacakan cerita padanya sambil mengenalkan kata-kata baru dan mengajarnya mengenal alfabet. Jigsaw puzzle yang mudah dengan bagian-bagian yang tidak terlalu kecil pun bagus untuk melatih otaknya berpikir secara logis dan juga membantu ia belajar menyelesaikan masalah. Selain itu, jigsaw puzzle memberikan tantangan yang menarik untuk si Kecil yang akan membantunya saat ia bersekolah.

Mainan lain yang edukatif untuk balita Anda adalah balok susun untuk membangun rumah-rumahan, gedung, mobil-mobilan dan lainnya. Pastikan Anda memilih balok susun yang bagian-bagiannya cukup besar sehingga tidak akan tertelan oleh si Kecil. Berbagai macam alat musik pun sangat berguna untuk membantu perkembangan otaknya. Anda tidak perlu mengajarnya bermain piano atau gitar yang tentunya membutuhkan pelajaran khusus, tetapi Anda bisa membelikan dia drum kecil, tamborin, xylophone, keyboard sederhana dan juga tape kecil dengan lagu-lagu anak-anak yang ia sukai. Selain itu, sepeda roda tiga, dan ‘balance beam’ yaitu sebuah balok yang ditaruh di tanah dimana balita Anda bisa melatih berjalan dan keseimbangannya pun sangat berguna untuk melatih saraf-saraf motoriknya.

Pada akhirnya, ada berbagai macam mainan yang bisa berguna untuk membantu kecerdasan balita Anda. Pilihlah mainan yang sesuai dengan umurnya dan tidak hanya berguna untuk dimainkan tetapi juga menstimulasi kecerdasannya.














komentar ( 1 ) | | Read More...

Perilaku Makan Si Kecil dan Cara Anda Mengatasinya




Saat anak menginjak usia balita, sebagai Ibu kita seringkali menghadapi dilema. Kebutuhan nutrisi mereka bertambah, tetapi nafsu makan malah berkurang. Tentunya hal ini mengkhawatirkan, karena sebagai Ibu kita semua tahu bahwa makanan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Susah makan adalah bagian normal saat masa balita. Di usia ini, pertumbuhan mereka tidak secepat waktu bayi. Pertambahan berat badan juga menurun. Ditambah lagi, mereka juga mulai menjadi aktif. Mereka seringkali tidak bisa diam, apalagi untuk makan. Cara untuk membantu mereka makan bisa bervariasi tetapi memberi mereka “camilan” sehat sepanjang hari lebih baik dibandingkan memaksa mereka untuk makan tiga kali sehari secara teratur dengan porsi yang besar.

Anak balita dari usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 1000 – 1300 kalori setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, lebih baik bila kita membiarkan mereka memilih cara makan mereka sendiri. Yang penting adalah kita menyiapkan makanan yang sehat dan tepat untuk mereka. Mereka seringkali lebih suka memakan satu jenis makanan saja secara banyak, dan karena hal ini normal, lebih baik kita mempunyai tujuan untuk memberikan mereka makanan nutrisi seimbang per-minggu bukan per-hari.

Cara lain adalah dengan memberikan mereka makan di meja dan kursi anak-anak, dimana kaki mereka tidak harus bergantung-gantung seperti di kursi orang dewasa. Mungkin duduk di meja dan kursi anak-anak tidak nyaman untuk kita, tetapi bagi si Kecil, mereka akan lebih senang makan bila kaki mereka bisa menginjak lantai dan mereka merasa bisa menguasai meja makan mereka.

Selain itu, berikan mereka makanan dengan porsi yang kecil. Di usia balita, mereka belum bisa makan dengan porsi normal seperti kita yang dewasa. Kita juga bisa meminta kakaknya, atau teman yang lebih tua untuk makan bersama dengan mereka. Anak balita ingin meniru anak yang lebih tua dan bila ia melihat teman atau kakaknya makan, ia akan tertarik untuk makan juga.

Mereka juga bisa diminta untuk menyicipi makanan setidaknya satu dua gigit. Dengan cara ini, tanpa memaksa, mereka bisa mencoba berbagai jenis makanan sehingga kita tahu makanan apa yang mereka lebih suka. Tetapi, pastikan makanan-makanan yang kita berikan adalah makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan dan bukan camilan yang bergula tinggi yang dapat merusak perkembangan organ tubuh mereka.

Dan tentu saja, untuk memastikan kebutuhan nutrisi balita tercukupi di masa-masa susah makan ini, lengkapi dengan memberikan mereka dua sampai tiga gelas susu yang bernutrisi lengkap dan seimbang. Dengan ini, kita mencukupi kebutuhan nutrisi tetapi tanpa membuat mereka makin menolak makanan karena merasa terlalu dipaksakan.














komentar | | Read More...

Melatih kemampuan koordinasi Otak Balita

Berapapun usia anak Anda, Anda bisa mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kesuksesan mereka dalam kehidupan. Dengan secara aktif mengajar mereka aktivitas yang berkontribusi untuk perkembangan otak mereka, Anda dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk menjadi sukses dalam hidup. Dengan demikian, Anda juga memastikan mereka mendapatkan banyak kesempatan untuk meraih keberhasilan, sehingga mereka menjadi percaya diri, positif dan optimis.

Salah satu cara mendorong perkembangan otak anak Anda adalah dengan melatih kemampuan koordinasi otak kiri dan kanan mereka. Banyak penelitian yang menemukan bahwa otak kiri manusia bertanggung jawab untuk hal-hal yang sangat berbeda dengan otak kanan. Dan penelitian membuktikan bahwa di setiap orang, hanya satu dari kedua belahan otak ini yang memegang peranan dominan. Menurut teori ini, otak kiri adalah otak yang menganalisa, bertanggung jawab untuk pengukuran, logika, matematika dan analisa sedangkan otak kaann bertanggung jawab untuk kreativitas, seni, intuisi dan penggunaan kata—kata. Penelitian juga menunjukkan bahwa sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi atau hubungan diantara dua belahan otak ini. Jika kita melakukan hal ini, kita meningkatkan fungsi otak kita. Hal ini bisa dilakukan di usia berapapun dan telah terbukti bermanfaat. Keseimbangan yang lebih baik diantara dua belahan otak meningkatkan rasa aman, harmonis, membantu kemampuan membaca dan mengerti dan meningkatkan daya konsentrasi dan fokus.

Aktivitas yang telah terbukti meningkatkan hubungan belahan otak biasanya adalah aktivitas yang menggunakan kedua bagian tubuh secara bersamaan. Pola bersilang yang kita semua gunakan saat berjalan atau berenang dan bayi gunakan ketika mereka merangkak, mengembangkan dan menguatkan hubungan diantara belahan otak. Yang dimaksud dengan pola bersilang adalah gerakan ketika kita menggerakkan tangan kanan dan kaki kiri kita maju ke depan, dan kemudian tangan kiri dan kaki kanan. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang anak yang otaknya cedera dan tidak merangkak, mendapat beberapa kecacatan dan dengan melatih aktivitas merangkak, mereka menunjukkan perbaikan yang mengejutkan.

Aktivitas lain yang membantu menyeimbangkan belahan otak adalah berenang. Aktivitas ini bisa dilakukan di usia sedini mungkin, dan jika Anda berenang bersama anak Anda, kegiatan ini dapat menyehatkan tubuh Anda juga. Anda bisa mendorong anak Anda untuk ikut dalam grup berenang atau terlibat dalam aktivitas berenang di sekolah. Berlatih setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mereka secara pesat dan juga meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, permainan berlari dan merangkak yang menyenangkan juga bisa membantu anak Anda. Jika Anda mempunyai beberapa orang anak, dorong mereka untuk bermain tangkap bola bersama. Ini adalah latihan yang baik dan membantu kecerdasan mereka.
Berjalan dan berlari adalah aktivitas yang alami yang menggunakan pola bersilang dan sangat berguna dalam menyeimbangkan belahan kanan dan kiri otak.


Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang mempunyai tangan yang lebih dominan. Secara statistik, kebanyakan orang menggunakan tangan kanannya, namun ada banyak juga orang yang kidal. Aktivitas yang baik untuk melatih keseimbangan koordinasi otak kanan dan kiri adalah dengan melatih tangan yang lebih lemah. Bila anak Anda tangan kanannya dominan, latih tangan kirinya, bisa dengan melatih menulis atau menangkap dengan tangan kiri, demikian sebaliknya. Berlatih selama beberapa menit sehari dapat memberikan dampak yang besar. Dan ingatlah, dengan melakukan ini Anda memberikan anak Anda keuntungan yang tidak didapat banyak anak lain.

Aktivitas lain yang sangat produktif untuk anak Anda adalah bermain drum. Memang ini tidak untuk semua orang. Jika Anda tidak tahan bisingnya, mungkin ini bukan aktivitas untuk anak Anda. Tetapi, dengan belajar bermain drum, anak Anda akan menggunakan kedua tangannya secara bergantian, dan juga mempelajari pola. Bermain drum dapat menguatkan ingatan audio anak Anda, meningkatkan hubungan otak dan juga pengenalan akan pola. Lihat di halaman Halo Baba untuk permainan yang berhubungan dengan ini.

Pada akhirnya, semua anak bisa menjadi anak yang cerdas dan sukses dalam hidupnya. Adalah tugas kita sebagai orang tua untuk mengembangkan mereka sesuai dengan potensi mereka agar suatu hari nanti mereka dapat menggapai cita-cita mereka.

Sumber : Nutrisibalitacerdas.com from Develop Your Child’s Genius – Right Brain/Left Brain Coordination by Esther Andrews.














komentar | | Read More...

Mengoptimalkan kecerdasan balita dimasa Golden years


Bagaimana Mengoptimalkan Kecerdasan Balita pada Masa Golden Years?

Pada masa golden years pembentukan sistem saraf secara mendasar sudah terjadi. Pada masa ini terjadi hubungan antara sel-sel sraf tersebut. Kuantitas dan kualitas sambungan ini menentukan kecerdasan balita.

Pada masa ini perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada keempat bagian otak, termasuk pada masing-masing belahan otak. Belahan otak inilah yang akan menyimpan kemampuan-kemampuan anak yang berbeda, yakni pada belahan otak kanan maupun kiri.
Otak kiri berhubungan dengan tangan, kaki dan tubuh sebelah kanan. Otak kiri terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat: teratur, berurutan, rinci, sistematis, misalnya : membaca, menulis, menghitung.

Sedangkan otak kanan berhubungan dengan tangan, kaki dan tubuh sebelah kiri. Otak kanan terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat : berfikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kreativitas, emosi, musik, spiritual., intuisi, abstrak, bebas, simultan.
Oleh karena itu, jika kita menginginkan anak dengan kecerdasan multipel latihlah kedua tangan, kaki, mata, telinga kanan dan kiri sama seringnya setiap hari, terutama sampai umur 3 tahun, agar otak kanan dan kiri berkembang optimal.

Kalau hanya melatih tangan kanan, maka fungsi otak kanan tidak berkembang optimal, sehingga anak tidak trampil berfikir divergen (meluas), rendah daya imajinasinya, kurang kreatif, kurang mampu kendalikan emosi, kurang berjiwa seni, spiritual, intuisi dan abstrak.
Anak yang kidal, latihlah ia menggunakan kedua tangan dan kakinya sama seringnya. Jangan paksakan ia menggunakan tangan kanan saja, karena otak fungsi otak kanannya akan kurang berkembang.

Adapun tahapan perkembangan kemampuan balita usia 1 hingga 3 tahun diantaranya adalah:

Usia 13-15 bulan balita sudah berminat pada gambar, mengambil mainan sendiri, berjalan sendiri, berceloteh dan mampu meniru kegiatan orang lain.
Usias 16-18 bulan balita sudah mengicapkan kata-kata yang lebih banyak, dapat menemukan maianan yang disembunyikan, dan mengerti fungsi benda.
Usia 19-24 bulan, balita sudah memehami konsep sederhana bentuk benda seperti segitiga dan persegi, menyebut nama senbdiri serta mengucapkan satu kaliam
Usia 2-3 tahun, balita biasnya sudah dapat mencocokkan bentuk,membangun dan menghbungkan balok, berpakian sendiri dan semakin memahami kata-kata orang lain.
Kemampuan ini harus dioptimalkan dengan cara stimulai. Stimulasi akan mempengaruhi pertumbuhan sinaps (proses sinaptogenesis), yang membutuhkan banyak sialic acid untuk membentuk gangliosida. Ini penting untuk kecepatan proses pembelajaran dan memori.
Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera (pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap), merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multipel inteligen).

Selain stimulasi, yang juga penting adalah faktor nutrisi. Dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai umur 3 tahun, akan semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi, semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi hubungan sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita.
Salah satu nutrtisi yang penting bagi perekembangan otak adalah Asam amino. Asam Amino akan membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf.

Tyrosine dan Triyptophane merupakan asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang mempengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak. Vitamin B6 penting untuk enzim otak. Kekurangan zat besi dan yodium akan menyebabkan rendahnya kecerdasan. Seng dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak (Adv.)

Sumber : Nutrisibalitacerdas.com















komentar | | Read More...

Menjaga kesehatan balita

Usia balita adalah usia dimana anak Anda bertumbuh dan berkembang dengan pesat. Karenanya, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatannya dari berbagai gangguan penyakit. Tentu saja Anda tidak bisa melindungi ia senantiasa dari lingkungan luar. Tetapi mencegah selalu lebih baik daripada mengobati dan tips-tips dibawah ini akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan buah hati Anda.

1. Pastikan Anda memeriksakan kesehatan balita Anda ke dokter secara berkala.

Di usia balita, saat tubuh dan otak berkembang dengan pesat, pemeriksaan ke dokter anak secara berkala adalah sesuatu yang penting bagi balita Anda. Sering kali kita menganggap bahwa hanya perlu pergi ke dokter bila ia sakit, biasanya diindikasikan dengan suhu tubuhnya yang panas. Tetapi dokter tidak hanya berfungsi untuk mengobati penyakit. Pemeriksaan berkala ke dokter, walaupun anak Anda tidak mengalami gejala penyakit, bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan si Kecil. Dan jangan lupa imunisasi dan vaksin yang bisa membantu daya tahan tubuh mereka.

2. Pastikan anak Anda mempunyai pola makan yang sehat.

Nutrisi yang tepat akan membantu daya tahan tubuh balita Anda untuk mencegah berbagai penyakit. Pastikan makanannya mengandung nutrisi yang lengkap: vitamin, kalsium, zat besi, diantaranya. Sayuran dan buah-buahan harus ada di dalam menu anak Anda setiap hari. Selain itu, pastikan agar makanannya tidak mengandung terlalu banyak garam atau gula. Berikan makanan yang rendah lemak dan kolesterol untuk mencegah obesitas dini. Dan ingatlah untuk mendisiplin pola makannya dari “junk food” dan makanan jajanan yang tidak sehat untuknya.

3. Ajaklah anak Anda untuk berolahraga.

Anak Anda membutuhkan latihan fisik agar ia tetap sehat. Dan bila ia sudah biasa berolahraga sejak kecil, di masa dewasanya pun ia akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol. Olahraga untuk si Kecil tidaklah harus rumit, mengajak mereka belajar berenang, atau bermain bola di halaman sudah cukup untuk usia mereka. Tetapi, pastikan ia menikmati aktivitasnya, jangan terlalu memaksakan kehendak Anda. Gabunglah permainan dengan olahraga agar ia tidak bosan.

Menjaga kesehatan balita Anda tidaklah susah. Yang penting adalah memastikan ia mendapatkan nutrisi yang tepat dan mempunyai gaya hidup yang sehat. Pastikan ia minum susu dua gelas sehari, makan makanan yang bernutrisi tinggi, dan berolah fisik setiap hari. Jangan lupa juga untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala. Langkah-langkah yang praktis dan mudah ini bisa menghindarkan balita Anda dari berbagai penyakit, dan buah hati Anda pun tumbuh sehat, kuat dan cerdas.

Sumber : Nutrisibalitacerdas.com














komentar | | Read More...

Game skyfruits

ada game sederhana tapi lumayan menarik yang bisa kamu download disini yaaa...

itung-itung tuk membuang penat

silakan di http://zawa.blogsome.com

Selamat bermain

sumber : zawa.blogsome.com
komentar | | Read More...

Hati-hati, MSG (Vetsin) pada makanan anak-anak

Sejumlah tujuh makanan ringan dalam kemasan (snack) yang biasa dikonsumsi anak-anak tidak mencantumkan kandungan MSG (vetsin) yang diyakini bila MSG dikonsumsi dalam jumlah tertentu mengancam kesehatan anak.

Nurhasan dari (Public Interest Research and Advocacy Center-PIRAC) di Jakarta, Kamis, mengatakan pihaknya sudah meneliti 13 contoh makanan ringan yang beredar luas.
Dari 13, tujuh diantaranya mengandung Mono Sodium Glutamate--MSG tetapi tidak mencantumkannya dalam kemasan, empat produk menyatakan mengandung penyedap dan penambah rasa tetapi tidak menyebutkan mengandung MSG dan dua produk mencantumkan MSG namun tidak menyebut jumlah kandungannya.

Ketujuh produk tersebut adalah Cheetos (1,20 persen), Chitato rasa sapi panggang (1,06), Chiki rasa keju (0,76), HappytosTorpilachips (0,71), Golden Horn rasa keju (0,46), Smax rasa ayam (0,57), dan Taro Snack rasa rumput laut (0,62).

Keempat produk yang menyatakan mengandung penyedap dan penambah rasa tetapi tidak menyebutkan mengandung MSG adalah Zetz rasa ayam bumbu mamamia (0,50), Twistko rasa jagung barbeque (1,59), Double Decker Snack ayam (0,48) dan Twistee Corn (0,47). Keempat produk itu dinilai dianggap menyesatkan karena menyebutkan mengandung penyedap rasa tetapi tidak menyebutkan mengandung MSG.

Dua produk yang mencantumkan MSG tetapi tidak menyebutkan jumlah kandungannya adalah Gemez rasa ayam panggang (0,59) dan Anak Mas rasa keju (0,52).

MSG, kata Nurhasan, dapat menembus plasenta pada saat kehamilan, menembus jaringan penyaring antara darah otak, dan menyusup ke lima organ circumventricular. Pelindung darah otak yang terkontaminasi dapat mengakibatkan kelainan hati, trauma, hipertensi, stres, demam tinggi dan proses penuaan. MSG juga memicu reaksi gatal, bintik merah di kulit, mual, dan muntah sakit kepala, migren, asma, gangguan hati, ketidakmampuan belajar dan depresi. "Penggunaan MSG lebih berisiko pada bayi dan anak-anak," katanya.

Ke-13 produk tersebut dinilai melanggar pasal 30 ayat 2 tentang label pada UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU PK). Produk tersebut juga dinilai melanggar Pasal 3 ayat 2 PP No 69/1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

Pasal 33 UUPK dan pasal 5 PP 69/1999 yang menyatakan setiap produk kemasan harus memuat keterangan dengan benar dan tidak menyesatkan. PIRAC meminta pemerintah untuk mengawasi standarisasi penggunaan MSG pada makanan dalam kemasan. Produsen juga hendaknya diwajibkan menggunakan ukuran miligram dan bukan persentase.

Pemerintah juga hendaknya mewajibkan produsen makan ringan yang menggunakan MSG untuk mencantumkan bahaya penggunaan MSG pada anak-anak dalam jumlah tertentu. "Jika produsen tersebut melanggar maka dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata Nurhasan.

Dia juga meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk memerintahkan ke-13 produsen makanan ringan tersebut menarik produknya dari pasar dan menggantikannya dengan kemasan yang sudah direvisi. Produsen makanan dalam kemasan sebenarnya wajib mencantumkan dengan benar kandungan dan komposisi produknya dengan benar dan hak konsumen yang menentukan apakah akan membeli atau tidak.

Dikatakan percobaan pada binatang, ayam yang mengonsumsi MSG sebanyak empat miligram mengantuk dan terkapar. MSG yang beredar di Indonesia ada dua jenis, yakni alami dan buatan (sintetik). "Hampir dapat dipastikan produsen makanan menggunakan MSG buatan karena jauh lebih murah," katanya.

Beberapa tahun lalu masalah MSG ini sempat membuat heboh masyarakat, terutama kaum Muslimin, karena diduga bahan dasarnya berasal dari minyak babi. Namun lama kelamaan 'heboh' itu hilang dengan sendirinya bagaikan lenyapnya asap rokok yang tertiup angin. (Ant/Her/Ol-01)

Sumber :website depkes RI
















komentar | | Read More...

Pijat Bayi

Pijat bayi ditengarai bisa: mengurangi kebiasaan menangis, berat badan naik, mudah tidur, mudah eye contact, dan mengurangi level stress hormon, juga membantu bayi untuk bab (pijat perut). Bagaimana tekniknya ga terlalu penting, yang penting itu: sering, rutin, dan kontak kulit dengan bayi.

*o ya… pijat bayi ini berbeda dengan pijat bayi di indonesia, yang lebih mirip urut karena tenaga dan tekanan yang dikeluarkan besar, kalo ini sih lebih mirip usap2 saja, ya itu, yang penting rutin




Cara pijat bayi, dilakukan dengan pelan, gently:
1. Dada
Telapak tangan terbuka pada tengah dada bayi, geser diagonal ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.
2. Paha dan betis
Pegang kedua pada bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.
3. Kaki
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari. Remas2 jari satu persatu. Pijat punggung kaki dari mata kaki sampai ke jari.
4. Wajah
Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, tengah menuju samping kanan
5. Perut
Pake 2 atau 3 jari, membentuk path I L U dari arah bayi. Kalo dari posisi kita jadi ULI kebalik:
1. Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
2. Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
3. Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan
turun lagi ke kiri bayi
Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi
6. Tangan
Urut dari pangkal lengan turun ke tangan, balik dari tangan ke pangkal lengan.

Sumber: Buku Understanding Children
komentar | | Read More...

Kepala Gepeng, bisakah dicegah ?

Waduh, bayi cantik anda kepalanya terlihat gepeng di belakang, miring lagi. Jangan takut. Sebenarnya hal ini bisa di cegah, bahkan bila sudah terjadi dapat diiperbaiki dengan usaha sederhana. Tanyakan pada dokter anak anda.

Penelitian terbaru di New Zealand terhadap 200 bayi baru lahir melaporkan bahwa kepala gepeng ditemukan pada 16% bayi berumur 6 minggu, 19.7% pada 4 bulan, 9.2% pada 8 bulan, 6.8% pada 12 bulan, dan 3.3% pada 2 tahun. Artinya, kepala gepeng mulai terlihat antara umur 6 minggu sampai 8 bulan, jarang sekali sesudahnya. Kemudian membaik pada umur 1 tahun dan hanya sedikit yang masih menunjukkan kepala gepeng pada umur 2 tahun.

Apa penyebabnya?
Bila saat lahir sudah terlihat gepeng, penyebabnya adalah tekanan selama dalam kandungan. Saat persalinan juga berisiko misalnya kurang bulan, posisi kepala waktu persalinan tidak tepat, persalinan yang lama, dan persalinan yang sulit apalagi dengan bantuan alat misalnya forseps dan vakum. Namun sebenarnya faktor yang paling berperan adalah faktor sejak anak lahir, yaitu anak yang mempunyai leher agak kaku sejak lahir, tidur terlentang terus tanpa ada waktu tengkurap, dan selalu menoleh ke satu sisi. Demikian juga anak mengalami keterlambatan perkembangan motorik dengan badan yang lemas akan mempunyai risiko lebih besar untuk mempunyai kepala yang gepeng.

Pencegahan

Saat ini bayi memang dianjurkan tidur terlentang karena kekuatiran terhadap risiko sudden infant death syndrome. Saat terlentang, rubah posisi kepala agak menoleh ke kanan dan kiri. Bila sudah keburu gepeng, letakkan kepala pada bagian yang membulat.
Terlentang sepanjang waktu tentunya kurang menyenangkan. Lakukan tummy time alias ‘waktunya tengkurap.’ Ditengkurapkan 5 menit sehari pada umur 6 minggu sudah dapat mencegah terjadinya kepala gepeng. Apalagi kalau lebih lama. Tengkurap juga menyebabkan otot leher menjadi lebih kuat sehingga anak cepat dapat menolehkan kepalanya ke kiri dan kanan. Jangan biarkan bayi tengkurap tanpa pengawasan, karena sangat berisiko bila jalan nafasnya terhambat.

Ada bayi yang selalu menoleh ke satu sisi. Perhatikan apakah karena lehernya kaku? Biasanya dokter akan memeriksa dengan memutar kepalanya ka kanan dan kiri perlahan-lahan untuk merasakan apakah putaran ke satu sisi lebih berat dari ke sisi lain. Bila memang kaku, perlu latihan. Latihan pelenturan leher bisa dilakukan tiap kali habis mengganti popoknya, 3 ulangan setiap kali. Caranya, letakkan satu telapak tangan anda di dada, dan putar kepala bayi dengan tangan satunya sampai dagu menyentuh bahu. Tahan pada posisi ini 10 hitungan, kemudian kembalikan ke posisi semula. Lalu miringkan kepala sehingga telinga menyentuh bahu. Tahan selama 10 hitungan, kembalikan lagi. Lakukan ke arah sebelah lagi.

Ada pula bayi yang selalu menoleh ke satu sisi karena ada benda yang menarik perhatiannya. Coba pindahkan benda tersebut, atau putar posisi tidur bayi. Pada usia itu, bayi biasanya sudah "melek" dan mulai tertarik dengan warna atau bunyi. Trik ‘mengalihkan perhatian’ agar kepala miring ke bagian yang tidak datar bisa dilakukan.

“Pakai bantal bolong dong,” nasihat dari temen2 untuk mencegah kepala jadi gepeng. Sayangnya belum ada penelitian khusus mengenai keberhasilan bantal bulat ini.

Rujukan

Pemeriksaan dan latihan sebaiknya diajarkan dan dipantau oleh ahli rehabilitasi medis. Bila dalam 2-3 bulan tidak terlihat hasilnya, harus dirujuk ke dokter bedah saraf anak, yang mungkin akan menganjurkan penggunaan helm khusus atau operasi. Helm khusus untuk merubah bentuk kepala disebut skull molding helmet. Pemakaian helm hanya efektif pada bayi berumur 4 sampai 12 bulan. Namun hasilnya belum tentu lebih baik dari usaha pencegahan.
Operasi adalah jalan terakhir untuk mengatasi kepala gepeng, terutama bila kepala gepeng terjadi karena tulang kepala tertentu menutup terlalu cepat.

Tapi memang sulit sih untuk menjaga anak kita supaya kepalanya tidak gepeng sebelah, tapi yaa usaha lebih bagus daripada tidak sama sekali
komentar | | Read More...

Kapan gigi bayi seharusnya tumbuh ?

Kapan seharusnya gigi bayi keluar?

Bagaimana jika tidak keluar2?

Bagaimana jika keluar lebih awal daripada rata2 bayi lain?

Apa yang harus dilakukan?

Apa sebabnya?

Adakah pengaruh makanan ibu ketika hamil?

Kurang atau kelebihan kalsium?

Begini… begitu.. bukan saja pertanyaan tentang gigi, tapi semua.. semua hal yang berhubungan dengan bayi kita selalu membuat ibunya khawatir. Iyaaaa kan..., ngaku deh

Ini contoh posisi tumbuh gigi bayi


Setelah baca2:Rata2 tumbuh gigi adalah sekitar: 5-7 bulan. Ada yang lebih awal, ada yang harus menunggu sampe 18 bulan. Aku pernah baca ada yang 3 bulan udah tumbuh gigi.



Umumnya tumbuh yang bawah dulu. Biasanya girls lebih cepat daripada boys.

Namun nih, bagi keterlambatan secara keseluruhan bisa juga disebabkan masalah nutrisi.
Delayed eruption of all teeth may be the result of a nutritional problem, such as rickets, or a systemic condition, such as hypopituitarism or hypothyroidism.

Kesimpulannya:
1. Rickets bisa menyebabkan keterlambatan tumbuh gigi
2. Cepat/lambat kalau masih dalam range 4-18 bulan dan sekitarnya ya ga masalah
3. Yang pasti, semakin cepat tumbuh gigi, harus semakin awal belajar gosok gigi eh tapi ya, gosok gigi harus dibiasakan sejak awal, misalnya sejak 3 bulan, ketika bayi sudah memasukan barang ke mulut, sejak menggigit2, karena jika nunggu tumbuh gigi, keburu ngerti, keburu ga mau ada barang asing yang tidak disukai masuk mulut. keburu tidak menyukai ritual sikat gigi. Dibiasakan sejak dia belum ngerti.
4. Untuk merangsang tumbuh gigi, sejak makan solid, kasih bayi makanan yang agak keras atau jangan lembek2 amat gitu.
5. Semakin cepat tumbuh gigi, semakin sering emaknya digigit kalo mimi
Lambat? cepat? ah.. paling beda beberapa bulan. Kecuali kalau sampe usia 18 bulan belum tumbuh gigi, baru deh konsultasi.rickets artinya kurang calsium atau vit D atau asupan sinar matahari sehingga kalsium tidak dicerna tubuh. pengaruh rickets pada infant selain pada keterlambatan gigi juga pada keterlambatan duduk, merangkak, rolling, kurang tidur dan lain2.

Fakta lain tentang milk teeth atau gigi susu:1. Sudah terbentuk sejak kehamilan 4 bulan2. Pas lahir sudah dipersiapkan3. tumbuh sampai usia 3 tahun4. semakin lama/tidak copotnya, semakin bagus

Bayi di bawah 2 tahun dianjurkan tidak minum air botol yang fluoride added. Bahkan kalau perlu, tap waternya diperiksa ke lab.

Fluoride memang perlu untuk mencegah decay. Namun, penimbunan fluoride akibat kebanyakan malah berefek tidak bagus. Kebutuhan fluoride tidak penting lagi pas masuk ke gigi permanen.
komentar | | Read More...

KIAT AGAR WANITA TETAP SEHAT SAAT BEKERJA

Kaum wanita selalu tidak lepas dari pekerjaam mulai pekerjaan
mengurus rumah tangga hingga kegiatan di luar rumah tangga mencari
nafkah. Bekerja memakan waktu yang cukup banyak, memerlukan
pikiran dan perasaan, juga adanya ancaman penyakit akibat lingkungan
kerja yang buruk dan juga mengandung bahaya kecelakaan dan
keracunan kimiawi, terlebih-lebih yang bergerak pada sektor industri
baik besar maupun kecil. Di lingkungan rumah tanggapun banyak
timbul gangguan kesehatan kerja, akibat kondisi lingkungan yang
buruk.

Oleh karena itu, para wanita perlu memahami betapa
pentingnya memelihara kesehatan pada saat bekerja, agar supaya tidak
menimbulkan gangguan kesehatan.

Kiat agar wanita tetap sehat dan bugar saat bekerja adalah sebagai
berikut :

1. Jangan lupa makan pagi sebelum bekerja dan makanan kecil atau
buah diantara waktu beristirahat. Jagalah jangan terlambat makan
siang atau makan malam. Makanlah makanan yang bergizi tinggi dan
seimbang karena gizi yang cukup merupakan sumber tenaga.

2. Sikap dan posisi tubuh dalam bekerja sangatlah mempengaruhi
kemampuan kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jangan duduk,
berdiri, membungkuk, jongkok terus menerus. Kurang baik bagi
kesehatan. Saat duduk usahakan agar tulang punggung tidak
melengkung, sehingga dada tidak berlipat. Gunakan kursi yang paling
tepat tinnginya dengan meja kerja. Bila bekerja lama, pergunakan kursi
dengan sandaran punggung dan lengan. Usahakan berdiri dengan
santai jangan kaku, sekali-kali gerakkkan kaki, jalan-jalan sebentar.
Juga saat membungkuk , jangan terlalu jauh dengan barang yang
dikerjakan.
Bagi wanita yang melakukan pekerjaan di rumah, perlu diperhatikan
penyerasian alat, cara dan kemampuannya bekerja. Untuk itu dapat
diterapkan teknologi tepat guna atau cangggih yang dapat menghemat
waktu dan tenaga serta meningkatkan efisiensi kerja dan dapat
menimbulkan kenyamanan dalam bekerja. Jika mengangkat barang
jangan melebihi kemampuan, seimbangkan antara tangan kanan dan
kiri untuk membawanya.

3. Jagalah kebersihan pribadi dan lingkungan kerja anda serta
usahakan pula untuk tidak menyebarkan penyakit.

4. Pakailah alat pelingdung seperti masker, sarung tangan, tutup kepala
apabila anda bekerja pada sektor industri, untuk mencegah kecelakaan
dan keracunan kimiawi.

5. Apabila tida enak badan pada ssaat bekerja hubungi segera klinik
atau dokter terdekat.agar penyakit tidak tambah parah.

6 Bekerja terus menerus tanpa istirahat selain melelahkan juga
menimbulkan ganggguan stres. Untuk itu upayakan istirahat sejenak
saat bekerja. Anda bisa relaksasi, mengobrol santaim, jalan-jalan keluar
menghirup udara segar, menikmati musik, nonton TV dan sebagainya.

7. .Usahakan suasana damai dan tentram di tempat kerja, agar bisa
berkonsentrasi dan tenang dalam bekerja.

8. Hindarkan hal-hal yang dapat mengundang terjadinya tidak
kekerasan terhadap perempuan misalnya pelecehan seksual, perkosaan
dan sebagainya.

9. Lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar.

10. Gunakan hak cuti sakit,cuti haid ,cuti ham,il,hak menyusui dan hakhak
lain bagi pekerja wanita,misalnya tidak boleh bekerja malam hari
atau bekerja pada tempat berbahaya dan sebagainya.

Jika Anda melaksanakan perilaku sehat saat bekerja, hal ini akan
meningkatkan produkstivitas kerja!
komentar | | Read More...

perkembangan gerak/motorik bayi 4-6 bulan

Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 4-6 bulan
Setelah gerak reflek menghilang dan gerak motorik mulai muncul, makaaktivitas si kecil makin bermacam-macam. Pada usia 4 bulan, misalnya, sikecil sudah dapat tengkurap dan terlentang, menumpu badan pada kaki,serta dada terangkat menumpu pada lengan.

Di bulan ke-5 usianya, gerakan beyi semakin bervariasi. Otot leher danotot tangan bayi, misalnya, semakin menguat. Ia kini sudah pandaiberputar dengan menggunakan tangannya. Ketika diletakkan terlentang, iamenggunakan tangannya untuk mendorong dna berguling membalikkanbadannya.

Bukan hanya berguling. Kini kaki si kecilpun semakin lincahberaktivitas. Ia akan sering menendang, menggeserkan kaki ataumendorong-dorongkan kakinya. Seiring dengan makin lincahnya gerakan kakisi kecil, otot leher dan punggungnya pun menjadi lebih kuat. Mulai usia6 bulan bayi kini mulai belajar duduk tanpa pegangan, walapun untuk iniia masih harus dibantu. Dengan bantuan Anda ia dapat duduk selamabeberapa saat.

Pada bulan ke-6 timbul suatu kepandaian lain dari si kecil yg dapatmembuat orang tua merasa “frustasi”. Di bulan ke-6 ini ia mulai senangmelempar dan menjatuhkan mainan atau benda-benda yg ada di sekitarnya.Terkadang, bayi menangis karena tidak dapat menemukan benda yg dapatdijatuhkan atau dilemparnya. Kesenangan baru si kecil ini mungkinmembuat anda merasa jengkel karena setiap kali anda memungut benda ygdibuangnya, seletika itu pula ia melemparkannya kembali. Tetapiingatlah, kegiatan ini merupakan cara si kecil untuk mengembangkanpersepsinya terhadap ruang.

Perkembangan Gerakan:

Tengkurap dan terlentang sendiri, Membalikkan badan.
Untuk melatihnya, sering letakan posisi dalam posisi tengkurap.Bila si kecil sedang tengkurap, balikkan tubuhnya. Atau sebaliknya, bilaia telentang balikkan badannya hingga ia tengkurap.

Menumpu badan pada kaki bila dipegang pada ketiak (diberdirikan).

Melempar atau menjatuhkan benda-benda yg dapat digenggamnya.
Untuk melatihnya, beri mainan dari plastik ygdapat digenggam, dilempar dan dijatuhkan, seperti mainan berbunyi ygtidak mudah pecah, kubus-kubus kayu, cangkir plastik atau bola

Bisa duduk sendiri tanpa pegangan.
Untuk melatihnya, Dudukkan anak di pangkuan dengan menghadap keluar dan bersandar pada perut Anda. Lalu, pegang mainan(kerincingan) pada jarak penglihatannya. Usahakan agar si kecil tertariksehingga ia berusaha meraihnya. Bila ia tertarik dan ingin meraih kerincingan tersebut, jauhkan si kecil sedikit demi sedikit sampai sikecil tidak bersandar lagi.
(Bersambung ke usia 7-9 bulan)
komentar | | Read More...

perkembangan gerak/motorik bayi 0 - 3 bulan


Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 0-3 bulan
Sampai kurang lebih usia 3 bulan, gerakan refleks yg memang sudahterjadi pada saat ia masiha da dalam kandungan masih dominan. Ini adalahgerakan di luar kesadaran si bayi, tidak terkoordinasi dan meriupakangerak primitif. Gerak motor kasar ini muncul jika gerak refkleks sikecil telah hilang.

Gerakan refleks yg muncul pada bayi adalah :

Refleks hisap
Perhatikan bila Anda menyentuh putting susu ke ujung mulut bayi, makaotomatis ia akan melakukan gerakan menghisap.

Refleks genggam
Bila Anda menyodorkan jari telunjuk kepadanya, si kecil otomatis akanmenggenggam jari Anda
Refleks leher (tonic neck refklex)
Pada posisi terlentang, jika kepala bayi menoleh ke satu sisi maka terjadi ekstensi atau peningkatan tonus (kekuatan otot) pada lengan dan tungkai sisi tersebut

Rooting reflex.
Jika pipi bayi disentuh, kepala akan menoleh ke arah stimulus dan mulut terbuka

Refleks Moro
Ada satu refleks lain yg diperlihatkan bayi pada minggu-minggu pertama kehidupannya, yaitu refleks moro. Berebda dengan refleks lainnya yg termasuk kategori gerakan motor, refleks moro ini menurut para ahlisebetulnya termasuk reaksi emosional yg timbul dari kemauan ataukesadaran si bayi. Refleks moro ini timbul kalau bayi dikagetkan secara tiba-tiba atau mendengar suara keras, bayi melakukan gerakan refleks, yaitu melengkungkan badan (bagian punggung) dan mendongakkan kepalanya ke arahbelakang. Bersamaan dengan gerakan tersebut, kaki dan tangan bayidigerakkan ke depan. Reaksi sesaat ini biasanya diiringi dengan tangisanyg keras. Tetapi Anda tidak usah khawatir dengan kondisi ini, karena refleks moro akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yg singkat.

Pada bulan ke-2 dan 3 gerakan refleks bayi akan mulai menghilang. Kini mulai muncul gerak motor kasar. Gerak ini tentu saja lebih terarah, seperti dapat dilihat pada gerakan otot lehernya. Ia kini dapatmengangkat kepalanya karena otot lehernya semakin kuat. Bila tengkurap,si kecil akan mengangkat kepalanya. Bukan itu saja, bila didudukkan,bayi usia inipun sudah dapat menegakkan kepalanya

Perkembangan Gerakan:
Tangan dan kaki bergerak aktif.
Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap.
Untuk melatihnya, baringkan bayi dalam posisi tengkurap
Dalam posisi tengkurap dapat mengangkat dada (masuk usia 3 bulan). Untuk melatihnya, panggil namanya atau bertepuk tangan sambil tersenyum padanya
Kepala tegak ketika didudukkan
Untuk melatihnya, coba sekali-sekali bayi didudukan

(bersambung)
komentar | | Read More...

perkembangan gerak/motorik bayi 10-12 bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 10-12 bulan
Menjelang usianya satu tahun, kepandaian serta ketrampilan bayi makinberkembang. Tonggak kepandaian motor kasarnya yg paling menonjol padausia ini adalah semakin mahirnya ia melangkahkan kakinya. Kini si kecilsemakin rajin melangkahkan kakinya ke samping sambil berpegangan padaperabot rumah tangga. :Jatuh bangun” adalah hal yg biasa yg akan dialamibayi dalam mengoptimalkan kemampuan jalannya. Oleh karena itu, sekalilagi, keamanan di sekitar anak harus terjaga.

Di usia 10 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan. Dengan menggunakan kekuatan otot lengan dan bahunya si kecil juga mulai mampumembangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri. Semua ketrampilan ini bisadilakukan bayi karena ia semakin pandai mengontrol otot punggung danbahu. Selain membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri si kecil jugasenang melakukan aktivitas bangkit dari duduk untuk kemudian dudukkembali.

Mulai usianya yg ke-11 bulan, yg paling menonjoldalam kemampuan motorkasar si kecil adalah dapar berdiri sendiri dalam waktu kurang lebih 2detik. Pada saat ini tampaknya si kecil suka berdiri tanpa bantuanapapun. Hal ini terjadi karena kontrol dirinya akan keseimbangan semakinberkembang, sehingga membuat si kecil terbiasa berdiri di atas keduakakinya.
Dalam melakukan aktivitas berlatih berdri tanpa bantuan ini, si kecilakan meluruskan tungkainya dari posisi tengkurap atau duduk. Lalu iaakan mengangkat tubuhnya dengan bertumpu pada kedua telapak tangannya.Kesenangan barunya ini membuat bayi “malas” untuk duduk kembali.Kalaupun ingin kembali ke posisi duduk, ia akan berpegangan apda meja.Lagipula si kecil kini sudah dapat berdiri tegak 900 secara gagah dandilanjutkannya denganberjalan dua tiga langkah yg akan dicobanya lagiterus menerus untuk meyakinkan dirinya, bahwa ia sekarang dapat menapakdunia tanpa bantuan siapapun.

Selain sudah dapat berdiri sendiri, si kecil kini akan menjadi tukangpanjat. Sekarang ia akan mencoba memanjat barang-barang yg tampaknyamenarik untuk didaki seperti meja, kursi dan tangga. Jika menemukanbarang yg dapat dipanjat dengan lincah si kecil akan memanjatnya. Olehkarena itu jangan tinggalkan si kecil memanjat tanpa pengawasan.

Memasuki usia 12 bulan sebagian besar bayi telah siap untuk jalan walaukelihatan masih limbung. Berjalan merupakan pengalaman baru yg amatmengasyikkan. Namun kadang-kadang si kecil memilih merangkak ketikabermain, mungkin karena aktivitas ini dapat membuatnya bergerak lebihcepat.

Berjalan merupakan aktivitas yg memukau dan dianggap oleh banyak orangsebagai satu tonggak bersejarah dalam perkembangan fisik anak. Dapatberjalan merupakan pencapaian puncak dari aktivitas motor kasar.

Perkembangan Gerakan:Bangkit untuk berdiri dan bangkit lalu duduk kembali.Untuk melatihnya, dudukkan bayi di permukaan seperti lantai ataukasur, dan biarkan ia mencoba sendiri untuk berdiri atau bangkit untukkemudian duduk sendiri.

Mulai mampu memanjat ketinggian 15-30 cmDudukkan bayi di lantai dan beri mainan yg disukainya. Ambil mainantersebut dan letakkan di tempat yg lebih tinggi. Usahakan ia melihatmainan tersebut dipindahkan dan katakan “Ambil nak”, sambilmenepuk-nepuk tempat tersebut. Anak akan berusaha meraih mainan tersebutdengan merambat, lalu memanjat tempat tinggi tersebut. Dampingi anakdari belakangsambil beri dorongan. Jika ia menemukan kesulitan bantudengan mendorong pantatnya.

Mulai dapat berjalan walau masih 2-3 langkah dan kemudian jatuh terdudu karena keseimbangannya belum sempurna. Ketika sudah mulai berjalan, langkah si kecil masih limbung.
Sudah dapat berjalan.Kadang-kadang walaupun sudah dapat berjalan si kecil masih suka merangkak, karena aktivitas ini berlangsung lebih cepat, apalagi jika ia menginginkan sesuatu benda yg jauh untuk dijangkaunya.Ajaklah si kecil berjalan di luar ruangan, misalnya di halaman rumah atau taman. Ia membutuhkan ruang yg luas untuk mencoba kaki-kakinya bergerak lincah.Biarkan ia menjelajah ruangan dengan kakinya tanpa dipegang, yg penting awasi agar ia tidak membentur benda keras seperti ujung meja
komentar | | Read More...

perkembangan gerak/motorik bayi 7-9 bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 7-9 bulan
Di bulan ke-7 ini bayi mulai senang mengangkat dan menurunkan bokongserta punggungnya. Ketrampilan kakinya juga ditunjukkan olehnya,misalnya saat ia diberdirikan di pangkuan kita si kecil pasti akanmeloncat-loncat gembira menggoyang-goyangkan kedua kakinya.
Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dariorang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesotsepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si kecil senang“berjalan” kesana kemari.

Selain itu otot punggung dan bahu si kecil sudah semakin terkontrol.Oleh karena itu ia kini bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari keduaorangtuanya. Selain duduk tanpa dibantu anak usia 8 bulan juga mulaidapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri. Dengan latihan berdiriini si kecil sebetulnya melatih perkembangan otot kakinya. Ia jadisenang menggoyang-goyangkan tubuhnya ke depan dan ke belakang. Kekuatanotonya ini akan membantunya merangkak dengan cepat.

Tahap selanjutnya, bayi akan berlatih berdiri dengan kedua tangannyabertumpu pada kursi, meja atau perabot rumah tangga lainnya yg dapatmenahan berat badannya. Lihatlah ketika ia tengkurap atau merangkak,kedua tangannya akan berusaha memegang meja atau kursi kecil. Lalusambil berpegangan, secara perlahan ia akan mengangkat tubuhnya untukberdiri. Dari berdiri ia pun kini dapat duduk sendiri tanpa bantuan.

Tahap selanjutnya adalah merambat. Jika ia sudha pandai berdiri sambilberpegangan, kedua tangan yg bertumpu akan bergeser ke samping, diikutioleh kakinya. Tetapi di usia ke-8 bulan ini si kecil belum mampu untukduduk kembali tanpa bantuan. Karena itu jangan membiarkan si kecil tanpapengawasan.

Di usia 9 bulan kepandaian si kecil dalam belajar berjalan sudah semakinpintar. Jika anda memegang kedua tangannya ia akan berlatih menapakkanserta melangkahkan kedua kakinya. Pada saat ini si kecil semakin giatmelatih oto-otot kakinya sehingga dapat cepat berjalan. Seiring denganlatihan jalannya bayi juga semakin “aksi” memperlihatkan kepandaianmerangkak yg sudah ditunjukkan di usianya yg ke-8.

Perkembangan Gerakan:

Bila digendong dan diberdirikan dipangkuan anda, bayi akanmeloncat-loncat.
Senang mengakat dan menurunkan bokong serta punggungnya Sering-seringlah ia diberdirikan di pangkuan anda. Jangan takut tungkainya akan bengkokatau patah karena sebetulnya ia sedang melatih kekuatan kakinya untuk menahan berat badannyaBayi sudah dapat berdiri dengan kedua tangannya berpegangan pada meja atau kursi, lalu menggeser kakinya satu persatu ke arah samping. Pegang kedua pinggang bayi dan gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri untuk melatihnya berdiri

Merangkak.
Latihlah merangkak dengan meletakkan bayi di ruangan yg luas (danbersih) yg memungkinkan si kecil berjalan merangkak kesana kemari.Letakkan mainan, misalnya bola, dan mainkan bola tersebut agar si keciltertarik untuk mengambilnya. Si kecil akan berusaha mendapatkan bolatersebut dengan cara merangkak. Jika ia sudah mendapatkannya beri pujiandan katakan bahwa ia pintar. Tetapi tetap awasi, mungkin di sekitarrurangan ada benda-benda yg berbahaya, seperti stop kontak.

Bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya.
Dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiriSelain duduk tanpa dibantu, anak usia 8 bulan dapat menarik tubuhnya ke dalam posisiberdiri Beri meja atau bangku yang rendah
Si kecil mulai belajar berjalan Sering-seringlah melatih si kecil jalan dengan cara memegang kedua tangannya lalu biarkan ia melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah dan bimbing ke suatu tempat.

Beri ciuman pada pipi si kecil bila ia berhasil sampai di “tempat tujuan” agar lebih bersemangat lagi berlatih jalan
komentar | | Read More...
close

.

get free articles from me, write your email here:

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger