Kegel : Hubungan Suami-Istri Tetap Membara

Beberapa tahun lalu, senam Body Language (BL) digandrungi para ibu. Ya, ayo ibu-ibu, mulai ... jepit... lepas, kontrak... rilis! arahan serupa itu jadi sangat populer. Menurut sejumlah ibu, senam ini bisa menambah panas hubungan suami-istri.

Entah dari mana asalnya, senam untuk menguatkan otot-otot panggul itu disebut BL. Yang pasti, gerakan mengerutkan otot panggul yang akrab disebut "jepit" dan melepaskannya secara berulang-ulang itu merupakan latihan kegel.

Kegel sebetulnya sebuah nama latihan untuk otot panggul. Latihan ini ditemukan Dr. Arnold Kegel sekitar tahun 1948. Otot yang dilatih berkaitan dengan tulang pelvis (panggul) yang berfungsi menyokong saluran kemih, kandung kemih, rahim, dan rektum.

Agar mampu melakukan senam kegel secara benar, Anda harus tahu otot-otot mana yang harus dikerut serta dilepaskan. Untuk memastikan, cobalah hentikan aliran urin ketika Anda sedang buang air kecil atau berkemih. Jika berhasil melakukannya, selamat... Anda sudah menguasai gerakan dasarnya.

Dr. Kegel menganjurkan agar Anda tidak malu berkonsultasi ke dokter keluarga jika belum berhasil menemukan otot-otot panggul secara benar. Ini baik dilakukan karena jika Anda salah berlatih justru bisa membuat otot-otot tersebut lemah atau malah menimbulkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Dr. Kegel juga menyarankan untuk berusaha melakukan senam ini secara bertahap. Awalnya Anda bisa melakukan gerakan mengerutkan otot selama 5 detik lalu mengendurkannya selama 5 detik pula. Ulangi gerakan ini empat hingga lima, kali. Selanjutnya latihan mengerutkan otot ditahan hingga 10 detik, begitu seterusnya. Anda tidak harus berada dalam posisi tertentu karena latihan ini bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri.

"Hati-hati, jangan menegangkan otot-otot di daerah perut, paha, dan bokong. Untuk hasil maksimal, fokuslah hanya pada mengerutkan otot-otot panggul. Usahakan jangan menahan napas. Rileks saja, bernapaslah dengan bebas, fokus hanya pada pengencangan otot-otot di sekitar vagina dan rektum saja," ujar Dr. Kegel, seperti dikutip di sebuah situs kesehatan.

Seolah naik lift

Seperti latihan lain, kegel akan semakin mudah jika semakin sering dilakukan. Contohnya, Anda bisa melakukannya tiga kali sehari, dan setiap kali latihan sebanyak 10 set mengerutkan dan melepaskan otot-otot panggul.

"Saking seringnya berlatih, sama mudahnya Anda mengklik tombol ketika sedang mengecek surat elektronik," kata Dr. Kegel.

Anda juga bisa menciptakan berbagai teknik latihan, misalnya menghitung secara cepat dari angka 10 sampai 20. Lakukan kontraksi dan kendurkan otot panggul berbarengan dengan Anda mengucapkan setiap angka.

Variasi latihan yang lain misalnya kegel elevator, Anda melakukan gerakan mengencangkan otot-otot panggul itu secara perlahan. Bayangkan sedang naik lift (elevator) ke-lantai empat. Di lantai satu kerutkan sedikit otot-otot panggul, lalu sedikit dikerutnya lagi saat mencapai lantai dua, begitu seterusnya, hingga mencapai pengerutan maksimal di lantai empat. Tahan sebentar, kemudian lepaskan secara perlahan sambil membayangkan lift turun lagi ke lantai satu. Ulangi latihan ini hingga 10 kali.

Meski dirancang untuk perempuan, senam kegel ternyata berguna juga bagi pria. Nah, kaum Adam, bila Anda rajin bersenam kegel, akan dapat mengontrol aktivitas se ksual, sehingga tidak mengalami ejakulasi dini. Juga akan menaikkan daya tahan dalam berhubungan intim.

Sumber: Senior

Post a Comment

0 Comments