Latest News

Cara membuat gambar header blog

Membuat gambar header untuk blog susah..? gak juga sih.. trus gimana caranya membuatnya?. oke, kali ini akan kubahas cara membuat sebuah gambar header.Untuk membuat sebuah header, tentu kita perlu program yang bisa mengolah/membuat gambar dalam format bitmap. Ada banyak program yang bisa digunakan, pilih aja yang familiar dengan kamu, ada Adobe Photosop, Corel Photopaint, Macromedia Firework, dan masih banyak lagi. Tapi yang kubahas sekarang adalah yang pake Photoshop.

Sebelum kita mulai membuat gambarnya, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelumnya, yaitu:

Ukuran header yang sesuai.
Ini harus dilihat sendiri dari template blog yang dipake. Untuk contoh yang akan kita buat, ukuran header ini adalah 973 kali 180 pixel. Sama dengan ukuran header yang sekarang aku pake di blog ini, aku pakai template buatan mas Oom.Kalo pake template dari Blogger, ukurannya bisa disesuaikan sendiri (tapi aku pernah nyoba kukasih gambar, gambarnya nggak muncul sebagai background header, mungkin biar muncul ada CSS yang harus dirubah (aku agak katrok kalo soal css, apalagi php..). Bisa juga diakali dengan membuat page element baru tentang Image sih sebenarnya, tapi nggak bisa diletakkan sebagai background header.). Kalo mau digunakan sebagai page element, ukur dulu berapa ukuran maksimal dari letak page element tadi.

Bahan gambar atau materi yang akan digunakan.
Ingat bahwa gambar tersebut bakalan nongol terus di blog kamu.
Siapkan juga makanan kecil dan minuman di samping komputer, siapa tahu waktu keasyikan mbuat gambar merasa laper...

Terus caranya bikin header dengan Photoshop:
Buka dulu program photoshop, kemudian buat file baru dengan memilih menu File > New. Pada kotak dialog New, isikan ukuran header yang akan dibuat. Misalnya pada width=780 dengan satuan ukur pixel, terus pada height=180. Jangan lupa pada resolusi harus 72 pixel/inch. Klik OK jika semua ukuran sudah sesuai.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Kemudian buat gambar yang kamu inginkan pada file baru ini.
Gambar header bisa dengan memasukkan gambar lain, kasih tulisan, atau apa aja terserah dengan ide dan kreativitasmu. Kalo bingung, nggak ada ide? Buka aja website dan blog yang ada di internet, banyak sekali kan, tinggal cari aja ide dari gambar-gambar tersebut. Tapi ingat, JANGAN ngopi paste gambar header orang lain terus dipasang lagi, itu sama kayak mencuri. Cari Ide, bukan Curi Ide.

Setelah gambar jadi, jika gambar tersebut menggunakan lebih dari satu layer, pilih dulu menu Layer > Flatten Image agar semua layer menjadi satu di layer background.

Kemudian simpan (File > Save) dengan format JPEG/JPG atau GIF. Ini agar ukuran file-nya kecil. Jika pake JPEG/JPG aturlah nilai kompresi yang dilakukan pada kotak dialog JPG option yang muncul setelah kamu klik tombol Save. Seberapa banyak kompresi yang diperlukan, itu tergantung kondisi gambar, misalnya ukuran dan warna yang digunakan. Sesuaikan sendiri antara ukuran file hasil jadi dengan kualitas gambar, karena semakin banyak dikompres maka kualitas gambar akan turun.



Gambar dalam lingkaran merah, yang sebelah kiri adalah ukuran file yang akan disimpan (dalam kilobyte), dan yang sebelah kanan adalah waktu yang diperlukan saat gambar tersebut diakses dalam ukuran kbps tertentu.

Setelah gambar udah jadi, tinggal diupload aja pakai software blog kamu.




Gambar: contoh gambar header



Misalnya kamu pake Blogger, gunakan page element-nya. Kalo hosting sendiri, upload di cpanel-nya. Atau bisa juga diupload dulu ke web yang melayani image hosting, misalnya Photobucket, ImgPlace, geocitis atau yang lain.

Oke dah jelas kan...

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips