Halo - Fenomena Pelangi di sekitar Matahari

Hari ini tanggal 4 januari 2011 jam 11.00 WIb kita warga Jogja bisa melihat fenomena alam berupa pelangi yang terjadi di sekeliling matahari. Temen-temen kantor pun pada keluar ruangan hanya untuk melihat fenomena yang jarang terjadi ini. Ada lingkaran pelangi yang mengitari matahari siang ini dan Fenomena seperti ini di sebut sebagai Halo. Proses terbentuknya Halo pada matahari menurut para pakar adalah sebagai berikut:

Fenomena halo adalah fenomena optis yang terjadi karena pembiasan uap air oleh cahaya matahari sehingga kadang memunculkan pelangi mengelilingi matahari. Fenomena yang sama juga sering terjadi pada saat bulan purnama, sehingga disebut halo bulan. Saat fenomena halo Matahari terjadi, cuaca dalam kondisi cerah meski terdapat sedikit awan.

Ada sebagian masyarakat yang mengait-ngaitkan fenomena ini sebagai pertanda akan terjadinya bencana seperti gempa bumi, namun hal tersebut tidaklah perlu kita risaukan karena hal seperti ini merupakan fenomena alam yang bisa terjadi kapan saja, sebagaimana terjadi juga pada 21 Oktober 2010 yang terlihat di kota padang.

Di langit sering terjadi fenomena aneh yang salah satunya seprti yang terjadi di langit jogja pada beberapa tahun yang lalu. Yang penting semua fenomena aneh seperti ini hanya perlu disikapi secara bijak dan rasional saja gak usah dikait-kaitkan dengan akan terjadinya suatu peristiwa sehingga tidak menimbulkan kerisauan di masyarakat.

Related News
Comments
1 Comments

1 komentar:

Leave a Reply

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi terbaru ini

Terimakasih sebelumnya