Tips bermain Futsal dan efek buruknya

Tips bermain Futsal dan efek buruknya akan kita bahas kali ini. Kenapa? Karena tidak sedikit orang yang mengalami kelelahan yang teramat sangat bahkan sampai mengakibatkan kematian akibat kelelahan bermain futsal. Seperti yang baru saja dialami tetangga saya yang kadang bermain futsal di malam hari bersama teman-temannya. Hampir saja dia kehilangan nyawa karena kelelahan bermain futsal. Mungkin kita bisa ambil hikmah dari peristiwa tersebut suapay lebih berhati-hati dalam melakukan olahraga seperti Futsal. Olahraga futsal memang asyik untuk dimainkan dengan beberapa teman akrab anda tetapi anda perlu memperhatikan beberapa faktor berikut sebelum anda bermain Futsal.

Dengan Lapangan yang sempit dan dimainkan oleh 5 orang, Futsal akan menguras tenaga anda karena anda akan bermain full tanpa bisa cukup beristirahat. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda lakukan hal-hal berikut :

1. Lakukan Pemanasan sebelum bermain
hal ini penting supaya otot-otot kaki dan paha anda tidak kram nantinya. lakukan sekitar 5 menit lari2 kecil atau pemanasan otot-otot

2. Pakailah Sepatu saat bermain futsal
akan sangat bagus jika anda menggunakan sepatu yang khusu untuk bermain futsal

3. Setelah selesai Futsal Lakukan pelemasan
hal ini cukup penting supaya otot-otot kaki yang tegang ketika anda bermain Futsal bisa relaks kembali. jangan duduk sambil menekuk kaki anda karena akan berakibat varises

4. Jangan minum air dingin setelah Futsal
Inget itu.. air dingin dimasukkan pada tubuh yang sedang kondisi panas.. apa yang akan terjadi? kemungkinan besar anda akan meriang dibuatnya. jadi yang paling bagus adalah air yang bersuhu normal atau agak hangat agar bisa menyesuaikan kondisi suhu tubuh anda.

5. Jangan merokok setelah Futsal
Anda mungkin ahli hisap ya.. he he tapi sebaiknya setelah Futsal anda jangan merokok karena akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. sehabis Futsal paru-paru dan jantung anda dalam kondisi yang meningkat dan ketika anda langsung merokok maka nikotin akan menghambat terserapnya oksigen di paru-poaru anda.

6. Jaga keseimbangan gizi anda
Karena Futsal memerlukan energi yang tinggi dan kecepatan tinggi maka akan cepat menguras tenaga anda sehingga diperlukan cadangan energi yang banyak.

7. Kenali kondisi tubuh anda
jangan dipaksakan untuk bermain futsal dalam kondisi badan yang tidak fit karena akan berdampak fatal bagi kesehatan anda.

Mungkin itu bisa sebagai bahan perenungan anda agar aktivitas Futsal anda tidak membawa efek yang buruk. Begitu juga dengan Olahraga yang lain. Oke.. Bravo

Post a Comment

1 Comments