Latest News

Petasan unik dari busi motor meramaikan bulan ramadan (kenangan masa kecil)

Petasan unik dari busi motor menjadi mainan di bulan Ramadan waktu saya masih kecil dulu, dengan berbekal kreativitas dan keterbatasan uang untuk membeli petasan akhirnya mainan petasan dari busi motor pun jadi. Saya adalah salah satu anak yang waktu itu tinggal di salah satu sudut wilayah jogja disebuah kampong yang jauh dari keramaian kota. Mengapa saya dan teman-teman waktu itu bermain dengan busi bekas seperti ini? Mungkin benar kata orang, keterbatasan ekonomi akan membuat orang lebih kreatif untuk membuat mainan yang unik. Berbagai mainan unik tradisional pernah saya lakukan bersama teman-teman kampung di waktu masih kecil dulu, selain membuat petasan dari busi motor, petasan pukul dari dop sepeda pun juga pernah saya buat. Kreativitas di waktu kecil yang sekarang hanya menyisakan kenangan di salah satu ruang otak saya :)

Petasan unik dari busi motor sangat mudah dibuat. Bahan yang dibutuhkan pun juga sederhana yaitu:
1. sebuah busi motor bekas (jangan yang yang masih baru,,karena kalau masih baru mendingan dipasang di motor saja he),
2. kemudian skrup atau baut kecil (menyesuaikan besarnya lubang busi)
3. raffia (plastic raffia)
4. kawat kecil
5. lembaran gesekan korek api kertas
6. pentol korek api




Itu saja kalo nggak salah bahan-bahan untuk membuat petasan dari busi motor. Nah cara membuatnya juga mudah. Step by step membuat dan cara mainnya begini
1. pada busi bekas bagian tengah yang biasanya menjadi perantara pengapian motor (ditengah lubang busi ada keramik warna putih dan tengahnya ada besi kecil) itu kita ambil sehingga busi menjadi berlubang. Bisa anda congkel menggunakan obeng. Oke, Langkah pertama selesaiya..
2. kemudian langkah kedua pada ujung busi (yang biasanya ditancapkan ke cop busi) kita beri tali raffia yang telah dibuat rumbai-rumbai) fungsinya adalah nanti menjadi ekor ketika busi kita lempar ke udara  supaya busi bisa jatuh tegak lurus di permukaan tanah.
3. kemudian skrup yang telah kita siapkan kita beri tali yang kita kaitkan ke busi supaya tidak mudah lepas ketika nantinya busi meletus.


  4. nah, sekarang tiba waktunya mengetes hasil kerja, yaitu dengan mengambil pentol korek api. Kupas fosfor pentol korek api yang berwarna kehitam-hitaman tersebut kemudian masukkan ke dalam lubang busi tadi kemudian ambil kertas gesekan korek api (yang biasanya kita gunakan menggesek pentol korek untuk menyalakan korek api) ambil seperlunya agar bisa menutupi lubang busi tadi. Kemudian setelah ditutupi letakkan skrup yang tadi telah terkait di busi tepat di lubang busi tersebut (fungsinya sebagai penyumbat lubang dan penekan amunisi dalam busi)
5. setelah langkah ke 4 dilakukan dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah melempar busi tersebut ke udara, usahakan mencari permukaan tanah yang keras agar benturan yang dihasilkan sempuran dan letusan petasan terjadi dengan sempurna..Doorrrr
6. Peringatan: Pesan saya jangan dilempar ke jalan yang banyak orang lewat karena akan membuat orang kaget (ini yang biasanya dilakukan teman-teman waktu itu)

Mudah kan,, itu baru yang petasan dari busi motor bekas, anda juga bisa menggunakan Dop sepeda untuk membuat petasan pukul. Ada 2 model untuk yang terbuat dari dop sepeda ini
1. dengan cara dilempar di udara.. (cara membuat dan memainkannya hampir sama dengan yang menggunakan busi motor)
2. dipukulkan ke tempat yang keras.. cara membuatnya mudah banget, dop sepeda di tancapkan ke kayu yang cukup panjang supaya bisa kita pegang, kemudian isi amunisi dengan pentol korek api (ambil  fosfornya yang berwana hitam saja kayu koreknya gak usah dimasukkan ya) kemudian tmasukkan ke dop sepeda tadi, tutup dengan kertas penggesek dari korek api terus tekan dengan paku yang telah dipotong ujungnya supaya tumpul. Masukkan dan pukulkan dop tersebut ke permukaan tanah/batu yang cukup keras..Derrr

Sekedar beberapa kenangan kenakalan masa kecil saya dulu, kalau sekarang sudah sangat jarang saya temukan anak-anak yang mau bermain petasan dari busi motor maupun dari dop sepeda, kebanyakan anak sekarang ingin yang instant dengan membeli petasan yang sudah jadi. Padahal petasan yang banyak dijual tersebut berbahaya bagi anak. Bayangkan saja kalau petasan meletus di tangan, tidak sedikit teman-teman saya dulu yang jarinya luka bakar karena terkena petasan dan tidak dapat menikmati lebaran karena sakit tangannya akibat terkena letusan petasan. Berbeda dengan petasan unik dari busi motor maupun dop sepeda ini, karena tidak mungkin akan meletus di tangan. Tetapi tetap saja suaranya mengganggu orang lain..

Dari sekedar cerita ini, Marilah kita kembali berusaha menumbuhkan kreativitas kepada anak-anak di sekitar kita supaya tidak hanya menjadi pemakai mainan saja tetapi bisa mempunyai ide untuk menciptakan mainan yang unik atau sesuatu yang baru sehingga nantinya bisa menjadi orang yang lebih berguna di masyarakat dan Negara.

Berikut bukti follow di twitt @VIVAvlog, @VIVANews, @XL123



Bukti link artikel dan hastag #GoVlog

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips