Film animasi yang mendidik

Film animasi yang mendidik ? Banyak sebenernya, Namun kadangkala kok kita juga melihat di televisi film animasi yang diputar agak cenderung kasar dalam perannya. Sebagai contoh beberapa waktu lalu ada film animasi si beruang Bernard (sekarang keliatannya dah jarang saya liat di televisi dan diganti dengan yang lain mungkin ada yang ngasih masukan ke pihak penayang), aksinya memang kocak dan selalu membuat tertawa namun dalam adegan filmnya selalu memperlihatkan tindakan yang ceroboh dan tergesa-gesa serta tidak sabaran. Nah, untuk film-film animasi anak yang seperti ini yang perlu kita sikapi dengan sebaik-baiknya supaya imbas dari film animasi yang ditonton anak kita bisa menjadi sarana mendidik yang baik bukan menjadi panutan yang jelek yang akan mempengaruhi pembentukan sifat dan watak anak kita nantinya.

Untuk mengantisipasi film animasi anak yang kurang mendidik sebaiknya anda memeberikan kegiatan kepada anak anda di saat masa tayang film tersebut di televisi sehingga anak anda akan lupa kalau ada jadwal film tersebut. Namun jika terpaksanya anak anda tetap menangis dan ingin melihat sebaiknya anda selalu mendampingi anak anda di saat menonton film seperti itu sambil memberikan penjelasan kepada anak di saat ada adegan yang kasar atau kurang sopan dan sebagainya, Hal seperti ini mungkin akan lebih mengena dan anak akan lebih terdorong untuk selalu berkomunikasi dengan anda sebagai orang tua. Anak yang kritis pasti akan selalu mengajukan pertanyaan ketika anda menyampaiakan kalau tindakan dalam film tersebut kasar dan tidak sopan dan berikan penjelasan kepada anak anda dengan penjelasan yang benar dan masuk akal sehingga anak dapat mencerna dengan baik maksut anda, jangan memberikan penjelasan yang tidak masuk akal dan tanpa alasan yang benar misalnya hanya dengan menjawab "pokoknya tidak boleh titik" Dengan jawaban seperti itu maka anak malah akan semakin bertanya-tanya dan semakin penasaran untuk melihat film animasi yang kurang mendidik tersebut. Informasi dan penjelasan yang tepat yang anak kita butuhkan sehingga orang tua juga mempunyai kewajiban untuk selalu meng-update kemampuannya sehingga mampu  memberikan jawaban yang masuk akal dan tepat serta mampu mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi. Berat ya? memang tidak mudah dalam mendidik anak untuk menjadi  anak yang baik nantinya, tapi segala sesuatu pasti bisa  terlaksana jika kita mempunyai tekad untuk mewujudkannya, ya nggak?

film animasi bagus

Film animasi yang mendidik anak bisa juga kita jumpai dan kita lihat di televisi .. banyak sih menurut saya. Film animasi yang tanpa adegan peperangan ataupun ejek-ejekan seperti upin ipin, shaun the seep, dan lain-lain masih cukup layak untuk ditonton anak kita. Kemajuan teknologi memang bisa membuat kita terlena dan kadangkala lupa dengan keasyikan yang ditimbulkannya namun sebagai orang bijak dalam mengambil langkah demi kebaikan masa datang pastinya kita akan lebih memilah dan memilih apa yang sebaiknya koita dan keluarga kita lihat di televisi begitu juga dengan film animasi.

Post a Comment

3 Comments

Tampaknya perlu dikembangkan lebih lanjut. Artinya pendapat di atas dikemas dalam sebuah konsep film pendidikan untuk anak. Sehingga pemirsa (anak-anak) dapat menikmati tayangan yang layak dan tepat, demi perkembangan pola pikir anak Indonesia di masa datang.

Sukses selalu untuk anda.
Lare Junbo said…
Film animasi yang mendidik sekarang memang sudah mulai mengeliat..tetapi masih kurang yang pas dengan budaya kita..
ada beberapa film animasi dari luar yg karakternya berbeda banget dengan kita...
semoga saja film animasi nantinya banyak didominasi dari buatan negara sendiri dan mendidik tentunya...

tulisan yang menarik pak..

salam semangat
pakne afif said…
@Lare junbo: iya mas.. padahal kualitas SDM kita sudah banyak yang bagus dalam membuat film animasi,, namun kadang mereka lebih condong untuk menjual flm animasinya ke luar negeri dengan alasan harga yang tinggi untuk dijual di luar negeri. Kita berharap nantinya segera ada film animasi yang mempunyai kualitas bagus dan menggambarkan budaya bangsa ini mas yang bisa menjadi arena belajar dan hiburan bagi anak-anak kita trims dah berkunjung mas :)