News Update :
Home » , » Manfaat kulit manggis untuk kesehatan

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata luar biasa. Saya juga baru saja membaca artikel mengenai manfaat dari kulit manggis ini. Sebagaimana kita ketahui buah manggis yang didalamnya terasa lezat ini ternyata pada bagian kulitnya yang berwarna ungu tersebut mengandung manfaat dan khasiat yang sangat penting untuk berbagai terapi pengobatan. Berdasarkan penelitian para ahli terhadap buah manggis dan kulitnya tersebut diketahui bahwa buah manggis mengandung sebuah bioaktif yang disebut xanthone yang berperan menjelajah di seluruh tubuh kita, dapat menetralkan radikal bebas yang berada di dalam tubuh kita, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya. Xanthone yang terdapat dalam kulit manggis ini mempunyai sifat sebagai anti kanker, anti inflammatory, anti mikroba, menurunkan cholesterol dan lain-lain.

Buah Manggis yang memiliki rasa manis dan mempunyai nama latin Garcinia mangostana ini mempunyai banyak peranan dan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam sejarahnya Manggis telah digunakan untuk terapi pengobatan tradisional pada masa dinasti Ming (Cina). Dan dari berbagai penelitian ternyata, dari beberapa laboratorium penelitian telah menyimpulkan dan menggaris-bawahi kemampuan xanthones dalam mengatasi beberapa bakteri seperti: Staphylococcus aureus (bakteri penyebab intoksisasi), interococci , salmonela, helicobacter pylori (bakteri pencernaan), dan enterococci.

Manfaat lain dari kulit manggis yang ternyata mengandung zat xanthones ini antara lain sebagai Antiviral, Antifungal, Antiparasitic, Antiallergen, Helps lower blood pressure, Helps fight fatigue, Prevents stomach ulcers, Aids with weight loss, Builds immunity to disease, Heart protective, Combats diarrhea, Pain reducer, Analgesic, Anti-parkinson, Anti-Alzheimer, Antidepressant, dan Lowers fevers ( ini merupakan manfaat kulit manggis dari beberapa bacaan yang sempat saya baca )

Disamping hal-hal tersebut ternyata juga bahwa kulit manggis juga mengandung banyak antioksidan yang tinggi dengan aktivitas yang kuat, selain itu juga disebutkan bahwa manggis memiliki kandungan berbagai jenis vitain yang penting bagi tubuh seperti Besi, Serat, Kalsium, Vitamin C, Kalium, Vitamin B2, Protein, Katecin/tannin, Fosforus, Natrium, Vitamin B1, Niasin.

Nah trus cara membuat kulit manggis sebagai obatnya bagaimana? mungkin salah satu pertanyaan anda seperti itu. Ternyata mudah sekali membuat kulit manggis menjadi obat yang berkhasiat bagi tubuh kita. Hanya dengan menjadikan kulit dan buahnya menjadi jus saja caranya seperti ini :

Siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat jus kulit manggis, yaitu 1 buah manggis, Madu, Gula rendah kalori, atau gula aren, 1 gelas air matang. Kriterianya seperti ini, pilih buah manggis yang bagus, sudah matang, dengan ukuran sedang sampai besar, pilih yang kulitnya paling bersih, dan bebas dari getah2 kuning khas manggis, buanglah kelopak manggis (yang berwarna hijau) yang berada di pangkal buah manggis tempat batang manggis kemudian cuci bersih buah manggis tersebut, untuk menghilangkan kotoran dan noda2 yang menempel pada kulit manggis. Jika anda mau, anda boleh mengupas (tipis-tipis saja) kulit luar manggis yang keras itu dan membuangnya. Siapkan blender, atau alat pembuat jus. Bukalah manggis dengan tangan sehingga pecah merekah.

Meskipun dilihat dari namanya Jus Kulit Manggis tapi ternyata bukan kulitnya saja yang nantinya dibuat jus tapi semuanya termasuk bijinya. Masukkan semua daging manggis (yg berwarna putih sekalian biji manggis di dalamnya) kedalam wadah blender. Potong-potonglah kulit manggis (daging kulit), boleh dengan pisau, atau boleh dengan menyobek2nya, dan masukkan juga kedalam wadah blender. Tambahkan 4-5 sendok makan madu, dan air matang sebanyak 1 gelas (350-400 cc). Nantinya jika kurang manis, boleh ditambahkan madu secukupnya atau gula aren atau gula rendah kalori (Tropicana Slim) sesuai selera. Blenderlah manggis beserta kulit (daging kulit), dan bijinya tersebut sampai benar-benar halus (sekitar 3 – 4 menit). Nah Jus kulit manggis telah siap. Simpanlah dalam wadah yang bisa di tutup rapat, bisa botol, atau wadah Tupperware, dan simpan di lemari es.

Sekarang cara mengkonsumsi jus kulit manggis ini gimana? Yaitu dengan minum 3 x sehari, @3-4 sendok makan (40cc) setelah makan. Ingat SETELAH MAKAN ya..Perlu diingat pula bahwa Jus ini rasanya tidak enak. Untuk merubah rasanya agar lebih enak, kita bisa memodifikasinya misalnya dengan menambahkan 1 sendok teh cuka rosella, atau cuka apel, atau setengah buah apel, atau 8 buah buah anggur, atau perasan jeruk lemon dan sebagainya. Yang penting bahan-bahan tambahan yang anda campurkan tadi tidak merusak rasa asli dan khasiat dari kulit manggis itu sendiri. jangan mematok dengan cara membuat jus kulit manggis ini saja. Biasanya nanti permukaan atas jus ini akan menghitam jika terkena udara, hal ini tidak ada masalah dan tidak perlu dibuang lapisan yang menghitam ini. Tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Pada awal pemakaian, perut terasa tidak enak. Maka tidak usah kuatir. Hal ini biasa sebab ada reaksi tindak balas untuk pertama kali dari tubuh terhadap kandungan zat dalam jus ini.

Untuk pemakaian berikutnya, rasa tidak enak ini akan hilang dengan sendirinya. Biasanya dalam 2-3 hari pemakaian, efek pengobatan dari jus kulit manggis ini akan membuahkan hasil secara nyata dan signifikan, baik sekali untuk pengobatan Jantung Koroner.

Satu kalimat yang bisa saya ucap, ternyata Manggis mempunyai manfaat yang luar biasa disamping dari buahnya sendiri yang lezat tapi ternyata kulit manggis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua soal kesehatan dan manfaat buah-buahan serta tanaman di sekitar kita termasuk Manfaat kulit manggis tersebut diatas.

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger