Jenis varietas buah mangga

Jenis varietas buah mangga yang ditanam di indonesia cukup beragam, dari yang kualitas lokal maupun varietas imporan banyak di jumpai di Indonesia ini. Varietas buah mangga yang beraneka ragam tersebut sebenarnya bisa memunculkan jenis varietas mangga baru jika dikembangkan lebih lanjut, misalnya dengan dikawinkan silang antara varietas mangga satu dengan varietas mangga yang lain. Beberapa jenis varietas mangga yang beredar di pasaran antara lain sebagai berikut,

mangga madu anggur
1. Jenis mangga Madu anggur
Mangga ini memiliki rasa manis dan lezat, pohon mangga madu anggur biasa tumbuh di dataran rendah dan mudah dibudidayakan, Buahnya mempunyai bentuk bulat panjang, agak sedikit berparuh dan berlekuk sedangkan warna kulitnya hijau tua dengan ditandai bintik kelenjar berwarna putih kehijauan dan ditutupi lapisan lilin. Dagingnya cukup tebal dan manis.

mangga fa lan
2. Mangga Fa Lan
Mangga Fa Lan ini memiliki rasa manis renyah kayak crispy. bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau. nama lain mangga fa lan adalah mangga thunder.

mangga golek india
3. Mangga golek india
Mangga Golek india mempunyai bentuk panjang meruncing tapi tidak berparuh, rasanya manis dan ketika matang kulitnya tetap berwarna hijau. Buah mangga golek india memiliki daging yang tebal rasanya manis dan harum yang tajam, warna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris banyak mengeluarkan air

mangga chokanan
4. Mangga Chokanan
Mangga Chokanan berasal dari Thailand dengan ciri biji yang tipis sehingga otomatis dagingnya tebal, manis dan meskipun berserat tetapi sruktur dagingnya empuk.

mangga cingnawang
5. Mangga cingnawang
Mangga cingnawang memiliki ukuran yang cukup jumbo seperti mangga manalagi, waran kulitnya juga hijau meski disaat sudang matang. asalnya dari Thailand dan memiliki daging yang banyak dan rasanya manis

mangga malgova
6. Mangga Malgova
Mangga malgova mempunyai ciri khas rasa yang cukup masam ketika masih muda.

mangga madu afrika
7. Mangga Madu Afrika
Mangga Madu Afrika memiliki tampilan yang sangat menarik dengan warna hijau disapu warna merah terang menyolok.Berbeda dengan mangga lainnya yang lazim dimakan saat matang, mangga madu afrika selain lezat dimakan saat buah sudah matang juga nikmat dimakan dalam keadaan mengkal.

mangga harumanis
8. Mangga Harumanis
Mangga harumanis merupakan varietas mangga dari Probolinggo jatim. Rasanya yang harum dan manis dikala matang inilah yang menajdi ciri khas harum manis sesuai dengan namanya harum dan manis.

mangga cengkir
9. Mangga cengkir indramayu
Mangga cengkir indramayu memang khas Indramayu, yang dikenal sebagai mangga Cengkir (pelem cengkir) berukuran besar dan memiliki serat buah yang khas.

mangga manalagi
10. Mangga manalagi
Mangga Manalagi merupakan mangga dari Situbondo, ukuran buahnya yang besar dan memiliki warna buah yang kuning dan manis dikala buah mangga ini sudah matang. bentuknya panjang bulat sedikit berlekuk dan berparuh dengan kulit tetap hijau meskipun sudah matang.

mangga lali jiwo
11. Mangga lali jiwo
Mangga lali jiwo ini asli dari Probolinggo dengan rasa yang manis meskipun masih mentah, apalagi kalau sudah matang rasanya manis mak nyus,

mangga gedong gincu
12. Mangga gedong gincu
Mangga Gedong gincu berasal dari daerah cirebon, namanya unik, warna kulit serta daging buahnya kuning kemerahan dan tampak mencolok, kulitnya tipis bentuknya bulat tanpa lekukan, daging tebal dan berserat halus rasanya manis dan harum.

mangga apel
13. Mangga Apel
Mangga apel bentuknya mirip dengan buah apel makanya dinamakan mangga apel, rasanya masam ketika masih muda dengan kulit hijau kemerah-merahan pada pangkalnya. aroma buahnya harum.

mangga kelapa
14. Mangga kelapa
Mangga kelapa bisa mencapai berat rata-rata 1 kg, bentuknya mirip kelapa gading dan berwarna hijau bulat. dagingnya tebal dan harum. mangga kelapa berasal dari medan sumut.

mangga okyong
15. Mangga Okyong
Mangga Okyong berbentuk lonjong mempunyai daging buah tebal dan berserat halus dengan rasa manis. Mangga okyong berasal dari thailand

mangga parked
16. Mangga Parked
Mangga parked memiliki bentuk lonjong seperti harumanis, dagingnya tebal dengan biji tipis. Rasanya manis dan harum. warna kulitnya merah pada ujung tangkal tangkai.

mangga erwin
17. Mangga Erwin
Mangga erwin berasal dari australia, warna kulitnya merah dengan buah yang tebal dan biji yang tipis berserat halus dan daging buahnya empuk.

Itu baru sebagian dari sekian banyak jenis varietas buah mangga, berbagai jenis buah mangga tersebut memiliki ciri khas dan rasa tersendiri, tekstuur buahnya juga berbeda-beda. Bagi para penikmat buah mangga, mangga-mangga tersebut bisa menjadi pelampiasan untuk menikmati buah mangga. Mangga mempunyai viamin C yang tinggi dan bagus buat pencernakan karena kaya serat.


>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Related News
Comments
1 Comments

1 komentar:

Leave a Reply

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi terbaru ini

Terimakasih sebelumnya