News Update :
Home » , » Manfaat dan khasiat buah rambutan

Manfaat dan khasiat buah rambutan

Manfaat dan khasiat buah rambutan - Buah rambutan ada banyak jenisnya seperti rambutan rafia, rambuhan ace, rambutan kelengkeng dan sebagainya, dimana rambutan sendiri memiliki tampilan luar yang tidak mulus (ada rumbainya di kulit), namun sebaliknya pada bagian dalamnya memiliki tektur yang halus jika diraba warnaynya putih dan rasanya manis. Pohon buah rambutan dapat dibudidayakan dengan cara benih dari biji, atau okulasi. Pohon rambutan memiliki daun yang lebat dan ketika lagi musim berbuah akan menghasilkan buah yang banyak. Dibalik rasa manis buah rambutan, pohonnya yang kekar, daunnya yang rimbun serta kulit buah rambutan ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang bagus bagi kesehatan manusia. Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C, protein, karbohidrat, fosfor, lemak, besi, kalsium. Sedangkan pada kulit buah rambutan memiliki kandungan tannin dan saponin. Pada kulit batang pohon rambutan memiliki kandungan flavonida, pectic substance, tannin, saponin, dan zat besi. Jadi hamper setiap bagian dalam buah daun dan poon rambutan mempunyai manfaat dan khasiat yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan manusia.

manfaat khasiat buah rambutan
Menurut Kajian penelitian para pakar bahwa Rambutan memmpunyai khasiat sebagai obat karena adanya kandungan zat besi, kalium, dan juga vitamin C. Karena juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi maka buah rambutan bisa bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan tubuh secara alami.

Manfaat dan khasiat dari kulit buah rambutan dapat untuk mengobati demam, disentri. Cara membuat Kulit buah rambutan menjadi obat disentri dengan cara : ambil sekitar (10 buah) kulit rambutan kemudian dicuci bersih, lalu dippotong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Manfaat dan khasiat dari Kulit rambutan untuk mengatasi demam dengan cara : ambil kulit rambutan yang telah dikeringkan sekitar 15 gram kemudian dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air. Setelah dingin dapat diminum untuk 3 kali sehari.

Manfaat dan khasiat bagian kulit kayu rambutan berguna untuk mengatasi sariawan, dengancara ambil 3 ruas jari kulit kayu rambutan kemudian cuci hingga besih, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, tunggu hingga hangat, gunakan untuk berkumur.

Manfaat dan khasiat daun rambutan bisa untuk mengobati mengatasi diare dan menghitamkan rambut. Cara memuat ramuan dengan daun rambutan untuk merawat rambut dengan cara daun rambutan digiling halus ditambah sedikit air. Ambil air perasannya untuk merawat rambut, dapat dilakukan rutin setiap hari.

Bagian biji rambutan bermanfaat karena mengandung protein, Lemak, karbohidrat, polifenol dan tidak beracun. Komposisi dari zat-zat dalam biji rambutan dapat menurunkan kadar gula darah sehingga manfaat biji rambutan bisa digunakan sebagai cara alternative menormalkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga bagus bagi penderita diabetes. Cara membuat ramuan dari biji rambutan adalah ambil sekitar 5 biji dari buah rambutan, kemudian digoreng sangrai dan giling hingga halus, cara makainya yaitu seduh dengan air panas dan tunggu hingga dingin, bagian yang bening diminum 1 - 3 kali sehari lakukan sebelum makan.

Bagian akar dari pohon rambutan pun juga bermanfaat untuk mengatasi demam. Semua bagian dari pohon, buah, biji, kulit, daun rambutan bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan manusia, selain daging buahnya yang manis dan bergizi pula. Namun, buah rambutan tidak bagus bagi anda yang sering batuk – batuk karena rasa manisnya akan membuat anda tambah batuk-batuk. Bagi yang asam urat juga sebaiknya hati-hati mengonsumsi buah rambutan. Dan yang paling penting, untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari buah rambutan sebaiknya jangan terlalu banyak makan buah rambutan karena akan berakibat perut tidak nyaman, lagi pula makan terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh, So sewajarnya saja jika makan makanan supaya tubuh tetap sehat dan fit.

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger