Latest News

Tips menjamu tamu

Tips menjamu tamu - Siapakah Tamu yang datang ke rumah anda? Tamu yang baik tentu dia tahu saat yang tepat kapan waktu yang tepat untuk bertamu. Ada beberapa jenis tamu menurut saya, Tapi secara garis besar ada 2 jenis tamu yaitu tamu yang diundang dan tamu yang tidak di undang. Tamu yang di undang adalah tamu yang memang kita harapkan kehadirannya atas undangan kita. Tapi kalau tamu yang tidak di undang adalah tamu yang datang tanpa permintaan kita untuk datang, bisa tamu yang berniat baik untuk silaturahmi bisa juga tamu yang datang dengan niat yang kurang baik atau bahkan debt colector yang datang untuk nagih utang (bisa jadi haha). Oleh karena itulah diperlukan pemahaman sopan santun dan tata krama dalam menjamu tamu yang dtang ke rumah kita.

Nah, bagi seorang istri solehah yang biasanya di rumah, maka perlu tahu adab tata krama menjamu tamu, supaya tidak timbul fitnah. Terutama hal ini jika sang suami sedang tidak ada di rumah.
Tips menjamu tamu yang pertama adalah, Sapalah dengan baik dan sopan, tanyakan keperluannya apa.
Tips kedua : Persilakan duduk di teras rumah (bukan di dalam rumah). Kenapa demikian? Kalau tamu yang datang bukan dari saudara sendiri anda sebaiknya berhati-hati supaya tidak timbul fitnah dan untuk antisipasi berbagai kemungkinan buruk. Makanya di teras perlu ada meja kursi untuk menjamu tamu secukupnya.
Tips menjamu tamu yang ketiga adalah : Jamu/berikanlah tamu anda dengan Segelas air minum dan makanan ringan secukupnya.
Tips menjamu tamu yang keempat : duduklah yang sopan, kenakan pakaian yang pantas yang tidak memperlihatkan aurat dan perhiasan yang berlebihan. Jaga kehormatan dan wibawa anda serta martabat suami anda di hadapan tamu anda.
Tips selanjutnya : Berusahalah untuk bisa seramah mungkin menanggapi obrolan tamu anda, jangan pasang muka cemberut.
Jika tamu anda sudah ingin pulang, sedikit berbasa basilah dengan mengucap maaf jika anda kurang ramah dalam menanggapi kedatangan tamu anda.

tips menjamu tamu
Tips menjamu tamu di atas adalah jika tamu yang datang bukan dari saudara dekat anda, jika tamu yang datang adalah saudara dekat anda sih bisa langsung dijamu di ruang tamu rumah anda dan perlakuannya tentunya berbeda dengan tamu yang bukan saudara anda sendiri apalagi tamu yang bukan muhrim anda.

Satu hal lagi tips yang mungkin perlu anda biasakan, biasakanlah untuk tidak meninggalkan barang berharga di ruang tamu misalnya hape dan perhiasan, karena jika anda kedatangan tamu dan anda tinggal ke belakang sebentar untuk membuatkan minuman, artinya akan ada keleluasaan bagi tamu anda untuk mengambil hape atau perhiasan anda dan kemudian pergi dari rumah anda. Ada tips lagi yang juga kadangkala kurang kita perhatikan, yaitu biasakanlah untuk menutup pintu rumah anda, karena pintu yang terbuka bisa mengundang berbagai bentuk kejadian yang paling sepele adalah ayam tetangga masuk ke rumah anda dan meninggalkan kotoran di lantai rumah anda.. hehe

Demikian sedikit tips menjamu tamu yang datang di rumah anda semoga bermanfaat, jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini

Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips