Latest News

Teknik Pembuatan Animasi

Teknik Pembuatan Animasi - Teknik pembuatan Animasi saat ini semakin berkembang pesat, kalau dulu animasi masih menggunakan manual gambar, tapi sekarang sudah menggunakan teknik yang canggih menggunakan komputerisasi. Berdasarkan teknik pembuatan animasi maka saat ini teknik pembuatan animasi dapat di bedakan menjadi beberapa jenis teknik animasi yaitu morphing, animasi digital,animasi cel , animasi karakter, animasi sprite, animasi vektor, animasi spline, animasi frame, animasi path dan animasi clay.

Nah agar lebih jelas mengenai jenis teknik pembuatan animasi tersebut mari kita coba memahami apa arti dari beberapa istilah diatas tadi,

  1. Morping merupakan jenis animasi dengan mengubah satu bentuk ke bentuk lainnya yang memperlihatkan serangkaian frame dengan menimbulkan gerakan halus dalam perubahan bentuk yang satu ke satunya. 
  2. Animasi digital merupakan teknik animasi cell yang sering disebut hand drawn dimana dengan menggabungkan gambar tangan yang kemudian dipindahi ke komputer lalu di warnai, diberi efek, serta diberikan animasi sehingga gambar akan terlihat lebih hidup tanpa menghilangkan bentuk animasi 2D nya. contoh filmnya lion king.
  3. Animasi cel menampilkan lembaran yang akan terbentuk animasi tunggal, dimana lembaran-lembaran tersebut adalah objek animasi. Jika lembaran-lembaran atau cel tersebut disatukan dan dijalankan bersamaanakan terlihat menjadi satu kesatuan. contoh filmnyamickey mouse, tom and jerry , detective connan. 
  4. Animasi karakter merupakan film kartun berbasis 3D, pada tiap karakter akan mempunyai gerakan serta ciri berbeda walaupun bergerak secara bersamaan. Pekerjaan ini biasanya menggunakan komputer. contohnya anime. 
  5. Animasi sprite merupakan suatu objek yang mandiri dengan adanya latar belakang yang diam. Pada tiap objek di dalam animasi sprite tidak bergerak secara bersama-sama dan pada proses pengeditan hanya dapat dilakukan di masing-masing objek. 
  6. Animasi Vektor memiliki kemiripan dengan animasi sprite, hanya saja perbedaannya di gambar, gambar pada animasi sprite merupakan gambar bitmap, sedangkan animasi vektor memakai gambar vektor untuk objek spritenya. 
  7. Animasi spline, objek sebagai animasi yang bergerak dengan mengikuti bentuk kurva sebagai garis lintasannya.Animasi yang dihasilkan jauh lebih halus jika dibandingkan dengan animasi path. 
  8. Animasi frame adalah animasi yang sangat sederhana, animasi yang ditampilkan dalam beberapa rangkaian gambar di tunjukan secara bergantian, pergantian pada gambar tersebut dilhat atau diukur dalam satuan frame per detik (fps). 
  9. Animasi path merupakan animasi yang gerakan pada objeknya mengikuti garis lintasanya yang telah di tentukan. Animasinya diberikan perulangan yang menjadikan animasi terus diulang-ulang sampai dengan kondisi yang telah ditentukan. 
  10. Animasi clay, dimana dibuat dengan boneka dari tanah liat yang digerakan secara perlahan lalu bentuk boneka tersebut difoto damn dijalankan dengan kecepatan tertentu, dengan demikian dapat menghasilkan gerakan animasi yang terlihat unik . contoh film Chicken Run dari Dream Work Pictures.

Teknik animasi yang berkembang saat ini mampu membuat film-film animasi yang luar biasa bagus untuk takaran teknologi saat ini, penggabungan animasi dan real human dalam sebuah film juga sudah terlihat semakin hidup dan nyata tidak terlalu keliatan sekat-sekat yang memisahkan kalau itu animasi atau film real human. Dengan adanya teknik pembuatan animasi ini sekarang juga sudah berkembang film animasi 3D yang kelihatan lebih hidup, disamping film 2D yang selama ini kita lihat. Pada postingan selanjutnya kita akan bahas apa itu perbedaan film 2D dan 3D, apabila berkenan, dipersilakan untuk membagikan ulasan ini ke teman anda dengan cara klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips