Pengelolaan Sampah Tepat Guna Menjadikan Bumi Awet Muda

Bumi yang kita tempati saat ini semakin hari semakin berkurang kekuatannya tanpa pengelolaan sampah yang baik dan benar. Sistem pengelolaan yang ada saat ini hanyalah menggunakan cara yang praktis dengan mengandalkan kekuatan alami dari bumi untuk melakukan proses penguraian secara alami yaitu dengan sistem landfill. Sistem ini mempunyai keuntungan dengan terselesaikannya penumpukan sampah secara cepat, namun hal ini juga mengakibatkan tanah yang dijadikan tempat landfill lama kelamaan akan tercemar dan kehilangan daya urainya.

Lebih parahnya, di berbagai belahan dunia hampir semua masyarakatnya menggunakan sistem ini, tanpa memikirkan bagaimana cara pemberdayaan sampah agar tidak lagi membebani bumi dengan tugas yang berat yaitu mengurai sampah. Sebenarnya apabila kita mau sedikit berpikir tidak praktis, mengelola sampah dengan tepat guna sangatlah mudah. Hal ini bisa dimulai dengan:

  • Mulai memilah sampah organik dan anorganik setiap kali membuang sampah.
  • Menggunakan produk dengan bahan dasar yang mudah terurai untuk menjalani aktivitas keseharian.
  • Mempertimbangkan penggunaan ulang untuk hal yang berbeda atas barang-barang yang sulit terurai secara alami.

pengelolaan sampah

Ketika kita bisa lebih bijak untuk melakukan pemanfaatan terhadap sampah, maka secara tidak langsung kita juga turut menjaga bumi yang kita tempati jadi awet muda serta mampu bertahan lebih lama. Inspirasi mengenai pengelolaan sampah secara tepat guna dan kreatif dapat kita peroleh di komunitas Ibu Bercahaya.


Temen-temen bisa membagikan ulasan mengenai cara pengelolaan sampah tepat guna ini ke teman anda dengan cara klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

link gambar dari : https://blog.djarumbeasiswaplus.org/muhammadfachruddin/2013/12/04/sampah-pedulikah-anda/

Post a Comment

0 Comments