Latest News

Cara Cuci Tangan yang Benar Lindungi Anak dari Sakit

Jika ada pertanyaan untuk para ibu dapatkah mencuci tangan pasti dengan mantap dan lantang semua akan menjawab bisa. Namun, jika diberikan pertanyaan selanjutnya dengan cara cuci tangan yang benar, sedikit yang akan menjawab bisa karena cuci tangan tidak hanya basah saja. Jika beberapa ibu tidak dapat mencuci tangan dengan benar bagaimana dapat memberikan contoh untuk anak-anaknya.

cara cuci tangan yang benar
Sebagai seorang ibu harus mengajarkan tips cuci tangan yang benar sejak dini dan membiasakan mencuci tangan. Supaya anak menjadi tahu betapa pentingnya mencuci tangan untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai terjadi ketika anak selesai bermain di tempat kotor setelah sampai rumah tidak cuci tangan kemudian langsung mengambil makanan setelah itu anak akan merasa sakit perut.


Berikut adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar:
• Basahi tangan dan usapkan sabun setinggi pertengahan dari lengan bawah,
• Gosok telapak tangan sekitar 10-15 detik,
• Bilas dengan air,
• Tutup kran tapi jangan dengan tangan gunakan tisu,
• Keringkan tangan dan jangan menyentuh benda setelah tangan dicuci.

Pentingnya mengajari anak cara cuci tangan yang benar karena jutaan kuman yang tidak dapat dilihat oleh mata berada di sekitar lingkungan anak bermain yang mau tidak mau akan melakukan kontak secara langsung. Oleh karena itu apabila kondisi tubuh anak lemah dan immunitas tidak dapat melawan ganasnya kuman-kuman telah masuk ke tubuh anak dengan tanpa disadari melalui makanan atau setelah bermain dapat menyebabkan jatuh sakit.

source gambar : http://gizi.depkes.go.id/

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips