Latest News

Mengenal Lebih dalam Mengenai Investasi Reksadana

Investasi ialah hal-hal yang berhubungan dengan uang, dengan mengeluarkan sejumlah biaya lalu disimpan di beberapa lokasi teruntuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Dalam hal ini investasi Reksadana ialah sebuah investasi yang sifatnya kolektif yang maksudnya ialah uang yang disimpan oleh masyarakat akan dikelola secara efektif oleh pihak investasi. Sehingga dapat dipastikan bahwa besarnya keuntungan pun pasti ada dan jumlahnya pun relative. Lebih tepatnya pengelola atas investasi ini adalah Manajer Investasi atau yang dikenal dengan sebutan MI. Intinya ialah menanamkan modal dalam jumlah tertentu yang nantinya akan digunakan serta diproses hingga menghasilkan sebuah bisnis.


Dapat dikatakan bahwa dalam investasi ini, Anda bisa lebih bebas untuk menentukan penanaman modal atas nama beberapa komponen. Dimana instrumen tersebut seperti investasi obligasi, saham, deposito dan lainnya. Contohnya ialah Anda menanamkan saham di 2 perusahaan dimana kedua perusahaan tersebut berbeda. Secara pasti akan didapatkan hasil yang tak sama termasuk atas jumlah keuntungan. Untuk itu, Anda tak perlu khawatir bila keuntungan yang didapatkan hanyalah beberapa persen saja. Teruntuk lebih detailnya berikut ini ialah macam-macam investasi tersebut, yaitu:

Reksadana saham

Yaitu investasi reksadana yang mempunyai persentase keuntungan dengan relative lebih tinggi. Bisadikisarkanbudgetnyasampai 20% teruntuk setiap tahunnya. Jumlah yang relative banyak, bukan? Teruntuk keuntungan tersebut mempunyai jangka waktu lebih dari 10 tahun. Bisa dikatakan sebagai tabungan namun nilai mata uang menyesuaikan tahun tersebut sehingga tidak mengalami penurunan nilai. Dalam hal ini atas resiko yang dimilikinya jauh lebih rendah daripada harus membeli saham secara langsung. Karena disini merupakan pembelian saham dengan bentuk RDS yaitu dengan jumlah uang diinvestasikan dalam berbeda-beda perusahaan, tidak hanya fokus dalam satu tempat saja.

Reksadana pasar uang

Teruntuk investasi ini, memiliki resiko yang relative rendah dikarenakan posisi dari investasi ini mempunyai nilai mata uang yang stabil. Relative lebih diterapkan oleh investasi dalam jangka pendek yang kurang dari 3 tahun saja. Sebagai investasi yang memiliki deposito dan surat utang ini mempunyai nilai persen pengembalian yang kecil, sehingga tak memberatkan pihak yang bersangkutan. Dimana surat hutang tersebut berjangka waktu 1 tahun.

Reksadana pendapatan tetap

Investasi reksadana ini mempunya inilai keuntungan yang lebih banyak dan lebih tinggi sekitar 10% untuk setiap tahunnya dalam jangka waktu yang rata-rata yaitu sekitar kurang lebih 3 tahun. Selain itu pun nilai resiko yang dimiliki relative karena ditanamkan dengan surat utang negara yang disebut juga dengan istilah SUN serta obligasi yang berasal atas nama pribadi ataupun pemerintah. Dengan begitu, Anda bisa memilih beberapa jenis dari ketiga investasi tersebut. Yangmana dalam investasi tersebut memiliki persentase keuntungan yang relative besar dengan resiko yang relative kecil.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips